Bakteri-Bakteri yang Merugikan

No ratings yet.
Bakteri-Bakteri yang Merugikan
Bakteri-Bakteri yang Merugikan

Bakteri-Bakteri yang Merugikan

Bakteri-Bakteri yang Merugikan – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang bakteri yang menguntungkan. Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan bakteri. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang bakteri yang merugikan. Bakteri apa sajakah yang merugikan? Nah di sini kita bahas analoginya.

Pernahkah kalian mendengar istilah penyakit tifus? Apa penyakit tifus itu? Tifus merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan usus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella sp.

Beberapa jenis bakteri dapat merugikan organisme lain yang ditempelinya, baik manusia, hewan, atau tumbuhan. Berikut ini merupakan jenis-jenis bakteri yang bersifat merugikan.

Bakteri Perusak Makanan

Bakteri jenis ini akan mengubah makanan sedemikian sehingga menghasilkan zat sisa metabolisme berupa toksin/ racun. Racun tersebut akan membahayakan kesehatan manusia. Contoh bakteri perusak makanan adalah sebagai berikut.

  • Clostridium botulinum merupakan bakteri penghasil racun botulinin. Bakteri ini sering dijumpai pada makanan kalengan.
  • Pseudomonas cocovenenans merupakan bakteri penghasil asam bongkrek pada tempe bongkrek.
  • Leuconostoc mesenteroides merupakan bakteri penyebab lendir pada makanan.

Bakteri denitrifikasi

Jika kadar oksigen di dalam tanah berkurang, maka akan berlangsung denitrifikasi, yaitu proses reduksi nitrat menjadi nitrit dan menghasilkan amoniak yang tidak dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan. Contoh bakteri penyebab denitrifikasi adalah Micrococcus denitrificans dan Pseudomonas denitrificans.

Bakteri patogen

Merupakan kelompok bakteri parasit yang menimbulkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan.

Bakteri Penyebab Penyakit Pada Manusia

Bakteri Penyebab Penyakit Pada Hewan

Bakteri Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

Struktur Parasit Pada Bakteri

  • Fimbriae
    Bakteri memiliki organ yang disebut fimbriae atau pili. Fimbriae atau pili adalah struktur menyerupai rambut yang ada di permukaan tubuh bakteri. Organ ini berfungsi untuk menyebarkan bibit penyakit dengan cara menempel di organ tubuh inang. Jika fimbriae ini telah menempel, maka bakteri tersebut tidak dapat dihilangkan. Misalnya, bakteri Eschericia coli memiliki fimbriae yang melekat pada lapisan epitel di saluran urogenital.
  • Flagella
    Flagella adalah alat gerak bakteri yang berupa ekor. Bakteri akan senantiasa bergerak sampai menemukan posisi yang cocok untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, flagella merupakan salah satu organ berbahaya yang dimiliki bakteri.
  • Racun
    Beberapa bakteri menghasilkan senyawa beracun yang membahayakan tubuh inang. Racun akan menimbulkan beberapa efek yang merugikan, misalnya menyebabkan muntah dan diare, mempengaruhi sel-sel saraf, menyebabkan kram otot, demam, dan sebagainya.

Contoh Soal

Bagaimanakah cara untuk menghindari penyakit TBC?
Penyesaian
Cara menghindari penyakit TBC adalah dilakukan divaksinasi BCG secara teratur.

Untuk meningkatkan pemahaman kalian tentang bakteri merugikan, kerjakan soal-soal yang tersedia. Selamat belajar!!!

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *