Menyimpulkan dan Menentukan Pokok-Pokok Bacaan

By | April 4, 2020

Menyimpulkan dan Menentukan Pokok-Pokok Bacaan – Pernahkah kalian menyimpulkan isi bacaan yang sudah kalian baca? Bagaimana dengan menyimpulkan bacaan dari proses membaca cepat? Dalam pembahasan kali ini, kalian akan belajar cara menyimpulkan isi bacaan dari kegiatan membaca cepat yang sudah dilakukan.

Menyimpulkan dan Menentukan Pokok-Pokok Bacaan

Menyimpulkan dan Menentukan Pokok-Pokok Bacaan

Kegiatan membaca cepat dapat membantu kalian untuk bisa mendapatkan informasi dan pokok bacaan dengan cepat. Latihan membaca cepat bisa membantu kalian bila suatu saat kalian membutuhkan informasi yang cepat dari sebuah bacaan. Jadi, dengan membaca cepat, kalian tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu.

Setelah melakukan proses membaca cepat dan mendapatkan pokok bacaan baik secara keseluruha atau setiap paragraf, kalian juga sebaiknya bisa untuk menyimpulkan isi bacaan tersebut. menyimpulkan isi bacaan merupakan kegiatan yang akan membuktikan hasil proses membaca kalian.

Langkah-Langkah dalam Menyimpulkan Isi Bacaan

Untuk bisa menyimpulkan sebuah bacaan atau teks yang sudah dibaca dengan teknik membaca cepat, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti. Berikut langkah-langkah dalam menyimpulkan isi bacaan.

1. Membaca setiap paragraf

Dalam membaca cepat, mungkin kalian akan berusaha untuk meloncati setiap paragraf dengan cepat. Tetapi, sebaiknya kalian bisa membaca dengan cepat setiap paragraf untuk bisa mendapatkan inti atau pikiran pokok dari paragraf tersebut.

2. Menentukan pokok pikiran atau gagasan utama

Pokok pikiran atau gagasan utama dari sebuah paragraf terdapat di dalam kalimat utama. Jadi tentukan terlebih dahulu kalimat utamanya kemudian baru ambil pokok pikiran atau gagasan utamanya.

3. Menyimpulkan isi paragraf atau bacaan

Setelah mendapatkan pokok pikiran dari masing-masing paragraf, kalian sudah bisa mulai untuk menyimpulkan isi bacaan. Susunlah simpulan bacaan dengan kalimat yang baik dan benar.

Syarat Membuat Simpulan

      Untuk menulis sebuah simpulan yang baik, berikut beberapa syarat atau kriteria dalam menulis simpula sebuah bacaan.

  • Simpulan yang ditulis memberikan gambaran tentang isi bacaan.
  • Simpulan hanya berisi berbagai hal yang terdapat di dalam bacaan.
  • Simpulan merupakan isi dari hasil analisis dari bacaan tersebut.

Perhatikan Contoh

Perhatikan contoh bacaan di bawah ini!

Berikut contoh cara menyimpulkan bacaan di atas.

  • Kalimat utama dari paragraf pertama adalah “Gotong royong merupakan sebuah warisan berharga nenek moyang yang menjadi salah satu ciri masyarakat Indonesia”. Gagasan utama atau ide pokok dari paragraf ini adalah “Makna gotong royong”.
  • Kalimat utama dari paragraf kedua adalah “Kegiatan gotong royong juga bisa dilihat dari salah satu kegiatan yang diselenggarakan di SMP 1 Mulyasari”. Gagasan utamanya adala “contoh nyata gotong royong”.
  • Simpulan dari bacaan berjudul “Gotong Royong” tersebut adalah “Gotong royong merupakan salah satu ciri khas masyarakat Indonesia yang positif dan mampu menumbuhkan rasa ingin saling membantu seperti aktivitas membersihkan sekolah yang dilakukan oleh semua warga sekolah SMP 1Mulyasari”.

Poin Penting

  1. Salah satu hasil dari proses membaca cepat adalah dapat menyimpulkan isi bacaan.
  2. Menyimpulkan isi bacaan harus dengan kalimat yang benar, tepat, dan sesuai isi bacaan.
  3. Terdapat beberapa langkah dalam menyimpulkan bacaan.
  4. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuat simpulan isi bacaan.

Pernahkah kalian melakukan proses membaca cepat dan kemudian menentukan pokok-pokok bacaan? Membaca cepat sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mencari ide pokok dari bacaan atau apa yang ingin disampaikan oleh penulis bacaan tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menentukan pokok-pokok dar bacaan yang kita baca dengan cepat.

Membaca Cepat

Sebelum kita membahas tentang cara menentukan topik-topik bacaan, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu penjelasan tentang membaca cepat. Membaca cepat adalah sebuah proses untuk memahami isi bacaan dengan kecepatan yang tinggi. Keuntungan dari membaca cepat adalah lebih efisien dari segi waktu dan lebih banyak pemahaman tentang bacaan tersebut. Membaca cepat bisa dilakukan dengan dua teknik yaitu teknik scanning dan teknik skimming.

1. Teknik Membaca Scanning

Teknik membaca scanning atau memindai adalah membaca secara cepat, meloncat-loncat, dan tidak membaca kata demi kata. Seseorang melakukan membaca scanning untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Beberapa langkau yang bisa dilakukan dalam membaca scanning adalah sebagai berikut.

  • Cari kata-kata dengan huruf miring, bercetak tebal, dan kata yang diketik dengan bentuk yang berbeda.
  • Selalu perhatikan penggunaan dari urutan seperti langkah-langkah, pertama, angka, huruf, dan lain-lain.
  • Perhatikan bagian akhir paragraf karena kadang-kadang penulis akan menempatkan gagasan atau pokok bahasan di sana.

2. Teknik Membaca Skimming

Membaca skimming artinya membaca dengan sangat cepat untuk mencari informasi, ide pokok, gagasan, dan apa yang hendak didsampaikan oleh penulis. Membaca skimming juga bisa dilakukan untuk mengetahui apakah sebuah bacaan akan dibaca dengan teliti nantinya, menarik atau tidaknya. Beberapa langkah dalam membaca skimming di antaranya sebagai berikut.

  • Untuk mendapatkan apa yang dibahasa dalam bacaan dengan cepat, bacalah judul, subjudul, serta subheadingnya.
  • Membaca bagian awal dan akhir dari paragraf.
  • Cari kata kunci dari bacaan dan tidak membaca kata demi kata.
  • Jika dalam bacaan terdapat gambar dan ilustrasi, perhatikan dengan baik dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tambahan dari bacaan melalui gambar tersebut.
  • Pikirkan tentang pokok bacaan dalam teks tersebut.

Menentukan Pokok Bacaan

Pokok bacaan atau die pokok atau disebut juga dengan gagasan umum merupakan inti penting dari setiap bacaan dan bahkan dari setiap paragrafnya. Setiap paragraf dalam bacaan memiliki gagasan atau pokok bacaannya masing-masing, dan merujuk pada satu ide pokok dari keseluruhan isi bacaan.

      Menentukan pokok bacaan juga menjadi salah satu tujuan dari proses membaca cepat. Untuk menentukan pokok-pokok dari sebuah bacaan, berikut langkah-langkahnya.

  • Mencari pernyataan umum dari bacaan. Sebuah bacaan dan setiap paragrafnya pasti memiliki pernyataan umum. Selain pernyataan umum, carilah juga kalimat lain yang mendukung pernyataan umum tersebut.
  • Baca dengan cepat atau teliti. Maksudnya adalah, untuk pokok bacaan yang mudah ditemukan, kalian bisa membaca bacaan tersebut dengan cepat. Akan tetapi, bila pokok bacaan cukup sulit untuk ditemukan, sebaiknya cobalah untuk membaca dengan lebih teliti dan kecepatannya diturunkan.

Perhatikan Contoh

Perhatikan contoh teks berikut ini!

Berikut langkah menentukan pokok bacaan dari teks di atas.

  • Kalimat utama dari paragraf pertama adalah “Gotong royong merupakan sebuah warisan berharga nenek moyang yang menjadi salah satu ciri masyarakat Indonesia”. Gagasan utama atau ide pokok dari paragraf ini adalah “Makna gotong royong”.
  • Kalimat utama dari paragraf kedua adalah “Kegiatan gotong royong juga bisa dilihat dari salah satu kegiatan yang diselenggarakan di SMP 1 Mulyasari”. Gagasan utamanya adalah “contoh nyata gotong royong”.

Poin Penting

  1. Membaca cepat bertujuan untuk mendapatkan pokok bacaan dan informasi dalam bacaan dengan cepat.
  2. Membaca cepat bisa dilakukan dengan dua teknik yaitu scanning dan skimming.
  3. Pokok bacaan merupakan gagasan umum yang ingin disampaikan penulis.
  4. Cari terlebih dahulu pernyataan umum untuk menemukan pokok bacaan yang dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *