Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

No ratings yet.
Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil
Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil – ada topik sebelumnya, kalian telah belajar mengenai buah dan biji. Pada topik ini, kalian akan belajar mengenai perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil. Apa itu tumbuhan monokotil dan dikotil? Apa perbedaan di antara keduanya? Berikut analoginya.

Apakah kalian memiliki saudara? Entah itu kakak ataupun adik. Tampak perbedaan di antara kalian bukan? Dari warna kulit, rambut, tinggi badan, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan tumbuhan monokotil dan dikotil, dapat dibeda-bedakan dari kenampakan luarnya (morfologinya). Nah, yang perlu kalian tahu juga adalah perbedaan morfologi tumbuhan ini dilihat dari bijinya loh. Bagaimana penjelasan detailnya?

Berdasarkan bijinya, tumbuhan dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu tumbuhan monokotil dan dikotil. Tumbuhan monokotil (mono: satu, kotil: keping biji) adalah tumbuhan yang hanya memiliki satu keping biji (kotiledon), artinya biji tidak dapat dibelah, contohnya jagung. Sementara tumbuhan dikotil (di: dua) adalah tumbuhan yang memiliki dua keping biji (kotiledon), artinya biji tumbuhan dapat dibelah menjadi dua bagian, contohnya kacang tanah. Lalu apa perbedaan morfologi dari kedua jenis tumbuhan ini?

Perbedaan morfologi antara tumbuhan monokotil dan dikotil dapat terlihat dari organ akar, batang, daun, dan bunga penyusunnya. Coba kalian perhatikan tabel di bawah ini.

Dari tabel di atas sudah dapat kalian lihat perbedaan morfologinya bukan? Agar lebih jelas, mari kita lanjutkan pembahasan untuk setiap organnya.

  1. Akar
    Akar serabut pada tumbuhan monokotil bersifat kurang kuat dibandingkan dengan akar tunggang pada tumbuhan dikotil. Hal ini disebabkan tidak adanya akar utama yang menambatkan tubuh tumbuhan dengan kuat ke dalam tanah.
  2. Batang
    Batang monokotil terlihat tumbuh ke atas tanpa membesar ke samping dan tidak bercabang, sedangkan pada batang dikotil tampak batang tumbuhan yang membesar dan bercabang-cabang. Membesarnya batang ini dikarenakan adanya aktivitas kambium. Selain itu, letak pembuluh yang tidak berpola pada tumbuhan monokotil menyebabkan batang tumbuhan tidak memiliki lingkaran tahun sedangkan tumbuhan dikotil memiliki lingkaran tahun.
  3. Daun
    Helaian daun pada tumbuhan monokotil terlihat memanjang dengan tulang daun yang sejajar atau melengkung. Sementara, helain daun pada tumbuhan dikotil memiliki bentuk yang beragam dengan tulang daun menyirip atau menjari.
  4. Bunga
    Helaian mahkota bunga pada monokotil berkelipatan 3, sedangkan pada dikotil berkelipatan 4 atau 5.
  5. Biji
    Biji monokotil tidak dapat dibelah, sedangkan dikotil dapat dibelah menjadi dua bagian yang.

Pengelompokan tumbuhan ini dilakukan untuk mempermudah identifikasi tumbuhan.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *