Manfaat Dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

By | June 27, 2022

Kosongin.comManfaat Dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan – Kedondong merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, buah kedondong mudah ditemukan dan sering kali dikonsumsi sebagai bagian dari menu makan sehari-hari.

Buah kedondong juga mengandung vitamin A sebanyak 233 IU, 30 mg vitamin C,  kalsium sebanyak 15 mg kalsium, 3 mg zat besi, dan 22 gram fosfor.

Tak lupa, di dalam daging kedondong mengandung serat makanan serta vitamin B kompleks seperti thiamin dan riboflavin, dilansir dari Healthline.

Manfaat kedondong ternyata terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang satu ini umumnya mudah ditemukan di dalam rujak.

Tekstur buah ini cukup keras, dengan rasa manis ataupun rasa asamnya yang khas. Beberapa manfaat kedondong untuk kesehatan, di antaranya.

Baca Juga: Tips Mulai Bisnis Usaha Warnet Dirumah

1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit dan memeliharanya secara keseluruhan. 

Buah ini juga dianggap bisa meningkatkan kecantikan kulit. Sebab, menurut riset terbitan Nutrients, vitamin C meningkatkan pembentukan kolagen sehingga kulit tetap kenyal dan kencang. 

2. Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

Jika menggigit daging buah kedondong, akan terasa serabut-serabut serat di mulut. Kandungan serat buah kedondong dapat membantu memperlancar BAB dan memenuhi kebutuhan serat harian. 

3. Menjaga kesehatan mata

Kedondong kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dengan tercukupinya asupan vitamin A, risiko Anda terkena gangguan penglihatan pun akan lebih rendah, misalnya rabun senja. 

Selain itu, kedondong juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

Sumber : momsmoney.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *