Keanekaragaman Makhluk Hidup (Biodiversitas) dan Perubahan Habitat

No ratings yet.

Keanekaragaman Makhluk Hidup (Biodiversitas) dan Perubahan Habitat – Seluruh bioma bumi, ekosistem, dan kehidupan tidaklah mungkin tanpa keanekaragaman. Variasi kehidupan telah mendorong evolusi filum tumbuhan dan hewan selama jutaan tahun. “Bio” berarti hidup dan “diversitas” berarti keanekaragaman, adalah ukuran kesehatan suatu ekosistem dan kelimpahan spesies-spesies yang berbeda.

Keanekaragaman Makhluk Hidup (Biodiversitas) dan Perubahan Habitat
Keanekaragaman Makhluk Hidup (Biodiversitas) dan Perubahan Habitat

Biodiversitas bukanlah jumlah individu; melainkan jumlah keseluruhan spesies-spesies yang berbeda. Jumlah individu dalam spesies yang sama disebut populasi. Populasi-populasi yang berbeda dari berbagai spesies adalah yang disebut dengan biodiversitas. Contoh terbaik suatu biodiversitas yaitu kelimpahan spesies-spesies di padang rumput Afrika. Keberadaan zebra, gajah, jerapah, singa, kumbang tinja (dung beetles), dan burung heriang mencakup biodiversitas dalam ekosistem.

Dua ratus individu dalam kawanan zebra adalah suatu populasi yang ikut andil dalam keanekaragaman spesies hewan dalam wilayah tersebut. Evolusi dan kepunahan dimasa lalu mengakibatkan munculnya spesies-spesies dimasa sekarang, yang kini mengalami masa depan yang tidak menentu akibat aktivitas manusia.

Sekitar 500 hingga 530 juta tahun yang lalu ledakan Kambrium menghasilkan kemunculan pertama Filum hewan terpenting yang merupakan cikal bakal keanekaragaman organisme yang kita lihat saat ini. Melalui ledakan dan kepunahan spesies dalam jumlah besar, baik spesies hewan maupun tumbuhan mampu berkembang, berkembangbiak dan menjadi satu persen organisme makhluk hidup yang ada saat ini. Nenek moyang spesies-spesies yang ada saat in adalah hasil fenotip, genotip, komunitas, dan yang paling penting, Relung (niches) yang sukses. Peran spesies yang tak dapat dipenuhi oleh spesies lain dsebut relung (Niches).

READ:  Biologi SMA

Karena terdapat jutaan relung di semua ekosistem yang berbeda, maka terdapat jutaan spesies yang mengemban peran ini. Meskipun kecil, serangga memiliki biodiversitas terbesar dibanding Filum yang lain. Ini adalah akibat dari kebutuhan relung dari masing-masing ketujuh bioma dan kemampuan serangga memenuhi kebutuhan tersebut. Keberhasilan yang berkelanjutan dan konservasi setiap spesies , bukan hanya serangga, adalah penting bagi biodiversitas planet dan kebaikan-kebaikan lain yang alam sediakan bagi manusia.

Meskipun alam dan organisme yang ada di dalamnya memberikan banyak manfaat bagi manusia, kita terus melakukan hal-hal yang berbahaya bagi lingkungan dan keanekaragamannya. Hilangnya habitat adalah hal yang paling berpengaruh terhadap kepunahan spesies saat ini. Jumlah berbagai spesies secara langsung berkaitan dengan kesehatan ekosisem dan pengaruh, baik positif maupun negatif, manusia. Kunci biodiversitas adalah perlindungan habitat yang berkesinambungan, keanekaragaman genetik, sumber daya untuk tumbuh, dan pendidikan bagi manusia akan pentingnya alam.

READ:  Enzim dan Fungsinya

10 Contoh soal Keanekaragaman Makhluk Hidup

1. Kegiatan manusia seperti ________, memberikan dampak negatif bagi biodiversitas. Tandai semua jawaban yang benar.

2. Selesaikan kalimat berikut ini: Biodiversitas adalah ukuran ____________.

3. Lebih dari 300 tahun, hutan belantara pada akhirnya berubah menjadi padang rumput.  Dalam waktu 300 tahun perubahan habitat, banyak komunitas dari berbagai spesies digantikan oleh spesies yang berbeda. Berikut ini, manakah yang menjelaskan mengapa spesies baru berhasil menggantikan spesies lama?
5. Meskipun nampak terdapat ribuan spesies berbeda di bumi, diperkirakan hanya 1persen dari spesies-spesies tersebut yang masih bertahan. Biodiversitas yang kita lihat sekarang adalah akibat dari peristiwa dimasa lalu?

6. Kala Holosene mulai punah sekitar tahun 10,000 sebelum masehi hingga saat ini, dimana peristiwa kepunahan dalam jumlah besar terjadi.  Hilangnya biodiversitas yang besar ini adalah akibat dari perubahan iklim, kemajuan zaman modern manusia, dan berbagai faktor lainya. Manakah famili yang mengalami kepunahan dimasa ini?

7. Mengapa hutan hujan tropis  memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi?

8. Berikut ini, manakah cakupan wilayah yang memenuhi definisi umum biodiversitas?

9. Sebuah ekosistem yang sehat , ditunjukan dengan dipenuhinya relung, memberikan keuntungan bagi manusia. Berikut ini, manakah yang bukan salah satu manfaat penting ekosistem bagi manusia?

10. Filum manakah yang memiliki jumlah spesies terbanyak dan yang paling beraneka ragam?

Please rate this