Peranan dan Dampak Merugikannya Virus bagi Kehidupan

No ratings yet.
Peranan dan Dampak Merugikannya Virus bagi Kehidupan
Peranan dan Dampak Merugikannya Virus bagi Kehidupan

Peranan dan Dampak Merugikannya Virus bagi Kehidupan

Peranan dan Dampak Merugikannya Virus bagi Kehidupan – Pada topik sebelumnya, kalian sudah belajar mengenai replikasi virus yang meliputi tahapan pelekatan virus atau adsorpsi, penetrasi, pelepasan mantel, replikasi, perakitan, pematangan, dan pelepasan virus. Pada topik ini, kalian akan belajar mengenai peranan dan dampak merugikan virus bagi kehidupan manusia. Apa saja ya peranan dan dampak merugikan virus bagi kita? Semuanya akan dibahas di sini.

Peranan Virus

Jika mendengar kata “virus” mungkin yang terlintas di dalam pikiran kalian adalah penyebab penyakit, sangat berbahaya, dan tidak memiliki manfaat sama sekali. Virus memang dikenal sebagai penyebab penyakit infeksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Sejauh ini bahkan tidak ada makhluk hidup yang tahan terhadap virus. Namun ternyata seiring dengan kemajuan teknologi, virus juga memiliki peranan dalam kehidupan manusia. Saat ini, virus mulai dimanfaatkan dalam beberapa bidang karena virus mempunyai struktur sangat sederhana dan mempunyai daya infeksi yang sangat tinggi. Sifat-sifat tersebut dimanfaatkan dalam bidang bioteknologi, khususnya rekayasa genetika.

Dalam rekayasa genetika, virus dapat berperan sebagai vektor. Maksudnya adalah untuk menghasilkan makhluk hidup yang mempunyai sifat-sifat menguntungkan dapat dilakukan dengan cara memindahkan gen pembawa sifat menguntungkan tersebut. Untuk memasukkan atau membawa gen yang akan dipindahkan dari organisme asal ke organisme baru, diperlukan suatu pembawa atau vektor. Vektor tersebut adalah virus. Virus dapat berperan sebagai vektor karena mempunyai daya infeksi yang tinggi. Contoh virus yang dipakai sebagai vektor adalah virus Lamda.

Selain sebagai vektor, virus juga dapat dimanfaatkan sebagai agen penyebab mutasi. Mutasi gen sering dilakukan dengan sengaja untuk memperoleh sifat-sifat tertentu yang dibutuhkan. Beberapa bakteri sering dengan sengaja diubah sifatnya dengan cara mutasi karena dengan cara tersebut dapat diperoleh sifat baru yang lebih menguntungkan. Untuk melakukan proses mutasi pada bakteri, juga dapat digunakan virus. Contohnya adalah Mu (Mutator Fage).

Peranan virus lainnya adalah sebagai bahan untuk pembuatan vaksin. Vaksin adalah patogen yang telah dilemahkan sehingga jika menyerang manusia, tidak berbahaya lagi. Dengan diberi vaksin, tubuh manusia akan memproduksi antitoksin. Kelak jika patogen yang sesungguhnya menyerang, tubuh telah kebal karena berhasil memproduksi antitoksin bagi patogen tersebut.

Dampak Merugikan Virus

Virus memang merugikan bagi kehidupan manusia, bahkan disebut sebagai parasit obligat. Hal tersebut dikarenakan virus hidup di dalam sel hidup organisme dan memanfaatkan materi sel yang ditempatinya. Akibatnya virus dapat menginfeksi sel tersebut dan menyebabkan berbagai macam penyakit, baik pada hewan, tumbuhan, maupun manusia. Virus yang menyerang hewan dan tumbuhan juga merugikan manusia. Tidak sedikit kerugian yang diderita peternak atau petani akibat ternaknya yang sakit atau hasil panennya yang berkurang.

Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus.

  1. Gondongan
    Gondongan adalah penyakit pembengkakan kelenjar parotis (kelenjar ludah) yang dapat menular Gondongan disebabkan oleh Paramyxovirus.
  2. Herpes
    Herpes adalah penyakit infeksi pada sel epitel. Herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV-1).
  3. Cacar
    Virus penyebab cacar adalah Herpesvirusvaricellae, yang menyerang tubuh dan menimbulkan luka-luka pada sekujur tubuh.
  4. Hepatitis
    Hepatitis adalah penyakit gangguan fungsi hati dan saluran empedu yang dapat menyebabkan kematian. Hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit hepatitis terdiri dari hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E.
  5. Influenza
    Influenza disebabkan oleh kelompok virus Orthomyxovirus yang berbentuk bulat berdiameter 100 nm.
  6. Campak (morbili)
    Campak disebabkan oleh Morbillivirus. Virus ini memiliki masa inkubasi 7 – 11 hari.
  7. AIDS
    AIDS atau Aquuired Immunodefisiensy Syndrome merupakan penyakit hilangnya sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh HIV (Human Immunodefisiency Virus) dari genus Lentivirus, famili Retroviridae, subfamili Lentiriparanae yang menyerang sel limposit T CD4.
  8. Poliomelitis
    Poliomelitis adalah infeksi virus yang menyerang susunan saraf pusat. Penyebabnya adalah Poliovirus.
  9. Demam berdarah
    Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue (flavivirus) melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.
  10. Chikungunya
    Penyakit ini disebabkan oleh virus chikungunya yang ditularkan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.
  11. Ebola
    Virus ebola menyerang sel darah putih mikrofag, jaringan fibroblast, kemudian menyebar ke organ-organ tubuh sehingga menyebabkan pendarahan dan kematian pada penderitanya.
  12. Flu burung
    Penyebab flu burung di Asia adalah kelompok virus influenza tipe A dengan subtipe (strain) H5NI yang sangat ganas. Virus ini berukuran 90 – 120 nanometer dan termasuk family Orthomyxoviridae.
  13. SARS
    Penyakit ini disebabkan oleh virus Corona Paramyxovirus dengan penularan melalui udara akibat adanya cipratan dahak atau bersin orang yang mengidap penyakit tersebut.

Virus yang Menyerang Hewan dan Tumbuhan

Pada topik sebelumnya, kalian sudah belajar tentang peranan dan dampak merugikan virus bagi kehidupan manusia. Selain sebagai penyebab berbagai macam penyakit, ternyata virus juga dapat berperan sebagai vektor, agen penyebab mutasi dan bahan pembuatan vaksin. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang virus yang menyerang hewan dan tumbuhan. Apa saja ya virus-virus yang menyerang hewan dan tumbuhan? Simak ulasannya berikut ini.

Pernahkah kalian berpikir mengapa tidak hanya manusia yang bisa menderita suatu penyakit, tetapi hewan dan tumbuhan juga. Iya, karena virus tidak pandang bulu dalam menyerang makhluk hidup. Apabila virus sudah menginfeksi, maka penyakitpun tidak bisa dihindari. Hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pencegahan.

Virus dapat menyerang bakteri, tumbuhan, hewan, atau manusia. Berdasarkan inang yang diserangnya, virus dikelompokkan menjadi virus bakteri, virus tumbuhan, dan virus hewan. Virus bakteri disebut juga bakteriofage atau fage. Virus bakteri yang terkenal adalah virus yang menyerang bakteri Escherichhia coli atau disebut fage coli. Fage coli diberi nama T1 sampai T7.

Virus yang Menyerang Hewan

  • Rabdovirus
    Rabdovirus adalah virus penyebab penyakit rabies pada anjing, kucing, dan monyet. Rabdovirus menyerang sistem syaraf pusat hewan berdarah panas, menyebabkan hewan takut air, dan menjadi agresif. Virus ini juga dapat menyebar ke manusia jika terkena gigitan hewan yang terinfeksi.
  • Avian influenza
    Virus ini adalah penyebab penyakit flu pada unggas (burung, ayam). Virus ini memiliki tiga tipe, yaitu tipe A, tipe B, dan tipe C. Virus influenza tipe A ada beberapa sub tipe atau strain, yaitu H1N1,H3N2, H5N1, H9N2. (H = Hemaglutinin, N = Neuraminidase).
  • New Castle Disease Virus (NCDV)
    Virus ini menyerang bangsa unggas, terutama ayam. Virus ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut tetelo.
  • Food and Mouth Disease
    Virus ini penyebab penyakit kuku pada hewan ternak seperti kerbau, sapi, domba, dan kuda. Penyakit ini menyebabkan hewan ternak tidak dapat berjalan dan tidak dapat makan.
  • Rous Sarcoma Virus (RSV)
    Rous Sarcoma Virus (RSV) adalah virus penyebab penyakit kanker pada ayam.

Virus yang menyerang tumbuhan

  • Tobacco Mozaic Virus (TMV)
    TMV merupakan virus penyebab penyakit mozaik, yakni bercak-bercak kuning pada daun tembakau, tomat, kentang, dan kacang kedelai.
  • Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD)
    CVPD merupakan virus penyebab penyakit degenerasi pembuluh tapis pada tanaman jeruk.
  • Virus Tungro
    Virus ini menyerang tanaman padi yang menyebabkan pertumbuhan tanaman padi menjadi terhambat. Penyebar virus ini adalah wereng cokelat dan wereng hijau.
  • Virus Yellows
    Virus ini adalah virus yang menyerang tumbuhan aster.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *