Permasalahan Pembangunan Ekonomi dan Cara Mengatasinya

By | November 23, 2020
Permasalahan Pembangunan Ekonomi dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Pembangunan Ekonomi dan Cara Mengatasinya

Permasalahan dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Pembangunan Ekonomi dan Cara Mengatasinya – Dalam setiap kegiatan pembangunan terdapat masalah pokok yang selalu dihadapi oleh setiap negara, khususnya bagi negara yang sedang berkembang. Masalah pembangunan lebih difokuskan dalam ekonomi, hal itu karena bidang ekonomi merupakan titik awal pembangunan dan harus dimulai karena di bidang ekonomi ini jembatan untuk pembangunan ke bidang selanjutnya bisa lebih terintegrasi.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan dan cara mengatasi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Agar kalian lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pembangunan ekonomi dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan suatu negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakat atau suatu proses multidimensional yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara meningkat dalam jangka panjang. Pembangunan ekonomi dapat dilakukan melalui penanaman modal, manajemen, penggunaan teknologi, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, dan penambahan kemampuan berorganisasi.

Dalam pembangunan ekonomi, tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi atau economic growth, dimana pembangunan ekonomi mendorong adanya pertumbuhan ekonomi, sebaliknya dalam pertumbuhan ekonomi dapat memperlancar proses pembangunan ekonomi.

Menurut Adam Smith pertumbuhan ekonomi ditandai oleh pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan output total. Tiga hal yang mempengaruhi pertumbuhan output yang akan dicapai yaitu sumber daya alam, tenaga kerja dan jumlah persediaan. Salah satu indikator keberhasilan dalam pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi.

Menurut Simon Kuznets, pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi bagi penduduknya. Kenaikan kapasitas itu sendiri ditentukan oleh adanya kemajuan atau penyesuaian teknologi, kelembagaan, dan ideologis terhadap berbagai tuntutan keadaan yang ada.

Tujuan dari suatu negara melaksanakan pembangunan adalah untuk mengatasi atau keluar dari masalah-masalah yang ada. Ada 4 masalah pokok yang dihadapi oleh suatu negara, terutama negara sedang berkembang dan negara terbelakang yaitu kemiskinan, ketimpangan dalam distribusi pendapatan, inflasi dan pengangguran.

Kemiskinan

Masalah kemiskinan merupakan masalah bagi setiap negara. Kemiskinan mendorong setiap negara untuk melakukan pembangunan. Untuk mengurangi kemiskinan tersebut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan pemerintah, yaitu:
1. Diadakan pelatihan/kursus agar warga punya keterampilan dan bisa memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mencari nafkah.
2. Diadakan pendidikan dengan kualitas yang baik agar semua warga bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas namun bebas biaya dan mengurangi jumlah warga yang berpendidikan rendah.
3. Memfasilitasi Usaha Kecil Menegah, agar warga dapat meningkatkan pendapatan melalui fasilitas yang memadai serta bisa mengajak warga lain untuk dipekerjakan. Dengan begitu pengangguran diharapkan bisa berkurang.

Ketimpangan Distribusi Pendapatan

Masalah kemiskinan seringkali dihubungkan dengan masalah ketidakmerataan distribusi pendapatan. Pertumbuhan ekonomi yang terus-menerus tidak selalu dapat mengurangi tingkat kemiskinan atau pertumbuhan ekonomi. Ketimpangan distibusi pendapatan membuat pemisah antara masyarakat kelas atas dan masyarakat kelas bawah yang mengakibatkan terjadinya kecemburuan sosial dan berpotensi memicu terjadinya berbagai tindakan kriminal. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketimpangan distribusi pendapatan ialah pemerintah lebih bijak dalam menetapkan UMR dengan mempertimbanngkan kebutuhan dan hajat hidup masyarakat, sehingga kebutuhan dapat digunakan semaksimal mungkin sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

Pengangguran

Masalah pengangguran merupakan masalah pokok dan bersifat jangka panjang yang harus dihadapi oleh suatu negara. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran ialah:
1. Memperluas kesempatan kerja, dengan cara membuka lapangan kerja baru, baik di bidang pertanian, industri, perdagangan, maupun jasa.
2. Meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga siswa/siswi yang sudah selesai pendidikannya siap untuk menjadi tenaga yang terampil.

Inflasi

Terjadinya kemerosotan nilai uang akibat jumlah uang yang beredar terlalu banyak sehingga memicu kenaikan harga barang-barang dan akan berdampak pada menurunnya pendapat riil orang-orang yang berpenghasilan tetap sehingga daya belinya ikut menurun.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi inflasi ialah:
1. Pemerintah berusaha menekan inflasi serendah-rendahnya karena inflasi tidak dapat dihapuskan sama sekali.
2. Bank sentral umumnya mengandalkan jumlah uang beredar atau tingkat suku bunga sebagai instrumen dalam mengendalikan harga.
3. Kebijakan moneter dengan cara bank sentral mempengaruhi jumlah uang yang beredar sehingga akan terjadi perubahan jumlah uang yang beredar.

Rangkuman

  1. Dalam pembangunan ekonomi, tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi atau economic growth, dimana pembangunan ekonomi mendorong adanya pertumbuhan ekonomi, sebaliknya dalam pertumbuhan ekonomi dapat memperlancar proses pembangunan ekonomi.
  2. Ada 4 masalah pokok yang dihadapi oleh suatu negara, terutama negara sedang berkembang dan negara terbelakang yaitu kemiskinan, ketimpangan dalam distribusi pendapatan, inflasi dan pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *