Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Cerita Ulang

By | June 5, 2020

Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Cerita Ulang – Siswa dapat menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Cerita Ulang

Menyunting isi Sesuai dengan Struktur isi Teks Cerita Ulang

Menyunting teks cerita ulang harus diawali dengan membaca teks itu secara cermat. Dengan membaca cermat penyunting akan tahu apakah isi teks cerita ulang tersebut sudah sesuai dengan yang seharusnya atau belum. Misalnya untuk bagian orientasi apakah berisi gambaran umum tokoh yang diceritakan atau belum. Di bagian isi yang seharusnya terdiri atas banyak paragraf apakah sudah berisi urutan peristiwa yang telah dijalani tokoh sepanjang hidupnya.

Begitu pula di bagian penutup atau disebut reorientasi, sudahkah ada pandangan penulis atas tokoh yang diceritakan atau belum. Reorientasi sebenarnya menyimpulkan, menegaskan yang sifatnya opini penulis. Dengan kata lain, teks cerita ulang biografi terdiri atas 3 bagian. Bagian itu adalah orientasi (pembuka), isi (urutan peristiwa), dan reorientasi (penutup).

Oleh sebab itu, diperlukan penyuntingan atas isi teks cerita ulang biografi untuk mengetahui sebuah teks itu layak atau belum disebut teks cerita ulang biografi. Bagian-bagian tersebut sekaligus sebagai ciri struktur sebuah teks cerita ulang biografi.

Mari kita analisis teks cerita ulang berikut!

1) Laki-laki kelahiran tahun tujuh puluhan ini lahir di Brebes, Jawa Tengah. Berlatar belakang keluarga petani yang pas-pasan. Tinggal di sebuah desa yang kurang berkembang. Masa kecil laki-laki ini dilalui dengan berpindah-pindah rumah bersama kedua orangtuanya dan 4 saudaranya.

2) Sejak duduk di bangku SD, ia berpindah-pindah tempat tinggal. Akibatnya, ia pun harus berpindah-pindah sekolah. Kadang jarak sekolahnya hanya ratusan meter dari rumah. Akan tetapi, kadang berjarak belasan kilometer dari rumahnya.

3) Sampai di bangku SMP dan SMA masih berpindah-pindah rumah . Pulang pergi ke sekolah dia naik sepeda. Jarak yang jauh tak begitu terasa lagi. Meskipun di bawah terik matahari, diterpa angin darat dan angin laut, melintasi jalan berbatu-batu, bukan halangan saat itu.

4) Laki-laki itu kini telah menjadi seorang pengusaha sukses. Dua puluh tahun kemudian setelah dia lepas dari SMA, dia melintas lagi di jalan yang sama ketika dia dulu berangkat sekolah. Jalan sudah diaspal. Laki-laki itu hanya mengendarai motor, bukan mobil, meskipun dia punya. Kegigihannya membuahkan hasil.

Teks cerita ulang pada paragraf ke-1 tersebut berisi penjelasan seorang laki-laki dari keluarga petani sederhana (orientasi). Paragraf ke-2 menceritakan kehidupan anak laki-laki itu selama di SD.
Paragraf ke-3 menceritakan kehidupan dia di bangku SMP dan SMA (urutan peristiwa). Sementara paragraf ke-4 berisi kisah kesuksesannya namun dia tetap sederhana (reorientasi)

Poin Penting

Dalam menyunting isi teks ulang, kita harus memperhatikan keterpenuhinya struktur-struktur teks. Struktur teks yang dimaksud adalah orientasi, isi, dan reorientasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *