Langkah-Langkah Menyusun Teks Prosedur

By | April 13, 2020

Langkah-Langkah Menyusun Teks Prosedur – Bila beberapa waktu yang lalu kita sudah memahami struktur teks prosedur dan cara mengidentifikasinya. Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari bagaimana langkah-langkah menyusun teks prosedur.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Prosedur

Langkah-Langkah Menyusun Teks Prosedur

Perhatikan bagan di bawah ini.

Langkah-langkah menyusun teks prosedur dimulai dari menentukan topik yang akan ditulis kemudian mengumpulkan sumber informasi. Sumber informasi dapat berasal dari media cetak/ elektronik/ lisan (wawancara). Setelah itu sumber informasi yang telah kita kumpulkan lalu kita kembangkan dalam langkah-langkah teks prosedur. Ingat, langkah-langkah ini harus saling berkaitan satu dengan yang lain. Terakhir baru langkah-langkah tersebut kita susun dalam sebuah teks prosedur.

Mari Kita Menulis

Anggap saja kalian akan membuat teks prosedur cara menjernihkan air sehingga air yang semula keruh dapat berubah menjadi jernih, langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Menentukan topik
Topik yang akan dibahas pada teks prosedur ialah cara menjernihkan air. Topik didapat dari tujuan pembuatan teks prosedur yaitu cara menjernihkan air sehingga air yang semula keruh dapat berubah menjadi jernih!

2. Mengumpulkan sumber informasi
Sumber informasi bisa didapatkan dari wawancara dengan dinas perairan, melihat tutorial pembuatan alat untuk menjernihkan air yang ada di media elektronik (televisi internet, dsbnya), membaca buku / majalah yang berkaitan dengan informasi cara menjernihkan air.

3. Mengembangkan informasi ke dalam langkah-langkah
Informasi yang sudah diperoleh dikembangkan dalam sebuah langkah-langkah teks prosedur yang terdiri dari bagian atau biasa kita sebut kerangka terdiri atas:
a. Pendahuluan
Berisi pernyataan mengapa tertarik menulis cara menjernihkan air
b. Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk menjernihkan air
c. Prosedur kerja / cara membuat alat untuk menjernihkan air
Berisi tahapan membuat alat menjernihkan air

4. Menyusun teks prosedur
Tuliskan teks dengan struktur yang runut.

Maka jadilah teks prosedur seperti di bawah ini.

PENDAHULUAN
Semakin banyaknya sumber air yang tercemar limbah baik di desa maupun di kota, memaksa kita harus memiliki ide kreatif mencari sumber air bersih yang lain. Salah satunya mengetahui cara menjernihkan air secara benar.

ALAT DAN BAHAN
Bahan yang disiapkan : 10 kg arang batok dan ijuk, pasir beton halus, batu kerikil, 2 buah kran 1 inci, dan bebatuan berdiameter 2-3cm (semua bahan dibersihkan)
Alat yang dibutuhkan : 1 buah bak penampungan dan 1 buah drum bekas
PROSEDUR KERJA

Cara membuat:
1. Siapkan bak dari drum bekas dengan kedalaman 1 meter sebagai bak penampungan.
2. Pasang kran setinggi 5 cm dan isi dengan ijuk, pasir, ijuk tebal, pasir halus, arang batok kelapa, kerikil, dan bebatuan.
3. Air yang akan kita jernihkan dialirkan ke dalam bak penampungan, sebelumnya pada pintu masuk diberi kawat kasa untuk menyaring kotoran.
4. Setelah penuh, air dialirkan ke bak penyaringan air.
5. Kemudian kran yang terletak di bawah bak dibuka, beberapa menit kemudian air akan keluar. Mula-mula air agak keruh, setelah beberapa waktu akan jernih . buka terus kran dengan aliran kecil agar air keluar jernih.

Teks prosedur di atas cocok dibuat, dibaca, dan dipakai oleh lembaga dinas kebersihan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berkecimpung dalam aktivitas pecinta lingkungan, atau siswa siswi SMP seperti kalian yang sedang belajar bagaimana cara menjernihkan air. Namun, bila yang membaca seorang pedagang atau pegawai keuangan jelas teks prosedur ini tidak menarik. Oleh karena itu teks prosedur yang akan kita buat harus diketahui benar siapa yang akan membacanya. Sebab hal ini terkait juga dengan kemampuan penguasaan dan cara memahami sebuah instruksi (perintah).

Poin Penting

  1. Langkah-langkah dalam menulis teks prossedur meliputi:
    a. Menentukan topik
    b. Mengumpulkan sumber informasi Sumber informasi didapat dari media cetak/ elektronik, dan wawancara dengan pihak yang terkait.
    c. Mengembangkan sumber informasi ke dalam langkah-langkah
    d. Menyusun teks prosedur
  2. Hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks prosedur:
    a. Menggunakan kata-kata/ kalimat yang sesuai dengan karakter teks prosedur.
    b. Instruksi harus jelas
    c. Bahasa yang digunakan sesuai dengan calon pembaca teks prosedur
    d. Urutan harus sistematis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *