Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

By | April 15, 2020

Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan berita-berita gembira tentang keberhasilan seseorang dalam menemukan teknologi baru, baik teknologi dibidang kesehatan, transportasi, pendidikan, dan hal lainnya. Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan penemuan itu adalah adanya teks rekaman percobaan.

Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

Nah, Pada topik kali ini, kalian akan belajar materi mengenai teks rekaman percobaan. Teks ini berisi kegiatan percobaan yang dimulai dari pendahuluan sampai pada pengambilan simpulan.

Perhatikan contoh teks rekaman percobaan berikut ini

Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan
Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian dapat memahami teks rekaman percobaan? Lalu, apa saja struktur teks tersebut?
Ciri-Ciri Bahasa Teks, Definisi dan Struktur Teks Rekaman Percobaan

Pendahuluan dalam teks rekaman percobaan merupakan bagian teks yang berisi latar belakang tentang percobaan/penelitian yang akan dilakukan. Dalam bagian ini juga dikemukakan tujuan dan masalah yang menjadi dasar dilakukannya percobaan/penelitian tersebut.

Landasan teori/kajian pustaka dalam teks rekaman percobaan menjadi bagian yang berisi tentang teori yang relevan untuk digunakan dalam penelitian. Teori yang digunakan bukan hanya sekadar pendapat dari seseorang tetapi teori tersebut sudah benar-benar teruji, pasti, dan nyata. Adapun kajian pustaka merupakan referensi yang dapat digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian, misalnya referensi berupa buku, artikel, jurnal, skripsi, tesis, karya ilmiah, dan sebagainya. Kajian pustaka ini digunakan peneliti untuk mengetahui berbagai penelitian yang telah dilakukan dan yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Selain itu, metode penelitian menjadi tata cara untuk melakukan penelitian/percobaan. Dalam metode penelitian ini dikemukakan tentang alat, bahan, langkah-langkah, yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Adapun paparan data dan hasil percobaan merupakan bagian yang menjelaskan dengan rinci data yang telah dikumpulkan dan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh peneliti. Dalam bagian ini peneliti mengemukakan tentang hal-hal penting yang dtemukan selama percobaan yang telah disesuaikan dengan rumusan masalah.

Pada akhir teks rekaman percobaan, ada simpulan yang menjadi bagian akhir dari teks tersebut. Simpulan merupakan rumusan singkat yang diambil dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Dengan memahami contoh dan struktur teks rekaman percobaan, kita dapat menyimpulkan bahwa teks rekaman percobaan dapat didefinisikan sebagai teks yang memaparkan suatu percobaan yang telah dilakukan oleh penulis/seseorang. Teks ini bermanfaat bagi seseorang dalam penyusunan karya ilmiah atau laporan penelitian.

Poin Penting

  1. Teks rekaman percobaan merupakan teks yang memaparkan suatu percobaan yang telah dilakukan oleh seseorang.
  2. Struktur teks rekaman percobaan, yaitu sebagai berikut.
    a. Pendahuluan (latar belakang, masalah, dan tujuan)
    b. Landasan teori/kajian pustaka
    c. Metode penelitian
    d. Paparan data dan hasil percobaan
    e. Simpulan

Ciri-Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

Teks rekaman percobaan adalah teks nonfiksi yang berisi pemaparan laporan hasil percobaan atau penelitian yang secara keilmuan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan
Sebagai salah satu karya ilmiah, bahasa yang digunakan dalam teks rekaman percobaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

KALIMAT KOMPLEKS DAN KATA PENGHUBUNG
Dalam teks rekaman percobaan, terdapat kalimat yang terdiri atas lebih dari satu klausa atau struktur (gabungan kata yang memiliki dua predikat atau lebih). Kalimat semacam itu dinamakan juga kalimat kompleks atau kalimat majemuk. Salah satu ciri utama kalimat kompleks adalah memiliki kata penghubung atau yang lebih dikenal dengan konjungsi. Ada dua jenis kalimat kompleks, yaitu sebagai berikut.

Kalimat Kompleks Parataktik
Kalimat kompleks parataktik adalah kalimat yang terdiri atas dua unsur yang memiliki makna setara atau sejajar.
Contohnya:
Botol air mineral dipotong dua bagian dan lubangi ujung atasnya.
Melindungi kayu dari rayap bisa dengan racun khusus rayap atau dengan melumuri kayu menggunakan oli bekas.
Andi menyukai pelajaran IPA, sedangkan Anto menyukai pelajaran Bahasa Indonesia.
Sandi mencampur gula dengan air lalu menaruhnya di dalam botol.

Kalimat Kompleks Hipotaktik
Kalimat kompleks hipotaktik atau yang memiliki nama lain kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang merupakan hasil penggabungan dua atau lebih kalimat tunggal yang memiliki makna tidak sejajar atau bertingkat.

Contohnya:
Setelah mendapatkan bahan yang dibutuhkan, kita sudah bisa mulai membuatnya.
Asalkan tidak salah perhitungan, percobaan yang kita lakukan pasti berhasil.
Jumlah telur yang digunakan harus sesuai agar hasilnya maksimal.
Walaupun terlihat mudah, kita tetap harus serius mengerjakannya.
Lebih baik memanfaatkan barang bekas untuk menghias rumah daripada harus membeli perlengkapan yang baru dan mahal.
Perlu ketepatan dalam mencampurkan bahan-bahan yang ada karena akan mempengaruhi kualitas produk yang akan kita ciptakan.
Jumlah air yang dicampurkan terlalu banyak sehingga adonan menjadi lebih encer.
Kita bisa mengaduk adonan kertas dengan mixer yang biasa digunakan untuk mengaduk adonan kue.
Seandainya aku mengikuti nasihat ibu, akhir cerita pasti akan berbeda.
Semangatnya yang besar menunjukkan bahwa dia memang sangat ingin menjadi seorang ilmuan.

KATA RUJUKAN
Kata rujukan adalah kata atau gabungan kata yang merujuk kepada kata, frasa, klausa, atau kalimat lain yang muncul sebelumnya. Berikut ini adalah dua kelompok kata rujukan.
– Kata Ganti Orang
Kata ganti orang di antaranya adalah kata ganti orang pertama (saya dan aku), kata ganti orang kedua (kamu, Anda, dan kalian), dan kata ganti orang ketiga (ia, mereka, dan dia).
Contoh:
Raissa, Rifany, dan Sheila mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah alat sederhana yang berasal dari barang-barang bekas. Setelah berdiskusi dan mencari inspirasi dari buku dan internet, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pot tanaman hidroponik dari botol-botol bekas air mineral.
– Kata Ganti Benda
Kata ganti benda di antaranya adalah ini, itu, di sini, di situ, di sana, dan tersebut.
Contoh:
Raissa, Rifany, dan Sheila mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah alat sederhana yang berasal dari barang-barang bekas. Setelah berdiskusi dan mencari inspirasi dari buku dan internet, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pot tanaman hidroponik dari botol-botol bekas air mineral. Karya mereka tersebut rencananya akan diikutkan pula dalam lomba cipta karya tingkat kabupaten.

ISTILAH TEKNIS
Dalam teks rekaman percobaan, biasanya muncul istilah teknis. Istilah teknis adalah istilah khusus yang ada dalam keilmuan atau bidang tertentu.
Contoh:
Raissa, Rifany, dan Sheila mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah alat sederhana yang berasal dari barang-barang bekas. Setelah berdiskusi dan mencari inspirasi dari buku dan internet, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pot tanaman hidroponik dari botol-botol bekas air mineral. Karya mereka tersebut rencananya akan diikutkan pula dalam lomba cipta karya tingkat kabupaten. Produk mereka akan bersaing melawan berbagai produk daur ulang lainnya guna memperebutkan hadiah utama, yaitu beasiswa belajar.
Hidropinik : cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya menggunakan media air yang berisi zat hara.
Daur ulang : pemprosesan kembali bahan yang pernah dipakai.

Poin Penting

Ada tiga unsur bahasa yang menjadi ciri khas dan sering muncul dalam teks rekaman percobaan, yaitu sebagai berikut.
1. Kalimat kompleks dan kata penghubung
Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua kalimat tunggal yang ditandai dengan kata penghubung. Kata penghubung atau konjungsi adalah kata yang menghubungkan satu klausa/kalimat dengan klausa/kalimat lainnya.
2. Kata rujukan
Kata rujukan adalah kata yang merujuk kepada kata/frasa/klausa/kalimat lain yang telah diungkapkan
3. Istilah teknis
Istilah teknis adalah istilah khusus yang ada dalam keilmuan atau bidang tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *