Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Negosiasi

By | June 18, 2020

Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Negosiasi – Siswa dapat menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Negosiasi

Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Negosiasi

Pada pelajaran kali ini, kalian akan mempelajari tentang cara menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan. Seperti yang kita ketahui, teks negosiasi merupakan jenis teks yang berisi hubungan sosial antara dua orang atau lebih yang memiliki masalah atau pendapat yang kuat untuk mencari kata sepakat tanpa ada salah satu pihak yang dirugikan.

Menyunting Teks Negosiasi
Menyunting teks negosiasi merupakan salah satu cara menganalisis isi negosiasi dan bahasa teks negosiasi serta menganalisis penggunaan kalimat baku dan tidak baku sesuai dengan struktur isi dan struktur bahasa pada teks negosiasi yang digunakan.

Perhatikan

Dua siswa sekolah menengah sedang berdiskusi menentukan acara akhir tahun sekolah. Mereka saling mengeluarkan pendapat mengenai jenis acara apa yang paling baik dilaksanakan untuk acara akhir tahun. Ketika itu, datang seorang guru menengahi kedua siswa tersebut. Diskusi pun berakhir dengan keputusan voting atau pengambilan suara terbanyak.

Salman: Bagaimana, ya, acara akhir tahun ini kita belum memutuskan akan mengadakan acara apa.

Husna: Ya, benar.

Salman: Aku pikir, acara akhir tahun nanti lebih baik mengadakan bazaar dan kreasi seni saja. Diselingi dengan band sekolah dan kegiatan seni lainnya.

Husna: Tapi, sebagian teman-teman yang lain menginginkan untuk pergi berkarya wisata ke luar kota. Selain bisa refreshing, kita bisa menambah pengetahuan tentang tempat-tempat yang kita kunjungi.

Salman: Loh, kalau pergi berwisata, bukankah akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak?

Husna: Menurutku itu sepadan dengan apa yang kita dapatkan ketika berwisata.
(Seketika itu, datang seorang guru)
Guru: Ada apa ini? Tampaknya diskusi kalian seru sekali.

Salman: Eh, iya, Pak. Selamat siang, Pak. Silakan duduk. Begini, Pak. Kami sedang mendiskusikan untuk acara akhir tahun nanti. Saya mengusulkan untuk mengadakan bazaar, kreasi seni, dan diselingi dengan band sekolah. Menurut saya itu lebih menghemat biaya, tetapi tetap mengasyikkan.

Husna: Ya, Pak. Sedangkan saya mengusulkan pergi berkarya wisata ke luar kota. Itu atas usulan dari teman-teman yang lain. Kami bingung, Pak. Mau memutuskan yang mana.

Guru: Baik. Kedua usul kalian sangat baik dan bernilai positif. Bagaimana kalau Bapak usulkan agar mengumpulkan suara terbanyak saja? Kalian buatlah semacam angket untuk memilih mana pilihan dari teman-teman yang lain. Nah, yang suaranya terbanyak, itulah acara yang akan kita laksanakan. Bagaimana?
Salman dan Husna: Setuju, Pak!

Mari Kita analisis!

Teks negosiasi di atas dapat kita identifikasi dengan cara menyunting struktur dan kaidah-kaidah teks negosiasi. Berikut cara menyunting teks negosiasi secara struktur dan kaidah.

Menyunting Struktur Teks Negosiasi

a. Pembuka
Pada teks tersebut, kita dapat melihat struktur pembuka berupa kalimat awal, yaitu Dua siswa sekolah menengah sedang berdiskusi menentukan acara akhir tahun sekolah. Kalimat tersebut memaparkan tentang kedua siswa yang sedang berdiskusi. Kata berdiskusi berarti membincangkan sesuatu masalah yang harus diselesaikan bersama. Hal itu termasuk dalam ciri teks negosiasi. Sedangkan dalam drama pendeknya dapat dilihat pada teks berikut.
“Bagaimana, ya, acara akhir tahun ini kita belum memutuskan akan megadakan acara apa.” Pada teks drama pendek negosiasi tersebut, Salman sebagai partisipan, mengawali pembicaraan dengan mengemukakan sebuah masalah, yaitu belum adanya keputusan mengenai acara akhir tahun. Dari kalimat tersebut dapat diketahui bahwa ada sebuah permasalahan yang harus diselesaikan.

b. Isi
Pada teks tersebut, kita dapat melihat struktur isi berupa kalimat kedua dan ketiga, yaitu Mereka saling mengeluarkan pendapat mengenai jenis acara apa yang paling baik dilaksanakan untuk acara akhir tahun. Ketika itu, datang seorang guru menengahi kedua siswa tersebut. Kalimat tersebut memaparkan tentang adanya beberapa pendapat dari partisipan. Pada proses ini, permintaan dan penawaran pun berlaku. Hal itu termasuk dalam ciri teks negosiasi.

c. Penutup
Pada teks tersebut, kita dapat melihat struktur penutup pada kalimat terakhit, yaitu Diskusi pun berakhir dengan keputusan voting atau pengambilan suara terbanyak. Kalimat tersebut mengandung penyelesaian dari negosiasi. Adapun bentuk drama pendeknya adalah:
Salman dan Husna: Setuju, Pak!

Menyunting Kaidah Teks Negosiasi

Pada teks tersebut, kaidah teks negosiasi dapat kita analisis seperti berikut ini.
a. Pada teks tersebut, negosiasi dilakukan oleh tiga partisipan, yaitu Salam, Husna, dan Guru.
b. Pada teks tersebut, terdapat perbedaan pendapat, keinginan, dan tujuan yang hendak dicapai.
c. Pada teks tersebut, terdapat kesepakatan yang menjadi ujung dari negosiasi.

Poin Penting

• Struktur pertama pada teks negosiasi adalah pembuka. Pembuka dapat ditunjukkan dengan adanya sebuah masalah yang harus diselesaikan bersama. Struktur kedua adalah isi yang dapat ditunjukkan dengan adanya permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan. Kemudian, struktur yang ketiga adalah penutup yang ditandai dengan adanya penyelesaian pada proses negosiasi.
• Kaidah pada teks negosiasi memenuhi empat hal, yaitu adanya partisipan; negosiasi berbentuk komunikasi langsung; terjadi perbedaan pendapat, keinginan, dan tujuan antara kedua belah pihak; serta adanya hasil negosiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *