Cara Mengamati Sel

No ratings yet.
Cara Mengamati Sel
Cara Mengamati Sel

Cara Mengamati Sel

Cara Mengamati Sel – Jika pada topik sebelumnya kalian telah belajar mengenai sejarah penemuan sel, pada topik ini kalian akan belajar tentang cara mengamati sel. Sel merupakan benda yang berukuran sangat kecil. Oleh karena itu, kita tidak bisa melihatnya secara kasat mata. Lantas, bagaimana cara melihat dan mengamatinya? Mari kita belajar bersama.

Kalian tentu dapat dengan mudah mengamati seekor semut. Namun, bagaimana dengan kaki atau mulutnya? Dapatkah kalian mengamatinya dengan mudah juga? Tentu saja tidak. Kalian membutuhkan kaca pembesar atau lup. Begitu juga dengan sel. Oleh karena ukurannya yang sangat kecil, maka dibutuhkan alat khusus untuk dapat melihat dan mengamatinya. Alat itu adalah mikroskop.

Kata mikroskop berasal dari bahasa yunani, yaitu micros dan scopein. Micros artinya kecil dan scopein artinya melihat. Jadi, mikroskop merupakan alat untuk melihat benda yang ukurannya sangat kecil yang tidak dapat dilihat dan diamati secara kasat mata. Ada dua jenis mikroskop, yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Perbedaan kedua mikroskop tersebut terangkum pada tabel berikut.

Berdasarkan tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa mikroskop elektron mampu memperbesar obyek lebih tajam daripada mikroskop cahaya. Oleh karena itu, jika kita ingin mengamati organel sel hingga ke bagian dalam, maka mikroskop yang tepat digunakan adalah mikroskop elektron. Akan tetapi, jenis mikroskop ini jarang kita temui. Jenis mikroskop yang sering kita temui di beberapa sekolah adalah mikroskop cahaya. Dengan mikroskop cahaya, kita juga dapat mengamati sel, namun hanya bentuk dan sebagian kecil dari organel sel yang akan terlihat. Hal ini dikarenakan bayangan benda pada mikroskop cahaya hanya dapat diperbesar sebanyak 40x, 100x, 400x dan 1000x saja.

Setelah kalian memahami materi di atas, sekarang saatnya kita lakukan percobaan untuk mengamati sel bawang merah (Allium cepa L.) dengan prosedur di bawah ini.

PROSEDUR PERCOBAAN

Alat: pisau/cutter, silet, pinset, gelas benda (object glass), gelas penutup (cover glass), pipet tetes, mikroskop cahaya, dan gelas kimia.

Bahan: umbi bawang merah dan air

Cara kerja:

1. Potonglah umbi bawang merah menjadi empat bagian.


2. Ambillah satu lapis umbi bawang merah.

3. Patahkan lapis umbi bawang merah menjadi dua bagian.

4. Ambillah satu lapis tipis epidermis pada bagian kulit dalam umbi yang berwarna putih atau kulit epidermis bagian luar yang berwarna ungu. Gunakan silet untuk menyayat tipis lapisan epidermis tersebut. Kemudian, ambil dengan pinset. Kulit epidermis yang akan diamati inilah yang disebut dengan preparat.

5. Letakkan preparat pada gelas benda.

6. Tambahkan satu tetes air pada preparat.

7. Tutuplah secara pelan-pelan gelas benda dengan gelas penutup. Jangan sampai terbentuk gelembung udara di bawah gelas penutup.

8. Amati preparat dengan menggunakan mikroskop cahaya dari perbesaran lemah (40x) hingga perbesaran kuat (1000x).

Dari percobaan di atas, kalian telah belajar membuat dan mengamati preparat sel yang masih hidup atau dikenal dengan preparat segar. Berbeda dengan cara membuat preparat segar, untuk preparat sel yang sudah mati atau disebut dengan preparat awetan, teknik yang digunakan adalah teknik embedding.

Teknik embedding dilakukan dengan menenggelamkan potongan organ tubuh makhluk hidup yang akan diamati ke dalam parafin cair. Setelah memadat, parafin dipotong dengan alat khusus yang disebut mikrotom. Hasil potongan berupa pita-pita parafin yang dapat dicelupkan ke dalam berbagai pewarna, sehingga sel-sel terwarnai dan mudah diamati. Adapun jenis pewarna yang biasa digunakan untuk mewarnai sel adalah safranin, iodine, malachite green, dan methylen blue.

Kedua teknik pembuatan preparat di ataslah yang dapat kalian pilih ketika kalian ingin mengamati sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan.

Contoh Soal

Andi sedang melakukan penelitian mengenai nukleus. Dia ingin mengamati bagian permukaan nukleus. Jenis mikroskop yang sebaiknya dipakai Andi adalah .…

Jawaban : mikroskop elektron

Pembahasan:

Nukleus (inti sel) merupakan salah satu organel sel. Untuk dapat mengamati permukaan nukleus secara jelas, perlu menggunakan mikroskop elektron atau mikroskop elektron transmisi (TEM).

Bagaimana? Apakah kalian sudah paham dengan penjelasan di atas? Agar kalian semakin paham lagi, yuk kerjakan latihan soal-soal di bawah ini.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *