Menemukan Kata yang Dirujuk dan Informasi dengan Panduan Indeks

By | April 2, 2020

Menemukan Kata yang Dirujuk dan Informasi dengan Panduan Indeks – Pernahkah kamu ditugaskan untuk mencari kata tertentu dalam sebuah buku? Tentu pernah, kan? Pada saat kamu akan mencari kata yang dirujuk, alat bantu apakah yang digunakan? Tentu saja indeks.

Menemukan Kata yang Dirujuk dan Informasi dengan Panduan Indeks

Menemukan Kata yang Dirujuk dan Informasi dengan Panduan Indeks

Hampir setiap buku memiliki indeks. Indeks terletak pada halaman terakhir sebuah buku. Indeks berisi daftar kata dan nama orang yang tersusun secara alfabetis, beserta letak halaman kata tersebut berada. Indeks memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengetahui keberadaan suatu kata dengan cepat. Itu berarti, kamu tidak perlu membaca keseluruhan teks yang terdapat pada buku untuk menemukan sebuah kata. Kamu dapat langsung mengecek indeks buku tersebut untuk mengetahui keberadaan kata tersebut.

Lalu bagaimana cara mencari kata yang dirujuk dalam indeks? Untuk menemukan kata yang dirujuk dalam indeks, ada beberapa cara yang dilakukan. Hal itu bergantung pada subjek kata yang dicari. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Jika subjek yang dirujuk adalah istilah atau kata, kamu tinggal mencari kata tersebut sesuai dengan urutan abjadnya. Berikut adalah contohnya.

      Ide pokok paragraf, 23

Pada contoh indeks tersebut, kata yang dicari adalah Ide pokok paragraf. Kata tersebut terdapat di halaman 23.

      Binatang langka, 44

Pada contoh indeks tersebut, kata yang dicari adalah binatang langka. Kata tersebut terdapat di halaman 44.

Ada pun jika kata yang dirujuk ini memiliki kata yang merupakan bagian dari subjek kata sebelumnya, penulisannya agak menjorok ke dalam. Berikut adalah contohnya.

Bentuk karangan, 44

  • narasi, 44
  • deskripsi, 44

Pada contoh indeks di atas, kata yang dirujuk adalah bentuk karangan. Kata tersebut terdapat di halaman 44. Kata ini memiliki perincian berupa kata narasi dan deskripsi. Kedua kata ini merupakan bagian dari subjek kata utamanya, yaitu bentuk karangan. Kata narasi dan deskripsi dapat ditemukan juga di halaman 44.

      Jika subjek yang dirujuk adalah nama orang, penulisannya harus dibalik. Nama belakang diletakkan di depan, sedangkan nama depan diletakkan di belakang. Berikut adalah contohnya.

      Anwar, Chairil, 40

      Agus, Rustam, 59

      Armana, Dian, 60

Indeks di atas mengandung arti bahwa nama Chairil Anwar bisa dicari di halaman 40. Ada pun Agus Rustam terdapat di halaman 59, sedangkan Dian Armana di halaman 60.

Poin Penting

  1. Dalam keseharian, kamu tentu pernah ingin mencari suatu kata tertentu dalam sebuah buku. Salah satu cara untuk menemukan kata tertentu dalam sebuah buku adalah dengan berpatokan pada indeks.
  2. Indeks berisi daftar kata yang tersusun secara alfabetis dan disertai dengan halaman kata itu berada.
  3. Isi indeks terdiri atas indeks subjek kata atau istilah dan nama orang.

Pernahkah kamu mengalami kesulitan untuk memahami makna kata suatu istilah pada saat kamu membaca buku? Pernahkah kamu merasa bingung pada saat kamu ingn mencari topik tertentu dalam sebuah buku? Apa yang kamu lakukan pada saat kamu mengalami hal tersebut? Jika hal tersebut terjadi padamu, cara yang termudah adalah langsung mengecek indeks. Apa itu indeks?

Indeks adalah bagian dari buku yang terletak pada halaman paling akhir. Tidak semua buku memiliki indeks. Indeks hanya terdapat pada buku-buku nonfiksi. Di dalam indeks tersebut terdapat berbagai istilah dan topik yang terdapat dalam suatu buku, dan tersusun secara alfabet. Pada indeks, selain daftar istilah dan topik, juga dicantumkan petunjuk halaman istilah dan topik tersebut ditemukan, contoh

Liberalisasi Ekonomi, 21

Contoh indeks di atas berarti bahwa istilah liberalisasi ekonomi terdapat pada halaman 21.

Indeks berfungsi untuk mempermudah pembaca memahami suatu istilah tertentu yang belum dipahami. Selain itu, indeks juga bermanfaat untuk membantu pembaca menemukan suatu istilah atau nama yang akan dicarinya secara cepat.

Lalu bagaimana cara mencari suatu istilah dengan menggunakan indeks? Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

1. Menentukan istilah atau nama yang akan dicari.
2. Mencari istilah tersebut di halaman indeks. Indeks biasanya terdapat di halaman belakang sebuah buku.
3. Mencari istilah yang ingin kamu ketahui lebih jauh itu, melalui daftar indeks. Cara mencarinya adalah dengan melihat abjad dari istilah tersebut, contoh istilah frase. Kata frase dimulai dengan abjad f maka kamu harus mencarinya pada urutan abjad f.
4. Melihat halaman yang tertera pada kata tersebut, contoh

      U
Unsur-unsur syair, 32-33

Pada contoh di atas, istilah yang terdapat pada indeks adalah unsur-unsur syair. Kata tersebut terdapat pada abjad U dan di halaman 32-33.

5. Memerhatika nomor halaman yang terdapat di samping istilah. Jika istilah itu muncul di banyak halaman, halaman yang tertera pada indeks akan semakin banyak, contoh:

      N
Novel, 43, 50, 60

Pada contoh indeks di atas, istilah novel terdapat pada halaman 43, 50, dan 60.

      Secara umum, ada beberapa informasi yang terdapat di dalam indeks, yakni sebagai berikut.

  • Indeks nama, misal nama pengarang atau nama seorang ahli. Penulisan indeks nama hampir mirip dengan cara penulisan daftar pustaka, yakni nama pengarang dibalik. Nama belakang diletakkan di depan. Setelah nama, barulah halaman letak nama tersebut berada, contoh

      A
Alisyahbana, Sutan Takdir, 20

      D
Damono, Sapardi Joko, 55

Pada contoh di atas, nama Sutan Takdir Alisyahbana terdapat pada indeks alfabet A dan terdapat pada halaman 20, sedangkan nama Sapardi Joko Damono terdapat pada alfabet D dan ada di halaman 55.

  • Indeks topik, yakni indeks yang berisi istilah pada suatu buku. Biasanya indeks topik ini bergantung pada jenis bukunya. Misalnya jika buku tersebut adalah buku bahasa maka istilah yang terdapat pada buku tersebut aalah istilah bahasa, contoh:

      K
Kalimat Majemuk, 29-30

Pada contoh indeks topik di atas, istilah kalimat majemuk terdapat pada alfabet K dan ada di halaman 29-30.

  • Perincian indeks topik, yakni indeks yang ditujukan untuk suatu istilah yang memiliki perincian. Perincian tersebut merupakan bagian dari suatu istilah, contoh:

      M
Kalimat Majemuk, 40
– Majemuk setara, 41
– Majemuk bertingkat, 42
– Majemuk campuran, 43

Pada contoh indeks di atas, istilah kalimat majemuk terdapat pada halaman 40. Kalimat majemuk memiliki perincian yang terdiri atas majemuk setara terdapat pada halaman 41, majemuk bertingkat ada di halaman 42, sedangkan majemuk campuran di halaman 43.

Poin Penting

  1. Indeks adalah bagian dari buku yang biasanya terletak di halaman belakang. Indeks berisi daftar istilah dan halaman tempat istilah itu berada. Istilah atau daftar nama yang terdapat pada indeks tersusun secara alfabet.
  2. Indeks berfungsi sebagai berikut.
  • Mempermudah pembaca memahami suatu istilah tertentu yang belum dipahami.
  • Membantu pembaca menemukan suatu istilah atau nama yang akan dicarinya secara cepat.
  1. Langkah mencari suatu istilah atau nama dalam indeks adalah sebagai berikut.
  • Tentukan istilah atau nama yang akan dicari.
  • Lalu carilah istilah tersebut di halaman indeks. Indeks biasanya terdapat di halaman belakang sebuah buku.
  • Selanjutnya carilah istilah yang ingin kamu ketahui lebih jauh itu, melalui daftar indeks. Cara mencarinya adalah dengan melihat abjad dari istilah tersebut.
  • Lihatlah halaman yang tertera pada kata tersebut.
  • Perhatikan nomor halaman yang terdapat di samping istilah. Jika istilah itu muncul di banyak halaman, maka halaman yang tertera pada indeks akan semakin banyak.
  1. Secara umum, ada beberapa informasi yang terdapat di dalam indeks, yakni sebagai berikut.
  • Indeks nama
  • Indeks topik
  • Perincian indeks topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *