Perlakuan Retur dan Sales Discount

Perlakuan Retur dan Sales Discount
Perlakuan Retur dan Sales Discount

Perlakuan Retur dan Sales Discount

Perlakuan Retur dan Sales Discount – Hampir disetiap pusat perbelanjaan ketika hari libur atau hari besar akan tiba maka manajemen pusat perbelajaan tersebut akan membuat diskon besar. Tetapi apakah retur dan sales discount dapat dijumpai di dalam sebuah perusahaan? Bagaimana perlakuan terhadap retur dan sales discount di dalam siklus akuntansi? Agar kalian lebih mudah memahami hal ini mari kita simak materi berikut ini.

Pembahasan mengenai retur dan sales discount berhubungan dengan akuntansi yang berjalan di perusahaan dagang. Sistem akuntansi perusahaan dagang berhubungan dengan dua aktivitas, yaitu penjualan dan pembelian. Hal ini tidak terlepas dari kegiatan perusahaan dagang yang berhubungan dengan aktivitas jual beli dalam kegiatan operasionalnya. Berhubungan dengan retur dan sales discount maka akan berhubungan dengan aktivitas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan.

Setiap terjadi penjualan terdapat dua nilai yang melekat pada persediaan yang dijual. Nilai yang pertama adalah nilai penjualan dan yang ke dua adalah nilai biaya persediaan yang dijual. Nilai penjualan adalah perkalian harga jual per unit dengan jumlah unit yang dijual. Nilai biaya persediaan yang terjual (cost of goods sold) adalah nilai biaya persdiaan per unit dikalikan dengan jumlah unit yang terjual.

Diskon penjualan atau sales discount adalah diskon yang diberikan perusahaan kepada pelanggan jika melunasi piutangnya dalam periode diskon. Diskon penjualan diberikan untuk transaksi penjualan secara kredit. Diskon ini umumnya ditulis di faktur. Jika faktur ditulis ” 2/10, n/60” berarti jangka waktu kredit yang diberikan kepada pelanggan adalah 60 hari sejak tanggal faktur dan jika pelunasan piutang dilakukan dalam 10 hari akan mendapat diskon 2%. Nilai diskon didasarkan pada nilai penjualan setelah dikurangi dengan retur penjualan jika ada.

Diskon penjualan berkaitan dengan pelunasan piutang, tidak terkait dengan keluar masuknya persediaan. Diskon penjualan dicatat pada akun sales discount dan merupakan akun revenue. Karena akun ini bersaldo debet maka disebut kontra revenue. Akun ini akan dikurangkan dari akun sales.

Sementara retur penjualan adalah pengembalian persediaan yang dilakukan oleh pelanggan. Retur penjualan dilakukan bisa disebabkan karena persediaan yang dikirim tidak sesuai pesanan atau rusak. Atas kejadian ini pelanggan bisa mengirim kembali (sales return) atau meminta potongan harga (sales allowance). Transaksi ini mempengaruhi nilai persediaan. Karena adanya retur dari pelanggan maka nilai persediaan bertambah.

Penambahan persediaan dilakukan sebesar biaya persediaan yang dijual. Untuk mencatat pengurangan piutang digunakan akun ”Sales Return and Allowance”. Akun ini merupakan akun revenue. Karena akun ini bersaldo debet maka disebut kontra revenue. Akun ini akan dikurangkan dari akun sales.

Karena berhubungan dengan perusahaan dagang, maka metode pencatatan yang dilakukan terhadap retur dan sales discount dapat dilakukan dengan dua metode yaitu perpetual dan periodik. Definisi dari kedua periode tersebut adalah:

1.Metode Perpetual, pencatatan yang dilakukan terus-menerus dengan menelusuri persediaan dan harga pokok penjualan atas dasar harian. Perkiraan persediaan didukung dalam kartu-kartu pembantu persediaan (kartu persediaan).

2.Metode Periodik, perhitungan fisik tanpa menyelenggarakan catatan hari ke hari atas unit yang terjual atau yang ada ditangan. Sistem fisik digunakan untuk menentukan jumlah kuantitas persediaan barang dan dilakukan pada akhir periode akuntansi.

Berhubungan dengan metode pencatatan tersebut, maka jika terjadi retur penjualan, perusahaan harus mencatat adanya dua jurnal. Jurnal yang pertama adalah mengurangi nilai piutang dan penjualan sebesar harga jual. Jurnal yang kedua adalah mencatat adanya penambahan persediaan akibat kejadian retur penjualan. Sedangkan bila terjadi sales discount, jurnal yang dibuat dengan metode perpetual maupun metode periodik sama karena tidak berhubungan dengan keluar masuknya persediaan.

Rangkuman

1) Retur dan sales discount adalah akun yang hanya dijumpai pada perusahaan dagang.
2) Pencatatan retur dan sales discount dilakukan dengan jurnal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *