Pengertian Pisces – Ciri-Ciri dan Manfaat

No ratings yet.
Pengertian Pisces - Ciri-Ciri dan Manfaat
Pengertian Pisces – Ciri-Ciri dan Manfaat

Pengertian Pisces – Ciri-Ciri dan Manfaat

Pengertian Pisces – Ciri-Ciri dan Manfaat – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang Chordata. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang Pisces.

Ikan adalah anggota vertebrata poikiloterm (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan memiliki banyak ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan. Berdasarkan jenis-jenis tulangnya, ikan dibagi menjadi tiga, yaitu ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes).

Ikan dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air baik air tawar, air payau, maupun air asin di kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan air hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan air, kecuali Great Salt Lake. Beberapa spesies ikan dapat dibudidayakan dan dipelihara untuk hiasan dalam akuarium. Oleh karena itu, kalian mengenalnya sebagai ikan hias.

Ciri-ciri Pisces

  • Hidup di perairan, baik di sungai maupun laut.
  • Tubuhnya dilengkapi dengan sirip-sirip yang berfungsi untuk membantu ikan saat berenang dan menjaga keseimbangan tubuh. Sirip ikan dibedakan atas sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anal, dan sirip ekor.
  • Ikan mempunyai gurat sisi yang berfungsi untuk mengetahui tekanan air.
  • Tubuh ikan ditutupi oleh sisik yang licin dan berlendir, sehingga dapat bergerak dengan cepat di dalam air.
  • Ikan berkembangbiak dengan cara bertelur (ovivar). Namun, ada juga yang melalui fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.
  • Bersifat poikiloterm (berdarah dingin).
  • Saluran pencernaan ikan dimulai dari rongga mulut (cavum oris).

Dari rongga mulut makanan masuk ke esofagus melalui faring yang terdapat di sekitar insang. Esofagus berbentuk kerucut, pendek, terdapat di belakang insang, dan bila tidak dilalui makanan, lumennya akan menyempit. Saat di kerongkongan, makanan akan didorong masuk ke lambung. Dari lambung, makanan masuk ke dalam usus (berupa pipa panjang berkelok-kelok dan sama besarnya). Usus bermuara pada anus.

Pisces dibagi menjadi dua subkelas, yaitu sebagai berikut.

  • ikan tulang rawan, contoh ikan pari dan hiu; dan
  • ikan tulang sejati, contoh ikan mas, bandeng, lele.

Manfaat

Ikan merupakan sumber protein terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh dan banyak mengandung omega tiga. Ikan dapat diolah menjadi berbagai produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan, dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman.

Untuk mengasah pemahaman kalian tentang Pisces, kerjakan soal-soal yang telah tersedia. Selamat belajar!!

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *