Menelaah, Menyunting dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis

By | April 15, 2020

Menelaah, Menyunting dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis – Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menelaah teks tanggapan kritis dengan memperhatikan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Menelaah, Menyunting dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis

Menelaah, Menyunting dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis

Menelaah Teks Tanggapan Kritis

Cermatilah Teks Berikut Ini

Tren K-pop bagi Remaja Indonesia
Saat ini, remaja di Indonesia sangat menggemari K-pop. K-pop adalah singkatan dari Korean Pop atau musik pop Korea yang berasal dari Korea Selatan. Perkembangan musik K-pop di Indonesia ini menjadi salah satu akibat dari demam Korea yang terjadi di berbagai negara. Keadaan ini tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap remaja Indonesia.

Walaupun dalam bahasa Korea, banyak remaja yang menyukai musik K-pop karena alunan musiknya yang easy listening. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang kurang baik dari K-pop ini terutama bagi remaja. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut.

Alasan pertama, remaja masih dalam kondisi penentuan jati diri yang dikhawatirkan akan meniru gaya dari idolanya. Tindakan meniru hal yang positif boleh saja tetapi jika hal yang ditiru adalah hal negatif tentu berbahaya. Selain itu, meniru gaya orang lain akan membuat seseorang tidak dapat menentukan gaya dirinya sendiri. Ia akan selalu menjadi ekor yang mengikuti kepala orang lain.

Alasan berikutnya adalah remaja yang seharusnya memiliki waktu untuk aktif belajar menjadi malas untuk belajar. Waktunya habis untuk menonton dan mengunduh video serta musik K-pop. Selain itu, banyak remaja yang bolos sekolah hanya untuk mendapatkan tiket konser K-pop. Apalagi banyak remaja yang menangis histeris hanya karena bisa melihat lambaian tangan dari para penyanyi K-pop. Hal yang paling dikhawatirkan adalah remaja Indonesia malah lebih mengenal musik dan budaya Korea dibandingkan budayanya sendiri.

Pendapat yang disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, pendapat yang disajikan tersebut perlu dibuktikan lebih lanjut melalui penelitian. Perkembangan musik K-pop ini tetap memiliki pengaruh sisi positif bagi remaja. Ada beberapa alasan untuk hal ini.

Alasan pertama, musik K-pop dapat menjadi hiburan untuk menyegarkan otak karena kegiatan yang penat di sekolah. Remaja merasa terhibur dengan musik-musik K-pop. Apalagi para remaja tidak hanya senang dengan musik/lagunya saja tetapi pada boyband atau girlband yang menyanyikan lagu tersebut. Alasan berikutnya adalah remaja dapat menambah wawasan dalam mengenal budaya negara lain. Perkembangan K-pop atau demam Korea di Indonesia juga mempengaruhi segi pendidikan, yaitu banyak muncul tempat kursus untuk belajar bahasa Korea. Selain itu, berkembangnya usaha kuliner makanan Korea. Hampir di setiap mal menyediakan restoran yang menyajikan masakan Korea.

Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian dapat memahami hal yang ditanggapi secara kritis dalam teks itu? Teks tanggapan kritis berisi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sudut pandang tertentu terhadap suatu masalah. Sudut pandang tersebut menjadi penilaian yang kritis Artinya, penilaian dilakukan dengan bukti atau alasan yang logis. Kritis dapat diartikan sebagai sifat yang tidak lekas percaya, bersifat selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan, tajam dalam penganalisisan. Dengan demikian, teks ini berisi analisis yang tajam terhadap suatu hal.

Kalian akan belajar untuk menelaah teks tanggapan kritis pada topik kali ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), telaah memiliki arti kajian, pemeriksaan, dan penelitian. Adapun menelaah memiliki arti mempelajari, menyelidiki, mengkaji, memeriksa, dan menilik. Dari beberapa pengertian tersebut, apakah kalian dapat memiliki gambaran tentang bagaimana cara untuk menelaah teks tanggapan kritis?

Cara menelaah teks tanggapan kritis dapat dimulai dengan menyimpulkan hal yang dikritisi dalam teks tersebut. Dengan begitu, kalian dapat mudah melakukan penelaahan. Penelaahan dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut.

  1. Memeriksa struktur dan unsur kebahasaan yang ada dalam teks tanggapan kritis.
  2. Memeriksa kesatuan gagasan dalam teks tanggapan kritis.
  3. Mengkaji lebih dalam tentang hal yang dikritisi dalam teks tanggapan kritis.
  4. Menentukan kesesuaian antara alasan dan data yang digunakan untuk mengkritisi suatu masalah.

Mari perhatikan teks tanggapan kritis berjudul ”Tren K-pop bagi Remaja Indonesia”. Coba kalian telaah isi teks tersebut. Apa hasil telaah kalian? Kalian dapat memperhatikan paparan tentang K-pop pada teks tersebut yang ternyata belum selesai. Akhir dari teks menggantung begitu saja. Tidak ada tanggapan yang dipaparkan dalam teks. Teks tersebut hanya menjelaskan tentang alasan dampak dan pengaruh K-pop bagi remaja Indonesia. Seharusnya, teks tanggapan kritis ini memuat tanggapan (pembaca terhadap penulis). Tanggapan dapat berupa persetujuan atau penolakan terhadap alasan-alasan yang dipaparkan dalam teks.

Dengan menelaah teks, kekurangan teks tersebut dapat diketahui dan alangkah baiknya dapat dilengkapi. Adapun kelengkapan tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan paragraf baru seperti berikut ini.

 ”Sebagai penanggap, saya sepakat dengan alasan yang menyatakan bahwa musik K-pop memiliki dampak negatif. Akan tetapi, tidak semua berdampak negatif. Banyak pengaruh positif dari keberadaan K-pop tersebut. Meskipun demikian, para pecinta K-pop terutama remaja perlu cerdas dalam melihat sisi negatif dan positif dari K-pop.

Di samping itu, orangtua juga harus memberikan bimbingan tentang kewajiban seorang remaja, terutama dalam belajar. Walaupun menggemari K-pop, sebaiknya jadilah penggemar yang cerdas dalam memilih hal yang bermanfaat dan tidak. Menjadi seorang fanatisme K-pop boleh saja, asalkan tetap memahami batasan sehingga tidak merugikan siapa pun dan selalu mengutamakan rasa cinta serta bangga terhadap karya dan budaya bangsa sendiri.”

Poin Penting

  1. Cara menelaah teks tanggapan kritis dapat dimulai dengan menyimpulkan hal yang dikritisi dalam teks. Dengan memahami isi teks, kita dapat mudah melakukan penelaahan.
  2. Penelaahan teks tanggapan kritis dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut.
    a. Memeriksa struktur dan unsur kebahasaan yang ada dalam teks tanggapan kritis.
    b. Memeriksa kesatuan gagasan dalam teks tanggapan kritis.
    c. Mengkaji lebih dalam tentang hal yang dikritisi dalam teks tanggapan kritis.
    d. Menentukan kesesuaian antara alasan dan data yang digunakan untuk mengkritisi suatu masalah.

Menyunting dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis

Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menyunting dan merevisi teks tanggapan kritis dengan memperhatikan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


Kita tiba di topik-topik akhir semester ini. Kalian pasti sudah paham struktur, ciri bahasa, bahkan sudah bisa membandingkan teks dan menelaah teks. Kali ini, pengetahuan akan struktur dan bahasa tersebut akan kalian gunakan untuk menyunting dan merevisi teks. Sebelumnya, perhatikanlah teks berikut ini.

Setiap orang turut serta dalam perkembangan teknologi. Semakin canggih suatu teknologi, semakin mudah juga untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah dalam mencari informasi dan berkomunikasi. Kemajuan teknologi yang paling terasa adalah perkembangan teknologi pada telepon genggam yang sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, terutama pelajar. Perkembangan ini ternyata membawa dampak dan pengaruh terhadap pelajar dan lingkungannya.

Telepon genggam digunakan oleh pelajar untuk sarana informasi, pendidikan dan hiburan. Alasan pelajar menggunakan telepon genggam sangat beragam. Salah satunya adalah untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga serta mengikuti tren masa kini agar tidak ketinggalan. Telepon genggam yang dapat mengakses internet memudahkan pelajar untuk mencari informasi saat mengerjakan tugas. Banyak pelajar-pelajar yang menyalin informasi dari internet untuk menyelesaikan tugas sekolah. Seharusnya, pelajar tetap membuat tugas dengan pemahaman dan pengetahuannya sendiri. Internet hanya sebagai referensi saja. Internet memang menambah wawasan tetapi memberikan efek malas dalam berpikir.

Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian menemukan hal yang tidak tepat dalam teks itu?

Mari Kita Analisis

Perhatikan kembali teks tersebut secara keseluruhan. Teks tersebut belum menyampaikan gagasan secara utuh. Teks tersebut memerlukan beberapa paragraf untuk memaparkan tanggapan kritis terhadap penggunaan telepon genggam di kalangan pelajar. Penambahan paragraf ini menjadi cara untuk merevisi teks tanggapan kritis.

Dalam KBBI (2008) revisi dapat diartikan sebagai peninjauan (pemeriksaan) kembali untuk perbaikan. Adapun merevisi adalah memperbaiki atau memperbarui. Berdasarkan pengertian inilah, kalian dapat merevisi teks tanggapan kritis dengan memperbaiki teks tersebut. Perbaikan teks dapat dilihat dari sisi struktur atau unsur kebahasaan yang ada pada teks. Selain itu, perbaikan teks dapat dilakukan pada teks yang belum padu. Kalian perhatikan pula dengan saksama dalam penulisan kata, tanda baca, atau kalimat pada teks tersebut. Ada beberapa kesalahan yang perlu kalian perbaiki.

Perhatikan kalimat ”Telepon genggam digunakan oleh pelajar untuk sarana informasi, pendidikan dan hiburan.” yang ada pada paragraf kedua. Kalimat tersebut perlu disunting dengan menambahkan tanda koma (,) sebelum kata dan. Kalimat tersebut menunjukkan perincian sehingga perlu tanda koma di antara unsur-unsur perincian tersebut. Jadi, kalimat yang tepat adalah,
Telepon genggam digunakan oleh pelajar untuk sarana informasi, pendidikan, dan hiburan.

Selain itu perhatikan pula kalimat ”Banyak pelajar-pelajar yang menyalin informasi dari internet untuk menyelesaikan tugas sekolah” yang ada pada paragraf ketiga. Kalimat tersebut menunjukkan bentuk pleonasme yang merupakan majas yang menambahkan keterangan pada pernyataan yang sudah jelas. Keterangan tersebut sebenarnya tidak diperlukan.

Penggunaan kata banyak dan pelajar-pelajar menunjukkan makna yang sama yaitu, banyak. Dengan demikian, pilih salah satu penggunaan kata yang tepat. Misalnya, pelajar-pelajar diubah menjadi pelajar sehingga kalimat menjadi banyak pelajar yang menyalin informasi dari internet untuk mengerjakan tugas.

Poin Penting

Cara menyunting dan merevisi teks tanggapan kritis adalah:

1. Bacalah teks dengan cermat.
2. Temukan kekurangan yang ada pada teks,terutama kekurangan dalam ejaan, pilihan kata, kepaduan kalimat, dan aturan bahasa lainnya.
3. Perbaikilah kekurangan dari teks tersebut dengan menyesuaikan dengan aturan tatanan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Periksa kembali hasil perbaikan atau penyuntingan teks dengan cermat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *