Membandingkan Teks Tanggapan Kritis dengan Teks Eksemplum

By | April 14, 2020

Membandingkan Teks Tanggapan Kritis dengan Teks Eksemplum – Sebelumnya, kita telah membahas fungsi sosial, struktur, dan ciri kebahasaan teks tanggapan kritis serta teks eksemplum dalam pembahasan yang berbeda. Namun, dari pembahasan yang berbeda itu, dapatkah kalian menemukan perbedaan kedua teks tersebut?

Membandingkan Teks Tanggapan Kritis dengan Teks Eksemplum

Membandingkan Teks Tanggapan Kritis dengan Teks Eksemplum

Untuk lebih menguatkan ingatan kalian terhadap teks tanggapan kritis dan teks eksemplum, kita akan mengulang kembali fungsi sosialnya, struktur, dan ciri kebahasaan kedua teks tersebut sambil menemukan perbedaan keduanya dalam pembahasan sekarang

Membandingkan Teks Tanggapan Kritis dengan Teks Eksemplum

Sebagaimana kita ketahui, teks tanggapan kritis berisi tanggapan terhadap sebuah permasalahan dengan menampilkan data berupa bukti dan fakta untuk menguatkan tanggapan. Sementara itu, teks eksemplum berisi kisah yang tidak dialami seseorang dan bersifat fiksi ataupun nonfiksi. Dari penjelasan tersebut, kita pun dapat menemukan sebuah perbedaan yaitu adanya tanggapan kritis harus dibuat berdasarkan fakta, sedangkan teks eksemplum boleh berdasarkan fakta atau imajinasi.

Selain perbedaan tersebut, perbedaan yang lebih signifikan akan kita temukan dalam unsur-unsur berikut ini.
1. Fungsi Sosial

Dengan kata lain, teks tanggapan kritis bertujuan untuk mengkritisi suatu hal yang berhubungan dengan fenomena yang terjadi di masyarakat, sedangkan teks eksemplum bertujuan mengisahkan peristiwa yang dialami tokoh dengan menyampaikan pesan moral dari peristiwa tersebut.

2. Struktur teks
Struktur teks tanggapan kritis

Contohnya


Struktur teks eksemplum

(abstrak dan koda boleh hadir boleh tidak)
Contohnya

Setelah melihat contoh kedua teks di atas, kita pun dapat melihat perbedaan yang signifikan dalam hal-hal berikut.

a. Tema pada teks tanggapan kritis tampak lebih bebas menyampaikan tanggapan terhadap fenomena mengandangkan hewan, sedangkan tema pada teks eksemplum lebih menggambarkan peristiwa yang mengandung pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca.

b. Muatan isi teks tanggapan kritis berisi sisi baik dan sisi buruknya hewan yang dikandangkan, sedangkan teks eksemplum berisi peristiwa yang jarang terjadi dan tidak ingin dialami tokoh.

c. Simpulan yang disampaikan pengarang pada teks tanggapan kritis berisi penegasan ulang tanggapan yang telah disampaikan agar argumentasinya dipercayai pembaca, sedangkan teks eksemplum berisi pesan moral terhadap peristiwa yang terjadi.

3. Ciri kebahasaan
Ciri kebahasaan teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut.

Sementara itu, ciri kebahasaan teks eksemplum adalah sebagai berikut.

Poin Penting

Perbedaan teks tanggapan kritis dengan teks eksemplum adalah sebagai berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *