Macam-Macam Buah dan Bagian biji

No ratings yet.
Macam-Macam Buah dan Bagian biji
Macam-Macam Buah dan Bagian biji

Macam-Macam Buah dan Bagian biji

Macam-Macam Buah dan Bagian biji – ada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang organ akar, batang, dan bunga. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang buah dan biji. Darimana buah dan biji berasal? Apa peran buah dan biji bagi tumbuhan? Inilah yang akan kalian pelajari nanti.

Pernahkah kalian melihat pohon mangga? Pada saat musimnya, pohon mangga akan berbunga, kemudian akan muncul buah mangga yang bergelantungan di kemudian hari, bukan? Dari situlah buah dan biji berasal. Bunga mangga membentuk buah dan biji mangga. Apakah bentuk buah dan biji pada semua jenis tumbuhan itu sama? Berikut penjelasan secara rincinya.

Buah sejatinya merupakan sisa hasil fotosintesis yang disimpan. Selain tumbuhan, manusia dan hewan dapat memanfaatkan buah sebagai bahan makanan. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa buah berasal dari bunga. Tidak semua bagian bunga ikut membentuk buah, hanya beberapa bagian saja. Masih ingatkah kalian bagian-bagian bunga? Beberapa bagian bunga yang ikut membentuk buah meliputi daun pelindung, daun kelopak, tangkai dan kepala putik, tangkai bunga, perhiasan bunga, serta dasar bunga.

Macam-macam buah

Berdasarkan asal terbentuknya, buah dikelompokkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Buah semu atau buah tertutup, yaitu buah yang berasal dari bakal buah dan bagian bunga yang lain. Pada jenis buah semu, buah yang sebenarnya adalah yang terbentuk dari bakal buah. Sementara bagian lain dari bunga yang ikut tumbuh berperan sebagai penutup atau pembungkus. Biasanya pembungkus buah lebih berkembang daripada buah yang sebenarnya. Adapun contoh buah semu adalah buah nangka, jambu mete, ciplukan, arbei, dan kluwih.
  2. Buah sejati atau buah telanjang, yaitu buah yang hanya berasal bakal buah. Pada jenis buah sejati, buah yang sebenarnya tidak tertutup oleh bagian yang lain. Contohnya buah mangga, rambutan, papaya, jeruk, mentimun, nanas, pandan, apel, srikaya, bunga matahari, durian, asam, kacang tanah, dan kelapa.

Lalu, bagaimana dengan biji? Sekarang coba kalian ingat kembali, setelah memakan daging buah biasanya kalian akan menemukan biji di bagian dalam. Biji merupakan bagian yang penting bagi tumbuhan karena melalui bijilah tumbuhan baru akan muncul. Seperti apa biji itu?

Bagian-bagian biji

Coba kalian perhatikan gambar di bawah ini.

Pada umumnya, biji memiliki tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
1. Kulit biji, merupakan bagian terluar dari biji yang berasal dari selaput bakal biji. Kulit biji terdiri dari beberapa lapisan.
Pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) seperti kacang tanah, ada dua lapis kulit biji, yaitu sebagai berikut.
a. Lapisan kulit luar (testa), merupakan bagian paling luar yang keras dan berwarna.
b. Lapisan kulit dalam (tegmen), merupakan bagian dalam yang tipis seperti selaput. Tegmen disebut juga kulit ari.

Sementara, pada tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) seperti melinjo, ada tiga lapis kulit biji, yaitu sebagai berikut.
a. Kulit luar (sarcotesta), merupakan bagian terluar yang berdaging dan berwarna.
b. Kulit tengah (sklerotesta), merupakan bagian tengah yang kuat, keras, dan berkayu.
c. Kulit dalam (endotesta), merupakan bagian dalam yang tipis seperti selaput. Biasanya kulit ini melekat pada inti biji.
2. Tali pusat atau tangkai biji. Bagian ini merupakan calon batang (cauliculus). Jika sudah terlepas dari biji, yang tampak adalah pusar biji.
3. Inti biji atau isi biji. Ada dua bagian yang termasuk isi biji yaitu lembaga (kotiledon) dan cadangan makanan (endosperm). Kotiledon merupakan calon individu baru yang nantinya akan tumbuh. Sementara endosperm yaitu bagian putih lembaga atau albumen yang menjadi bahan makanan bagi kotiledon selama masa perkecambahan, hingga tumbuh jadi tanaman kecil dan dapat membuat makanannya sendiri.

Semua biji tumbuhan akan dapat membentuk individu baru jika disertai dengan buah (endosperm) yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *