Struktur Bunga Tumbuhan

No ratings yet.
Struktur Bunga Tumbuhan
Struktur Bunga Tumbuhan

Struktur Bunga Tumbuhan

Struktur Bunga Tumbuhan – ada topik sebelumnya, kalian telah mengenal organ bunga beserta jenis-jenisnya. Pada topik ini, kalian akan mengenal lebih dalam organ bunga dengan mempelajari struktur bunga. Bagaimanakah bunga itu tersusun? Apa yang menyebabkan bunga begitu menarik perhatian serangga untuk hinggap di atasnya? Berikut analoginya.

Jika kalian amati tubuh kalian, ada beberapa anggota penyusun yang membuat tubuh dapat berdiri tegak, bukan? Bahkan di bagian dalam perut kalian juga terdapat beberapa organ. Seperti itulah bunga. Pada bagian luar akan dapat kalian lihat beberapa anggota penyusun struktur bunga. Ketika kalian membelah bunga menjadi dua bagian, bunga memiliki bagian yang lain di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai struktur bunga.

Coba kalian perhatikan gambar berikut.

Tahukah kalian bunga apa itu? Ya, itu bunga adalah bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis). Bagian yang ditunjuk merupakan morfologi luar bunga sepatu. Apa saja?

  1. Putik atau pistillum, merupakan alat perkembangbiakan betina. Putik terdiri dari dua bagian yaitu kepala putik (stigma) dan tangkai putik.
  2. Benang sari atau stamen, merupakan alat perkembangbiakan jantan. Benang sari terdiri dari dua bagian yaitu kepala sari (anther) dan tangkai sari. Pada bunga sepatu, tangkai putik dan tangkai sari bergabung menjadi satu sehingga disebut androgynoforum.
  3. Mahkota bunga (corolla), merupakan alat perhiasan bunga. Dari semua bagian bunga, mahkota bunga merupakan bagian yang paling menarik. Warna-warnanya yang cerah muncul karena mengandung zat warna bunga (anthocianin).
  4. Kelopak bunga (calyx), merupakan daun perhiasan bunga yang berada tepat di bawah mahkota bunga. Kelopak bunga ini melindungi bunga ketika masih kuncup. Selanjutnya, batas antara kelopak bunga dan tangkai adalah dasar bunga (receptaculum).
  5. Tangkai bunga (pedicellus/peduncullus), merupakan kelanjutan dari cabang atau batang yang mendukung bunga.

Nah, sekarang bagaimana dengan struktur dalam bunga? Jika kalian membelah organ bunga di atas, maka akan tampak beberapa bagian seperti berikut.

Kepala sari memiliki empat lapisan dinding pelapis, berturut-turut dari luar ke dalam yaitu sebagai berikut.

  1. Epidermis
    Epidermis adalah lapisan terluar dengan deretan selapis sel.
  2. Endotesium
    Endosetium adalah lapisan pelindung di bawah epidermis.
  3. Lapisan tengah
    Lapisan tengah terdiri dari 2 – 3 lapis sel yang di bawah endotesium.
  4. Tapetum
    Tapetum adalah lapisan pelindung terdalam. Lapisan ini terbentuk secara sempurna saat serbuk sari mengalami perkembangan. Di bawah tapetum, sudah bukan lagi lapisan pelindung melainkan ruang serbuk sari atau lokulus. Disinilah serbuk sari mengalami perkembangan sampai dewasa dan matang hingga siap dikeluarkan dari kepala sari.

Struktur bunga di atas merupakan bagian-bagian bunga yang lengkap. Jika bunga tergolong bunga tak lengkap maka kehilangan salah satu atau beberapa bagian di atas.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *