Pada Bulan September Ini Apakah Pasar Kripto Mengalami Penguatan ?

No ratings yet.

Kosongin.com – Memasuki awal September, pasar aset kripto masih menunjukkan penurunan kinerja setidaknya hingga menjelang akhir pekan ini. Melansir coinmarketcap.com, Jumat (2/9) sore, harga Bitcoin turun 6,38 persen dalam sepekan terakhir menjadi US$20.081.

Pada kurun sama sejumlah koin alternatif (altcoin)  kompak terkoreksi. Ethereum turun 4,45 persen, Binance Coin melorot 6,18 persen, XRP 9,48 persen, Cardano 4,62 persen, Solana 9,35 persen, dan Dogecoin 9,08 persen.

Menurut analisis Tokocrypto, September bukan menjadi bulan baik bagi aset kripto, termasuk Bitcoin. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, pasar kerap mengalami pelemahan pada bulan tersebut.

Pada September 2021, Bitcoin turun 7,03 persen secara bulanan (mtm), dan September 2020 koreksinya mencapai 7,51 persen, lalu September 2019 sekitar 13,38 persen.

“Banyak analis masih meyakini bulan September memiliki rekam jejak yang tidak bersahabat dengan harga kripto, khususnya Bitcoin. Bitcoin rata-rata turun hampir 6% di bulan September dalam lima tahun terakhir,” kata Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, dalam keterangannya.

Baca Juga: Edit Fotomu Lebih Mudah Dengan Aplikasi Photo Studio PRO

Afid mengatakan sejumlah sentimen negatif masih mengadang laju pasar aset kripto. Iklim ekonomi makro masih belum mendukung, terlihat dari kenaikan inflasi di banyak wilayah. Sinyal kenaikan suku bunga Fed semakin kuat dan bisa saja memicu investor untuk buru-buru melepas aset kriptonya demi mengambil untung.

Lantas, tekanan juga datang dari nilai indeks dolar AS (DXY) yang menyentuh level tertingginya dalam 20 tahun terakhir. Faktor tersebut berpengaruh karena harga aset kripto memiliki korelasi negatif dengan pergerakan indeks dolar AS.

Meski begitu, Afid memprediksi ada dua peristiwa yang kemungkinan memberikan sentimen positif ke pasar. Pertama, ekosistem Ethereum akan segera melakukan pembaruan jaringan, atau The Merge, pada 10-20 September 2022. Kedua, ekosistem Cardano pun diramalkan akan melakukan peningkatan jaringan lebih cepat dari jadwal.

“Banyak sisi baik dan buruk yang terjadi di September tahun ini. Analis sulit memprediksi gerak kripto menjelang akhir tahun,” katanya. 

Sumber : fortuneidn.com

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published.