Reviwe Find My iPhone Icloud dan Cara Mengaktifkan dari Perangkat Lain

By | January 12, 2023

Fitur Find my iPhone merupakan salah satu fitur populer yang sering diharapkan berhasil mengungkap berbagai kasus, terutama kasus kriminal. Fitur ini berhasil membantu polisi menemukan korban penculikan oleh pelaku perdagangan manusia.

Fitur ini sendiri disukai oleh pemilik iPhone dan merupakan fitur utama karena manfaat menemukan dan melacak iPhone yang hilang atau hanya keseleo.

Fungsi ini akan sangat efektif ketika pengguna kehilangan ponsel karena fungsi ini dapat melacak dengan tepat di mana ponsel berada.

Ternyata tidak hanya berguna untuk melacak dan menemukan lokasi perangkat iPhone, tetapi fungsi ini juga memiliki kelebihan lain yang tidak kalah pentingnya. Aplikasi yang diluncurkan pada 2010 ini tetap menjadi fitur ikonik bagi pecinta iPhone.

Manfaat menggunakan Find My iPhone

Fungsi Find My iPhone yang dapat diterjemahkan sebagai” Find my iPhone ” adalah fitur bawaan yang telah dibangun oleh perusahaan Apple ke dalam iPhone sejak 2010.

Fungsi ini tidak hanya berguna untuk melacak keberadaan ponsel tetapi juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti berikut ini:

Temukan perangkat iPhone yang hilang

Fungsi utama dari fitur bawaan iPhone, Find my iPhone, adalah untuk melacak di mana iPhone berada saat hilang. Fungsi ini akan memungkinkan pemilik untuk mengetahui di mana ponsel iPhone berada saat ponsel hilang atau dicuri.

Nantinya, Anda akan ditampilkan sebagai pemilik peta dan lokasi iPhone di peta. Anda dapat mengakses fitur ini dari berbagai perangkat lain, seperti iPhone, PC, Macbook, laptop teman Anda, dll.

Sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan untuk melacak lokasi iPhone saat ponsel dihidupkan dan baterai terisi daya.

Sebaliknya, jika iPhone dalam keadaan baterai habis atau ponsel dimatikan, informasi yang ditampilkan di layar adalah ponsel keluar dari jaringan.

Namun, Anda masih dapat menerima pemberitahuan tentang lokasi iPhone jika Anda mengklik opsi untuk menerima pemberitahuan saat ponsel menyala. Lokasi akan dilacak secara langsung saat ponsel dihidupkan kembali.

Kunci perangkat iPhone pengguna saat hilang

Fitur Find My iPhone selanjutnya adalah dapat mengunci ponsel iPhone saat hilang sehingga pencari ponsel tidak dapat mengakses konten ponsel.

Setelah Anda mengakses fungsi” Temukan iPhone saya”, Anda akan disajikan dengan beberapa opsi tindakan yang dapat dipilih terkait dengan keberadaan ponsel iPhone.

Salah satu opsi yang tersedia adalah opsi Mode Hilang yang memungkinkan Anda mengunci perangkat secara otomatis sehingga orang lain tidak dapat mengakses konten melalui telepon atau memanfaatkan informasi pribadi Anda.

Anda akan diminta untuk memasukkan kode rahasia 4 digit melalui perangkat lain. Kode ini adalah kata sandi untuk ponsel Anda sehingga orang lain tidak dapat membuka iPhone kecuali Anda memasukkan kata sandi ini.

Perlindungan Informasi dan data pribadi pengguna iPhone

Keunggulan selanjutnya dari fitur Find My iPhone adalah dapat melindungi informasi dan data pribadi pengguna iPhone.

Dua bentuk perlindungan dapat dipilih berdasarkan metode Find My iPhone yang tersedia, yaitu lost device dialer (Mode Hilang) dan delete device (Hapus iPhone).

Mode Hilang melindungi data pengguna dengan mengunci perangkat dari jarak jauh saat ponsel hilang atau dicuri. Sedangkan metode penghapusan iPhone akan menghapus semua informasi pribadi di perangkat dari jarak jauh.

Opsi penghapusan iPhone sangat cocok untuk dipilih ketika mendeteksi bahwa iPhone yang hilang tidak dapat dipulihkan. Dengan begitu, semua data pribadi di iPhone akan terhapus secara otomatis.

3 Mode keamanan iPhone dengan fungsi pelacakan iPhone

Keuntungan dari fitur Find my iPhone adalah bahwa pengembang iPhone memiliki tiga opsi keamanan yang dibangun ke dalam fitur pelacakan ponsel.

Ketiga mode ini adalah mode pemutaran audio, Mode Hilang, dan penghapusan iPhone. Berikut adalah 3 mode dalam fungsi:

Mode Hilang

Mode Hilang adalah opsi yang dipilih oleh pemilik jika pemilik sudah yakin bahwa perangkat hilang atau dicuri. Jika Mode Hilang diaktifkan, perangkat akan terkunci secara otomatis dari sistem. Cara menggunakan opsi ini:

  • Setelah mengklik opsi Lost Mode, perangkat iPhone yang hilang akan terkunci secara otomatis.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kode kunci iPhone baru pada perangkat
  • Masukkan serangkaian angka acak 4 digit yang tidak terkait di kolom yang disediakan.
  • Masukkan kembali kode PIN untuk sertifikat keamanan
  • Jika iPhone masih terhubung ke jaringan Internet, iPhone akan terkunci secara otomatis dan tidak dapat diatur ulang kecuali Anda memasukkan nomor acak, seperti kode kunci di atas)
  • Jika kondisi iPhone tidak terhubung ke jaringan Internet atau ponsel dimatikan, pemilik akan menerima email notifikasi yang sama dengan email ID Apple yang terdaftar. Dengan ini, pemilik dapat mengetahui kondisi iPhone terbaru
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kontak yang dapat dihubungi oleh orang yang memiliki telepon. Untuk memasukkan nomor kontak, ketuk bidang “nomor” dan ketik nomor ponsel yang akan dihubungi.
  • Pilih tombol” Next ” setelah selesai
  • Pesan yang berisi nomor kontak akan muncul di layar iPhone yang hilang. Anda juga dapat mengedit pesan jika diinginkan. Terakhir, tekan “Selesai”
  • perangkat iPhone tidak dapat diakses kecuali mereka memasukkan kode PIN baru. Namun, iPhone masih dapat digunakan untuk menghubungi nomor kontak yang dikirim sebelumnya

Putar Suara

Memutar suara adalah metode untuk memudahkan menemukan lokasi iPhone di sekitar pemiliknya. Metode ini adalah pilihan yang paling cocok jika Anda mengetahui bahwa iPhone baru saja disembunyikan dan masih di sebelah pemiliknya.

Untuk mengaktifkan pemutaran suara, cukup tekan tombol di sudut kiri bawah layar untuk mengaktifkan nada dering atau suara di ponsel.

Erase iPhone

penghapusan iPhone adalah metode terakhir yang dapat dipilih pemilik ketika dia berpikir bahwa akan sangat sulit untuk memulihkan perangkat iPhone yang hilang. Metode ini adalah metode keamanan ponsel iPhone agar tidak menyalahgunakan data di iPhone Finder.

Dengan mode penghapusan iPhone, semua data yang tersimpan di perangkat akan dihapus secara permanen dan tidak ada yang dapat mengaksesnya.

Cara mengaktifkan Temukan iPhone Saya

Fitur Find My iPhone Apple adalah fitur yang lebih baik yang telah dirilis sejak 2010. Untuk dapat menikmati fungsi pelacakan perangkat iPhone ini, Anda harus mengaktifkan fungsi ini terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan fitur pelacakan ponsel iPhone:

  • Buka menu pengaturan atau pengaturan di telepon
  • Pilih opsi ID Apple, jika Anda belum masuk, masuk terlebih dahulu hingga selesai
  • Pilih opsi Temukan menu saya > lalu klik menu Temukan iPhone Saya > di bagian menu ini, geser atau aktifkan opsi pelacakan perangkat iPhone dengan menggeser tombol ke posisi aktif. Dengan mengaktifkan fitur ini, pemilik dapat melacak lokasi iPhone menggunakan perangkat lain
  • Selanjutnya, klik menu “Kirim tempat terakhir” di lokasi
  • Anda kemudian dapat membuka menu Temukan iPhone Saya di perangkat seluler iPhone lainnya
  • Masukkan ID Apple perangkat iPhone yang hilang di menu pelacakan iPhone ponsel lain

Cara menggunakan fitur Find My iPhone dari ponsel iPhone lainnya

Anda dapat mengakses lokasi iPhone yang mungkin hilang karena dicuri atau tertinggal dengan ponsel iPhone lain. Berikut cara melacak iPhone teman menggunakan ponsel iPhone:

  • Pertama, masuk ke menu pengaturan atau pengaturan di ponsel iPhone
  • Kemudian buka fungsi pelacakan iPhone atau “temukan iPhone Saya” di menu pengaturan
  • Masukkan ID Apple perangkat iPhone yang ingin Anda lacak
  • Setelah berhasil masuk ke ID Apple perangkat, tampilan layar iPhone Anda akan berubah menjadi tampilan peta atau lokasi perangkat. Dari sini Anda dapat mengetahui apakah perangkat iPhone berada di tempat yang aman atau telah dicuri.
  • Anda juga diberikan berbagai opsi untuk melindungi status iPhone agar data iPhone tetap aman. Tiga opsi yang disediakan oleh iPhone untuk melacak dan melindungi perangkat adalah Lost Mode, Play Sound, dan Erase iPhone.
  • Pilih salah satu metode yang tersedia sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ponsel

Cara mengakses Temukan iPhone saya dari komputer atau laptop

Aplikasi ini juga dapat diakses untuk menemukan lokasi iPhone menggunakan laptop, komputer, atau perangkat portabel. Ternyata perangkat komputasi berbasis Windows juga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Find My iPhone pada langkah-langkah berikut:

  • Pertama, masuk ke browser web dari komputer atau perangkat portabel
  • Lalu pergi ke situs iCloud atau Anda juga dapat mengklik tautan berikut https://www.icloud.com/find melalui browser web. Komputer apa pun dapat digunakan untuk mengakses layanan pelacakan lokasi iPhone
  • Di bidang Temukan iPhone saya iCloud, ketik ID Apple dan kata sandi Anda. Untungnya, platform pelacakan iPhone ini tidak meminta akses ke otentikasi dua langkah sehingga pemiliknya tidak perlu memblokir entri kode verifikasi.
  • Namun, jika platform meminta verifikasi melalui kode yang dikirim ke perangkat tepercaya, meskipun Anda tidak memiliki perangkat tersebut, klik opsi “Temukan iPhone” di bawah kata “atau Dapatkan akses cepat ke”
  • Selanjutnya, opsi” Semua perangkat ” akan ditampilkan berisi daftar perangkat yang dapat dipilih.
  • Pilih perangkat iPhone yang ingin Anda lacak. Tetapi jika hanya ada satu perangkat dalam daftar “Semua perangkat”, lokasi perangkat akan segera muncul di peta. Anda akan segera mengetahui lokasi perangkat pada saat itu.
  • Ketika lokasi iPhone ditampilkan di peta, Anda akan disajikan dengan opsi mode di sudut kiri atas untuk meminta perangkat iPhone yang hilang. Ada tiga mode yang tersedia: mode pemutaran audio, mode terakhir, dan Hapus iPhone.
  • Ketuk salah satu mode yang sesuai untuk iPhone

Menemukan ponsel iPhone yang hilang dengan smartphone Android

Jika Anda hanya memiliki satu perangkat lain berupa smartphone dengan sistem operasi Android, Anda masih dapat melacak dan menemukan ponsel iPhone yang hilang dengan Akun Google. Dapat dikatakan bahwa metode ini adalah fitur Find my iPhone untuk Android yang dapat diuji.

  • Untuk dapat melacak lokasi iPhone dengan Akun Google, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah menggunakan iPhone untuk mengakses email Google (Gmail). Jika tidak, maka metode ini tidak dapat digunakan
  • Pertama, buka browser situs web dengan smartphone Android
  • Selanjutnya, Buka Akun Google menggunakan tautan berikut https://account.google.com dan masuk ke akun Google yang anda masuki ke perangkat iPhone yang ingin Anda lacak
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Keamanan
  • Kemudian klik menu “Cari ponsel yang hilang atau temukan ponsel yang hilang atau dicuri”
  • Pilih jenis ponsel yang ingin Anda cari. Untuk ponsel tipe iPhone, klik opsi iPhone
  • Ketik ulang kata sandi Akun Google
  • Google akan menampilkan lokasi saat ini atau lokasi terakhir iPhone yang hilang berdasarkan Akun Google yang masuk ke dalamnya.

Panduan Untuk Melacak Perangkat Apple Lainnya

Selain berguna untuk melacak perangkat iPhone, Aplikasi track yang disematkan oleh Apple juga tampaknya berguna untuk melacak perangkat output Apple lainnya, seperti iPad, Mac, dan iPad touch. Anda perlu memastikan bahwa aplikasi Temukan Saya dikonfigurasi di perangkat Anda. Ini adalah bagaimana:

  • Di perangkat iPad dan iPod touch, Pertama, Buka menu Pengaturan
  • Ketuk nama akun pemilik di bagian atas.
  • Tekan Opsi Lacak
  • Jika Anda ingin keluarga dan teman Anda mengetahui lokasi iPhone Anda, aktifkan Bagikan Lokasi saya
  • Kemudian klik menu Temukan Perangkat saya, misalnya, Temukan iPhone saya atau temukan iPod saya
  • Dalam menu ini, ada beberapa opsi yang tersedia, seperti “Kirim lokasi terakhir” untuk mengirim lokasi perangkat terakhir saat baterai hampir habis atau habis
  • Opsi “Temukan jaringan saya” untuk menemukan iPhone saat perangkat offline
  • Jika Anda ingin melihat posisi perangkat Anda di peta, Anda harus mengaktifkan “Layanan Lokasi” di pengaturan > privasi dan keamanan.

Cara mematikan iPhone Saya

Selain mengaktifkan fitur Find my iPhone, ada kalanya pengguna perlu menonaktifkan fitur tracking iPhone ini.

Beberapa kondisi, seperti ponsel iPhone yang akan dijual, ditukar, atau dikirim ke pusat layanan untuk diperbaiki, mengharuskan fitur tersebut dinonaktifkan.

Untuk menonaktifkan fungsi pelacakan iPhone pada ponsel bervariasi tergantung pada sistem operasi ios yang diinstal. Tetapi secara umum dengan cara yang sama. Berikut cara mudah mematikan fitur pelacakan iPhone untuk sistem operasi iOS 13 dan seterusnya:

  • Pertama, Buka menu “Pengaturan”
  • Klik nama akun di bagian atas menu pengaturan. Pilih opsi “Temukan Saya”
  • Di halaman berikutnya, Pilih Menu Temukan iPhone saya dan matikan pengaturan pelacakan iPhone. Anda dapat menonaktifkan opsi Temukan jaringan saya dan opsi Kirim lokasi terakhir.
  • Kemudian masukkan kata sandi ID Apple
  • Kemudian klik opsi” Nonaktifkan ” dengan

Meskipun sistem operasi yang digunakan adalah iOS 12 atau lebih rendah, berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan pelacak iPhone dengan mudah:

  • Pertama, Buka menu “Pengaturan”
  • Klik nama akun di bagian atas menu pengaturan.
  • Gulir hingga Anda menemukan menu iCloud, klik menu iCloud, dan masukkan kata sandi
  • Untuk mematikan fitur pelacakan iPhone, klik opsi “Matikan” atau geser tombol untuk mematikan fitur pelacakan
  • Fitur Find my iPhone adalah fitur utama bagi pemilik iPhone untuk melacak dan mengamankan data di ponsel mereka saat hilang. Menariknya, fitur pelacakan iPhone ini dapat diakses dari berbagai perangkat selain iphone, seperti PC, komputer, ponsel Android, dan laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *