Pengertian Gagasan Utama, Kalimat, dan Jenis Paragraf

By | April 3, 2020

Pengertian Gagasan Utama, Kalimat, dan Jenis Paragraf – Siswa dapat menemukan gagasan utama dalam sebuah teks atau paragraf dan Siswa juga dapat menunjukkan letak kalimat utama dalam paragraf.

Pengertian Gagasan Utama, Kalimat, dan Jenis Paragraf

Pengertian Gagasan Utama, Kalimat, dan Jenis Paragraf

Gagasan Utama

Gagasan utama adalah ide pokok atau pokok pikiran yang terkandung dalam suatu teks. Suatu teks terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf tersebut memiliki gagasan utama. Gagasan utama dalam sebuah paragraf berarti inti topik yang dibicarakan dalam paragraf tersebut. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok. Gagasan utama didukung oleh gagasan penjelas. Gagasan penjelas adalah ide atau pikiran yang mendukung penjelasan gagasan utama dari setiap paragraf.

Gagasan utama dalam setiap paragraf terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.

Perhatikan Contoh

Mari Temukan Gagasan Utama dalam Paragraf Berikut!

Perhatikan paragraf berikut!

Pengertian Gagasan Utama

Pengertian Gagasan Utama

Pada paragraf tersebut, ide pokok yang dibicarakan adalah bahwa Andi layak mendapat penghargaan sebagai pelajar teladan (kalimat 1). Kalimat-kalimat selanjutnya (kalimat 2 hingga kalimat 5) merupakan penjelas dari gagasan utama, yaitu alasan mengapa Andi layak menjadi pelajar teladan. Gagasan yang terdapat kalimat-kalimat penjelas tersebut merupakan gagasan penjelas. Dengan demikian, gagasan utama dari paragraf tersebut terdapat di awal paragraf.

Perhatikan paragraf berikut!

section-media

Pada paragraf tersebut, dapat dilihat bahwa pokok pikiran atau inti topik yang dibicarakan adalah bahwa Pak Karyadi layak disebut sebagai guru teladan (kalimat 6). Kalimat 1 sampai kalimat kalimat 5 merupakan kalimat yang menjelaskan mengapa Pak Karyadi layak disebut guru teladan. Kalimat-kalimat tersebut merupakan gagasan penjelas. Dengan demikian, gagasan utama dari paragraf tersebut terdapat di akhir paragraf.

Perhatikan paragraf berikut!

section-media

Pada paragraf tersebut, gagasan utama yang dibicarakan adalah bahwa peringkat terbaik sebetulnya mudah untuk didapatkan. Gagasan tersebut terletak dalam kalimat 1 dan 6. Dengan demikian, kalimat utama pada paragraf tersebut adalah kalimat 1 dan 6. Kalimat lain yang merupakan kalimat penjelas yang mengandung gagasan penjelas, yaitu hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan peringkat terbaik.

Poin Penting

  1. Gagasan utama adalah ide pokok atau pokok pikiran yang terkandung dalam teks atau paragraf.
  2. Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.

Kalimat Utama

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama dalam sebuah paragraf. Kalimat utama menunjukkan pokok pikiran yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Kalimat utama masih harus diperjelas dengan kalimat-kalimat lain untuk mendukung topik yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Kalimat pendukung tersebut disebut dengan kalimat penjelas. Dengan perkataan lain, kalimat utama berisi gagasan utama sedangkan kalimat penjelas berisi gagasan penjelas.

Jenis Paragraf

Letak kalimat utama dalam sebuah paragraf berbeda-beda. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf terdiri atas:

  1. Paragraf deduktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf
  2. Paragraf induktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf
  3. Paragraf campuran (deduktif-induktif), yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf
  4. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal hingga akhir. Paragraf ini dianggap tidak memiliki kalimat utama karena semua kalimat di dalam kalimat tersebut dianggap penting. Paragraf seperti ini tidak memiliki istilah khusus. Paragraf seperti ini terdapat dalam paragraf narasi dan deskripsi yang biasanya berisi sebuah cerita.

Perhatikan Contoh

Menemukan Gagasan Utama dalam Paragraf

Perhatikan paragraf berikut!

section-media

Pada paragraf tersebut, gagasan utama yang dibicarakan adalah “Bersekolah di sekolah alam itu menyenangkan.”. Gagasan tersebut terletak pada kalimat (1) sehingga kalimat (1) dapat disebut sebagai kalimat utama. Ada pun kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas. Dengan demikian, paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif karena kalimat utamanya terletak di awal paragraf.

Perhatikan paragraf berikut!

section-media

Pada paragraf tersebut, gagasan utama yang dibicarakan adalah “Relawan berperan penting dalam menanggulangi bencana banjir.”. Gagasan utama tersebut terletak pada kalimat (4). Ada pun kalimat-kalimat lain merupakan kalimat penjelas. Dengan demikian, paragraf tersebut merupakan paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Perhatikan paragraf berikut!

section-media

Paragraf tersebut merupakan cerita yang berbentuk narasi dan deskripsi. Di dalam paragraf tersebut kalimat utama terletak dari awal sampai akhir paragraf. Semua kalimat dalam paragraf tersebut dianggap penting.

Poin Penting

  1. Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi gagasan utama dalam sebuah paragraf
  2. Gagasan utama adalah ide pokok atau pokok pikiran yang terkandung dalam sebuah teks atau paragraf
  3. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), awal dan akhir paragraf (campuran atau deduktif-induktif), dan tersebar dalam keseluruhan paragraf.
  4. Paragraf narasi dan deskripsi biasanya memiliki kalimat utama yang terletak di keseluruhan paragraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *