Teknik dan Pengertian Membaca Memindai

By | April 4, 2020

Teknik dan Pengertian Membaca Memindai – Pernahkah kamu menemukan sebuah virus dalam komputer atau laptopmu? Apa yang akan kamu lakukan? Tentu kamu akan membersihkan virus tersebut, bukan? Cara membersihkan virus dengan antivirus sering disebut scan. Proses scan dalam bahasa Indonesia bisa diartikan memindai.

Teknik dan Pengertian Membaca Memindai

Teknik dan Pengertian Membaca Memindai

Ketika antivirus kamu jalankan, antivirus tersebut akan memindai file-file mana saja yang telah terinfeksi oleh virus. Jika sudah berhasil, akan ditemukan sejumlah file yang terkena virus. Proses yang demikian sama dengan salah satu teknik membaca, yaitu membaca memindai. Membaca memindai berarti membaca bagian-bagian yang penting saja untuk mendapatkan informasi tertentu. Pembahasan lebih lanjut, yuk baca bagian pembahasan materi di bawah ini!

Teknik Membaca Memindai

Membaca dengan teknik scanning atau memindai adalah cara membaca cepat, tetapi teliti. Teknik ini bertujuan agar pembaca memperoleh fakta atau informasi tertentu secara cepat dan tepat, misalnya kata-kata tertentu dalam kamus atau nomor telepon. Dengan kata lain, teknik membaca memindai berarti pembaca langsung mencari informasi tertentu yang ia inginkan tanpa membaca bagian lain dalam teks/bacaan yang tidak dicari.

Dalam kehidupan sehari-hari, membaca memindai memiliki banyak kegunaan. Dengan mempraktikkan membaca memindai, kamu akan lebih mudah mendapatkan informasi atau fakta tertentu yang kamu perlukan dengan cepat. Salah satu contoh membaca memindai yang paling mudah adalah mencari kata dalam kamus. Contoh lainnya adalah mencari nomor tertentu di buku telepon. Mencari jadwal keberangkatan kereta api, pesawat terbang, dan bus juga termasuk kategori membaca memindai. Selain itu, mencari menu makanan dalam daftar menu saat kamu ada di rumah makan juga termasuk membaca memindai.

Perhatikan Contoh

Berikut adalah contoh membaca kamus dengan teknik memindai. Kamu diminta mencari makna kata populer. Nah, langsung saja kamu cari di bagian huruf awal P dan huruf kedua O.

section-media

Dapat ditemukan, kan? Mudah sekali, bukan? Apalagi di dalam kamus secara umum sudah diberi penanda untuk bagian huruf-huruf tertentu.

Saat membaca kamus ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Menemukan makna kata dalam kamus secara cepat, efektif, dan efisien sangat penting untuk dikuasai, sebab kamu bisa menghemat waktu yang kamu gunakan untuk menemukan makna kata tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah menemukan makna kata dalam kamus.

  1. Memerhatikan kata yang akan kamu cari maknanya.
  2. Mencari kata tersebut dalam kamus dengan melihat huruf awalnya.
  3. Membandingkan beberapa pengertian yang ada dan sesuaikan dengan konteks kalimatnya.
  4. Memerhatikan contoh kalimat. Hal ini akan memperjelas pengertian yang kamu cari.

Poin Penting

  1. Membaca memindai berarti hanya mencari informasi tertentu yang dibutuhkan dengan mengabaikan informasi yang lain.
  2. Membaca memindai diperlukan agar bisa mendapatkan informasi secara cepat dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *