Menangkap Makna, Identifikasi, dan Menyusun Teks Ulasan

By | April 14, 2020

Menangkap Makna, Identifikasi, dan Menyusun Teks Ulasan – Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menangkap makna teks ulasan, baik secara lisan maupun tulisan.

Menangkap Makna, Identifikasi, dan Menyusun Teks Ulasan

Menangkap Makna, Identifikasi, dan Menyusun Teks Ulasan

Menangkap Makna Teks Ulasan

Bacalah puisi berikut ini!

Setelah membacanya, pesan apa yang akan kamu sampaikan berdasarkan puisi di atas? Apakah Puisi berjudul “Ibu” karya Puspa adalah puisi yang mengisyaratkan bahwa seorang ibu adalah segala-galanya bagi si anak. yang akan kamu sampaikan? Apabila iya, artinya kamu telah mengungkapkan sebuah amanat yang dapat diteladani untuk para pembaca.

Tinjauan yang kamu kemukakan di atas termasuk ke dalam bagian teks ulasan. Hayo, siapa yang masih ingat apa itu teks ulasan? Teks ulasan atau review text adalah teks yang berisi sebuah tinjauan yang dihasilkan dari analisis berbagai hal yang berkaitan dengan sebuah karya. Teks ulasan biasanya memilih karya sastra sebagai objek tinjauannya, baik puisi, prosa, maupun drama. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk objek lainnya, misalnya, film. Dengan demikian, secara sederhana teks ulasan adalah teks yang berisi sebuah tinjauan tentang sebuah karya.

Sebuah tinjauan pasti memiliki sebuah makna yang ingin dibagikan oleh penulisnya, tidak terkecuali teks ulasan. Pertanyaannya adalah bagaimanakah cara kita untuk menangkap makna dari sebuah teks ulasan yang ada Menangkap makna teks ulasan adalah memahami pesan yang terkandung dalam teks tersebut, baik dilihat dari sudut pandang isi, pesan moral dari si penulis teks, maupun amanat yang terkandung dalam teks asli itu sendiri. Dengan demikian, ketika sudah menangkap makna teks ulasan, artinya, kita sudah mampu untuk menemukan pesan moral atau amanat yang terdapat di dalamnya. Apabila sudah mampu menemukan pesan moral dan amanat, kita berarti sudah benar-benar paham isi teks ulasan tersebut.

Cara menangkap makna dari sebuah teks ulasan dapat dilakukan dengan mengkaji beberapa hal berikut ini.
1. Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur teks ulasan
Struktur Teks Ulasan

Pesan yang terkandung dalam teks ulasan, bisa terdapat dalam semua bagian struktur teks. Akan tetapi, bagian yang berpotensi besar terdapatnya pesan tersebut adalah pada bagian rangkuman. Hal tersebut disebabkan pada bagian rangkuman ini penulis memberikan simpulan akhir tentang karya yang ditinjau.

2. Pengetahuan dan pemahaman tentang isi teks ulasan
Pengetahuan dan pemahaman isi teks ulasan dapat dilakukan dengan menemukan pokok pembicaraan yang terdapat dalam tiap bagian struktur teks. Penemuan pokok pembicaraan tersebut akan sangat bertalian dengan penemuan gagasan pokok tiap bagiannya.

Perhatikan contoh berikut ini!

Judul : Jangan Buang Ibu, Nak…
Penulis : Wahyu Derapriyangga
Penerbit : Wahyu Qolbu
Tebal : 129 Halaman
Genre : Fiksi
Cetakan 1 : Jakarta, 2014


Poin Penting

Menangkap makna teks ulasan adalah menangkap pesan moral dan amanat yang ada dalam teks yang disampaikan oleh penulis teks ulasan tersebut. Selain menangkap pesan moral dan amanat penulis, menangkap makna teks ulasan adalah menangkap isi teks ulasan itu sendiri.

Identifikasi Teks Ulasan

Pada materi sebelumnya, kita telah mempelajari cara menyusun teks diskusi dan teks biografi. Kedua teks itu tentu memiliki karakteristik struktur yang berbeda. Teks diskusi lebih menitikberatkan pada adanya perbedaaan pendapat terhadap suatu masalah tertentu. Lain halnya dengan teks biografi. Teks biografi merupakan teks yang menjabarkan kisah seseorang yang di dalamnya, bukan hanya menjabarkan data diri atas orang tersebut, tetapi juga peristiwa dan masalah yang dialaminya.

Dalam materi kita selanjutnya, kita akan belajar mengidentifikasi teks ulasan. Teks ulasan adalah teks yang berisi analisis atau tinjauan terhadap berbagai karya, seperti buku, novel, dan film. Tinjauan dan analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan atas karya tersebut yang ditujukan untuk para pembaca.

Teks ulasan memiliki ciri khas dalam struktur dan kebahasaan. Struktur dalam teks ulasan mencakup orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Orientasi adalah gambaran umum atau informasi umum terhadap suatu karya. Tafsiran adalah hasil mencerna/ mengupas isi buku, atau sinopsis novel atau film yang diulas. Adapun evaluasi berisi ulasan kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam suatu karya. Lalu, rangkuman merupakan kesimpulan yang berisi pendapat penulis terhadap buku, novel, atau pun yang dianalisis. Kesimpulan ini didasarkan pada analisis kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada karya tersebut.

Perhatikan contoh naskah berikut ini




Selain struktur, teks ulasan juga memiliki ciri kebahasaan. Ciri kebahasaan yang terdapat pada teks ulasan adalah sebagai berikut.

1. Teks ulasan menggunakan banyak kata sifat dalam penjabarannya. Contohnya adalah sebagai berikut.

• Film Merry Riana adalah film yang diangkat dari kisah nyata Merry Riana, motivator ternama di Indonesia.

• Mendaftar kuliah di Singapura bukan perkara mudah bagi Merry karena uang yang dimilikinya tidaklah cukup.

Kata-kata yang bercetak tebal di atas merupakan kata sifat. Kata sifat adalah kata-kata yang secara gramatikal bisa disisipi kata sangat dan lebih. Kata sifat ini digunakan dalam teks ulasan sebagai bentuk penggambaran keadaan cerita tokoh, serta penilaian pembuat teks ulasan terhadap film yang diulas.

2. Teks ulasan menggunakan majas metafora. Majas metafora adalah majas perbandingan dan menggunakan makna kias (makna bukan sebenarnya). Majas ini membandingkan antara benda yang satu dengan yang lainnya yang memiliki kesamaan. Contohnya sebagai berikut.

• Karena kerusuhan itu, Merry lalu dikirim paksa[?>> oleh ayahnya ke Singapura untuk menemui pamannya, Paman Hans.

• Berkali-kali mereka berhasil mengumpulkan uang dari bermain saham.

• Selain itu, di dalam novelnya, kisahnya lebih menitikberatkan pada kerja keras untuk mencapai kesuksesan.

3. Teks ulasan menggunakan kata rujukan partisipan.Kata rujukan partisipan adalah kata ganti orang yang digunakan untuk merujuk atau mengganti kata sebelumnya, seperti ia, mereka, dan nya. Contohnya adalah sebagai berikut.

• Karena kerusuhan itu, Merry lalu dikirim paksa oleh ayahnya ke Singapura untuk menemui pamanNiMN.9nya, Paman Hans.

• Singkat cerita Merry dan Alva mencari tambahan uang dengan cara bermain saham. Berkali-kali mereka berhasil mengumpulkan uang dari bermain saham.

4. Teks ulasan menggunakan kalimat majemuk, baik setara, maupun bertingkat. Contohnya adalah sebagai berikut.

• Film Merry Riana adalah film yang diangkat dari kisah nyata Merry Riana, motivator ternama di Indonesia, yang memperoleh penghasilan 1 juta dolar pada usia 26 tahun. (majemuk bertingkat)

• Sebelum film ini diproduksi, sebenarnya kisah kehidupan Merry Riana sudah dibukukan dalam sebuah novel yang berjudul Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar.(majemuk bertingkat)

• Singkat cerita akhirnya Merry tinggal di asrama bersama Irene, dan tanpa direncanakan akhirnya ia mendaftar kuliah di Nanyang University.(majemuk bertingkat)

• Terutama ketika kisah cinta mereka diangkat, keduanya seperti ada magnet sehingga mampu menyihir penonton untuk ikut terbawa perasaan. (majemuk bertingkat)

Poin penting

Teks ulasan adalah teks yang berisi analisis atau tinjauan terhadap berbagai karya, seperti buku, novel, dan film. Tinjauan dan analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan atas karya tersebut yang ditujukan untuk para pembaca. Teks ulasan memiliki ciri pada struktur dan kebahasaan. Struktur dalam teks ulasan mencakup orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Sedangkan ciri kebahasaaan yang terdapat pada teks ulasan adalah penggunaan kata sifat, majas metafora, kalimat majemuk, dan kata rujukan.

Menyusun Teks Ulasan

Hari ini kita akan sama-sama belajar bagaimana teknik menyusun teks ulasan dengan baik. Sebelumnya mari kita memahami dulu pengertian teks ulasan. Teks ulasan ialah teks yang berisi sebuah penilaian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah karya sastra. Karya sastra yang dimaksud dalam hal ini dapat berupa cerpen, novel, film, drama, ataupun puisi.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Sebelum mengulas sebuah karya sastra, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu topik yang akan kita ulas, kemudian kita memberi sebuah penafsiran (penjelasan). Setelah itu, kita dapat menemukan kekurangan dan kelebihan sebuah karya sastra. Sehingga tujuan akhirnya memberi simpulan berupa rekomendasi apakah sebuah karya sastra layak dibaca/ tidak, ditonton/ tidak.

Perhatikan Contoh Teks

“Sang Pemimpi” adalah cerminan sosok remaja yang membuktikan bahwa untuk mengejar cita-cita kita harus memiliki mimpi dan daya juang yang besar dalam hidup. Kekayaan bukanlah modal utama untuk meraih cita-cita. Asalkan kita pandai dan mau berjuang cita-cita kita akan tercapai. Begitu apiknya Andrea Hirata menggambarkan sosok Arai dan Ikal pada novel ini sebagai sosok pemuda Indonesia yang optimis, penuh daya juang, unik, dan cerdas meskipun berasal dari daerah terpencil dan hidup pas-pasan sebagai anak buruh tambang belerang di Belitung. Namun, mereka mampu mengejar cita-cita sampai ke Universitas Sorbonne Perancis dengan beasiswa. Pantaslah bila buku ini diangkat dalam film layar lebar dan wajib dibaca seluruh anak Indonesia.

Mari Analisis

Bila kita amati, paragraf di atas merupakan contoh sebuah teks ulasan. Hal itu berdasarkan alasan berikut ini.

  1. Berisi kata-kata yang menyatakan subjektivitas dan keberpihakan penulis.
    Contohnya: pantaslah bila … , begitu apiknya … , dan sebagainya.
  2. Terdapat penggunaan kata yang menyatakan persetujuan/penolakan.
    Contohnya : Pantaslah bila buku ini diangkat dalam film layar lebar dan wajib dibaca seluruh anak Indonesia.
  3. Terdiri atas struktur teks ulasan:a. Orientasi
    Judul buku yang diulas ialah Sang Pemimpi.

    b. Tafsiran
    Cerminan sosok remaja yang membuktikan bahwa untuk mengejar cita-cita kita harus memiliki mimpi dan daya juang yang besar dalam hidup.

    c. Evaluasi
    Begitu apiknya Andrea Hirata menggambarkan sosok Arai dan Ikal pada novel ini sebagai sosok pemuda Indonesia yang optimis, penuh daya juang, unik, dan cerdas meskipun berasal dari daerah terpencil dan hidup pas-pasan sebagai anak buruh tambang belerang di Belitung. Namun, mereka mampu mengejar cita-cita sampai ke Universitas Sorbonne Perancis dengan beasiswa.

    d. Rangkuman
    Pantaslah bila buku ini diangkat dalam film layar lebar dan wajib dibaca seluruh anak Indonesia.

Poin Penting

  1. Teks ulasan ialah teks yang berisi sebuah penilaian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah karya sastra.
  2. Struktur teks ulasan a. Orientasi : menggambarkan isi secara keseluruhan (judul atau topik cerita). b. Tafsiran : menyatakan topik yang akan diulas. c. Evaluasi : menyatakan keberpihakan penulis terhadap tulisan atau karya sastra yang sedang dibahas. d. Simpulan : menegaskan kembali keberpihakan penulis dalam tulisan atau karya sastra tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *