Pengertian Dialog Interaktif dan Menentukan Tema Dialog Interaktif

By | April 2, 2020

Pengertian Dialog Interaktif dan Menentukan Tema Dialog Interaktif – Saat menonton tayangan televisi, pernahkah kamu menonton acara yang berisi percakapan yang melibatkan banyak orang? Percakapan tersebut biasanya membahas beragam permasalahan, seperti masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan. Percakapan tersebut biasa disebut dengan dialog interaktif. Dengan perkataan lain, dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan. Dialog interaktif biasanya dilakukan di televisi atau radio.

Pengertian Dialog Interaktif dan Menentukan Tema Dialog Interaktif

Pengertian Dialog Interaktif dan Menentukan Tema Dialog Interaktif

Dalam sebuah dialog interaktif, acara dipandu oleh seorang pembawa acara, presenter, atau moderator. Dalam dialog tersebut, terdapat seorang atau lebih narasumber, yaitu orang yang menjadi sumber informasi. Narasumber merupakan orang yang dianggap memiliki kemampuan atau kompetensi dalam masalah yang didiskusikan. Selain itu, masih ada para pemirsa (penonton atau pendengar) yang mengikuti dialog tersebut. Para pemirsa dapat mengikuti dialog dengan cara bertanya atau memberikan gagasan secara langsung atau melalui sambungan telepon. Karena melibatkan interaksi dengan pemirsa, dialog tersebut disebut sebagai dialog interaktif.

Tema Dialog Interaktif

Hal yang paling penting dalam sebuah dialog interaktif adalah tema. Tema adalah ide pokok yang mendasari sebuah dialog interaktif. Dialog interaktif dilakukan untuk mencari penyelesaian atau solusi terhadap masalah yang dibicarakan dalam dialog tersebut. Masalah yang dibahas dalam dialog tersebut harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelum dialog dimulai.

Tema sebuah dialog interaktif dapat diketahui melalui isi pembicaraan dalam dialog tersebut. Pembicaraan dalam sebuah dialog interaktif biasanya bersifat khusus, yaitu hanya membicarakan hal-hal dalam sebuah topik tertentu. Narasumber yang dilibatkan pun memiliki keahlian, kemampuan, atau kompetensi di bidang tertentu yang sesuai dengan masalah yang dibicarakan.

Secara khusus, langkah-langkah menentukan tema dialog interaktif adalah sebagai berikut.

  1. Ikuti dialog interaktif dari awal hingga akhir;
  2. Perhatikan bagian pembuka dialog karena moderator biasanya akan menyebutkan tema dialog interaktif secara eksplisit (jelas);
  3. Perhatikan narasumber yang dilibatkan dalam dialog tersebut, meliputi nama, jabatan, keahlian, dan hubungannya dengan masalah yang dibicarakan;
  4. Pahami gagasan-gagasan pokok yang dilontarkan narasumber, termasuk kata-kata kunci yang sering muncul;
  5. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pemirsa;
  6. Tentukan tema yang dibicarakan setelah memperhatikan langkah-langkah di atas.

Menentukan Tema Dialog Interaktif

Perhatikan dialog interaktif berikut dan minta teman-temanmu memeragakannya!

section-media
section-media

Berdasarkan dialog tersebut, dapat ditentukan bahwa tema yang diambil pada dialog tersebut adalah pendidikan. Hal tersebut dapat diketahui melalui isi pembicaraan, kata-kata kuncinya (evaluasi, ujian, lulus, dan Ujian Nasional), dan para narasumber yang diundang (yaitu staf Dirjen Pendidikan Menengah dan Pakar Pendidikan).

Poin Penting

  1. Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan.
  2. Orang-orang yang terlibat dalam dialog interaktif adalah: moderator, yaitu pemandu jalannya dialog, biasa disebut juga pembawa acara atau presenter; narasumber, yaitu orang yang menjadi sumber informasi, biasanya seorang yang ahli di bidangnya; dan pemirsa, yaitu orang yang menonton atau mendengar dialog interaktif.
  3. Tema adalah ide pokok yang mendasari sebuah dialog interaktif. Sebuah dialog interaktif biasanya memiliki satu tema khusus yang berkenaan dengan masalah yang diperbincangkan.

Pengertian Dialog Interaktif

Pada pelajaran sebelumnya telah dijelaskan bahwa dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan. Dialog interaktif biasanya dilakukan di televisi atau radio. Orang-orang yang terlibat dalam sebuah dialog interaktif di antaranya adalah moderator, narasumber, dan pemirsa.

Moderator atau biasa disebut juga pembawa acara atau presenter adalah orang yang memandu jalannya dialog. Narasumber adalah sumber informasi yang memiliki kemampuan atau kompetensi dalam bidang yang dijadikan masalah dalam dialog. Adapun pemirsa adalah penonton atau pendengar yang mengikuti jalannya dialog interaktif. Dalam sebuah dialog interaktif, moderator, narasumber, dan pemirsa terlibat secara aktif dalam mendiskusikan sebuah masalah untuk dicarikan penyelesaian atau solusinya.

Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Setiap dialog interaktif memiliki tema, yaitu ide pokok yang mendasari sebuah dialog interaktif. Perbincangan dalam dialog akan disesuaikan dengan tema tersebut. Berdasarkan tema yang diambil, dialog akan memberikan banyak informasi penting kepada semua orang, khususnya pemirsa. Informasi tersebut dapat diketahui dengan cara menyimpulkan isi dialog interaktif.

Sebelum menyimpulkan, hal penting yang harus dilakukan adalah merumuskan pokok-pokok dialog dengan menerapkan prinsip 5W + 1H sebagaimana biasa terdapat dalam berita. Prinsip tersebut dapat dijelaskan sebagai sebagai berikut.

  1. What (apa), yaitu apa yang didialogkan,
  2. Who (siapa), yaitu siapa yang terlibat dalam dialog tersebut,
  3. When (kapan), yaitu kapan dilakukannya dialog,
  4. Where (di mana), yaitu di mana dialog tersebut dilakukan,
  5. Why (mengapa), yaitu mengapa dialog tersebut dilakukan,
  6. How (bagaimana), yaitu bagaimana hasil dialog tersebut.

Secara rinci, berikut langkah-langkah menyimpulkan isi dialog interaktif.

  1. Ikuti dialog interaktif dari awal hingga akhir,
  2. Tentukan tema dialog interaktif tersebut,
  3. Rumuskan pokok-pokok dialog dengan prinisip 5W + 1H,
  4. Catat hal-hal penting lainnya yang didapatkan dari dialog tersebut,
  5. Simpulkan isi dialog dengan menggunakan kalimat efektif.

Perhatikan Contoh

Perhatikan dialog interaktif berikut dan minta teman-temanmu memeragakannya!

section-media
section-media

Setelah memahami dialog interaktif di atas, berikut simpulan yang dapat kamu buat.

Dialog interaktif di TV Lima tersebut membicarakan startegi mempersiapkan Ujian Nasional. Dialog tersebut dipandu oleh seorang moderator bernama Dimas Adiwijaya. Narasumber dalam dialog tersebut adalah Bapak Susilo selaku staf Dirjen Pendidikan Menengah dan Ibu Nining sebagai pakar pendidikan. Dalam dialog tersebut dijelaskan bahwa persiapan Ujian Nasional telah mencapai 90%. Persiapan lainnya yang masih dilakukan adalah menyempurnakan distribusi soal ke seluruh daerah. Hal pokok lain yang dibahas adalah pentingnya keseriusan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Para narasumber menyatakan bahwa para siswa utamanya memiliki persiapan mental agar tidak menganggap ujian nasional sebagai beban besar sehingga harus dilalalui dengan menghalalkan segala cara. Ujian Nasional adalah evaluasi pembelajaran semata yang harus dipersiapkan dengan matang agar para siswa menunjukkan hasil terbaiknya.

Poin Penting

  1. Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan.
  2. Orang-orang yang terlibat dalam dialog interaktif adalah: moderator, yaitu pemandu jalannya dialog, biasa disebut juga pembawa acara atau presenter; narasumber, yaitu orang yang menjadi sumber informasi, biasanya seorang yang ahli di bidangnya; dan pemirsa, yaitu orang yang menonton atau mendengar dialog interaktif.
  3. Sebuah dialog interaktif memberikan informasi penting kepada khalayak. Hal tersebut dapat diketahui dengan menyimpulkan isi dialog tersebut dengan langkah-langkah tertentu.

Saat menyimak dialog interaktif di televisi atau radio, kamu memerlukan konsentrasi yang cukup. Hal tersebut disebabkan dialog interaktif hanya ditayangkan atau diperdengarkan satu kali. Kamu harus menyimak baik-baik yang dibicarakan oleh moderator dan narasumber agar memahami informasi yang disampaikan dalam dialog interaktif tersebut.

Salah satu hal yang penting saat menyimak dialog interaktif adalah mendata pendapat narasumber. Narasumber adalah informan dalam dialog tersebut. Narasumber memberikan informasi mengenai masalah yang dibicarakan dalam dialog interaktif. Semakin banyak narasumber dalam sebuah dialog interaktif, semakin banyak pula sudut pandang mengenai masalah yang didiskusikan.

Mendata pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif berarti mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam dialog tersebut. Tujuannya yaitu agar kamu dapat memahami informasi penting yang didapatkan dari dialog interaktif yang kamu simak.

Langkah-Langkah Mendata Pendapat Narasumber

Berikut ini adalah langkah-langkah mendata mendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif.

  1. Menyimak dialog interaktif dengan saksama dari awal hingga akhir.
  2. Mencatat tema dialog yang biasanya dijelaskan oleh moderator atau pembawa acara di bagian awal acara.
  3. Mencatat informasi mengenai narasumber, mulai dari nama, jabatan, dan hal-hal lain yang menyangkut masalah yang dibicarakan dalam dialog.
  4. Mencatat pernyataan-pernyataan yang dianggap penting berkaitan dengan tema dialog.
  5. Menyusun kembali pernyataan-pernyataan yang telah dicatat sebelumnya menjadi informasi penting yang didapatkan dari dialog tersebut.

Perhatikan Contoh

Sebagai contoh, perhatikan dialog interaktif berikut ini!

section-media
section-media

Hal-hal penting yang dapat didata pada dialog interaktif tersebut adalah sebagai berikut.

Susilo (Narasumber 1)

  1. Persiapan Ujian Nasional (UN) telah mencapai 90%.
  2. Proses persiapan UN hanya tinggal menyempurnakan distribusi soal ke daerah-daerah.
  3. Sekolah yang menyelenggarakan UN online memiliki sarana dan prasana yang sudah siap.
  4. Ujian Nasional adalah evaluasi pembelajaran semata;
  5. Persiapan UN yang penting adalah mental yang kuat agar siswa tidak menganggap UN adalah penentu nasib mereka.

Nining (Narasumber 2)

  1. Ujian Nasional (UN) tidak menyeramkan, namun harus dihadapi secara serius.
  2. Siswa harus menghadapi UN dengan mental yang kuat.
  3. UN harus memicu kejujuran dan tanggung jawab siswa.

Poin Penting

  1. Menyimak dialog interaktif di televisi atau radio memerlukan konsentrasi yang cukup karena hanya ditayangkan atau diperdengarkan sekali.
  2. Mendata pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif berarti mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam dialog tersebut.
  3. Tujuan mendata pendapat narasumber dalam dialog interaktif adalah agar penonton atau pendengar memahami informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari dialog tersebut.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari langkah-langkah mendata pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif. Setelah pendapat narasumber tersebut didata, maka selanjutnya kamu harus dapat mengomentari pendapat yang dikemukakan oleh narasumber tersebut.

Mengomentari pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif berarti memberikan ulasan atau tanggapan terhadap pendapat yang dikemukakan oleh narasumber dalam dialog tersebut. Komentar yang diberikan harus bersifat objektif, yaitu sesuai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh perasaan pribadi. Komentar yang diberikan dapat menyangkut beberapa hal, seperti: pendapat narasumber, cara narasumber menyampaikan pendapatnya, perbedaan pendapat antara beberapa narasumber, hingga dukungan atau bantahan terhadap pendapat yang dikemukakan narasumber.

Langkah-langkah Mengomentari Pendapat Narasumber

Langkah-langkah mengomentari pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif adalah sebagai berikut.

  1. Menyimak dialog interaktif secara cermat dan saksama;
  2. Memahami tema yang dibicarakam dalam dialog;
  3. Mencatat hal-hal penting yang dikemukakan oleh narasumber;
  4. Memberikan tanggapan atau ulasan terhadap pendapat narasumber secara objektif;
  5. Mencatat tanggapan tersebut sebagai komentar terhadap pendapat narasumber.

Perhatikan Contoh

Agar lebih jelas, perhatikan dialog interaktif berikut disertai dengan komentarnya!

section-media
section-media

Berikut komentar terhadap pendapat narasumber dalam dialog tersebut.

Dialog tersebut membahas strategi menghadapi Ujian Nasional (UN). Dalam dialog tersebut terdapat dua orang narasumber, yaitu Bapak Susilo selaku staf Dirjen Pendidikan Menengah dan Ibu Nining selaku pakar pendidikan. Pada awalnya, Pak Susilo menjelaskan bahwa persiapan UN telah mencapai 90% dan hanya tinggal menyempurnakan distribusi soal UN ke seluruh daerah. Terkait persiapan yang harus dihadapai siswa, Pak Susilo menyebutkan bahwa siswa seharusnya menyadari bahwa UN adalah evaluasi belajar dan jangan dihadapi seolah-olah UN adalah penentu nasib. Akibatnya, seringkali siswa merasa harus melakukan cara apapun meskipun buruk untuk mendapat nilai yang baik. Senada dengan pendapat Pak Susilo, Ibu Nining juga berpendapat sama. Siswa tidak merlu takut dan menganggap UN menyeramkan. Ibu Nining menyatakan bahwa UN harus dihadapi serius sehingga mampu memicu keujuran dan tanggung jawab siswa. Kedua narasumber dalam dialog interaktif tersebut memiliki pendapat yang bersamaan. Keduanya saling mendukung pendapat masing-masing sehingga dihasilkan sebuah solusi yang sangat baik untuk menghadapi UN.

Poin Penting

  1. Mengomentari pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif berarti memberikan tanggapan atau ulasan terhadap pendapat narasumber dalam dialog tersebut.
  2. Komentar terhadap pendapat narasumber harus bersifat objketif, yaitu sesuai dengan kondisi yang sebenarnya tanpa dipengaruhi perasaan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *