Membandingkan Teks Diskusi Dengan Teks Biografi

By | April 13, 2020

Membandingkan Teks Diskusi Dengan Teks Biografi – Masih ingatkah kalian kita telah mempelajari struktur dan ciri teks diskusi dan teks biografi? Nah, pada pertemuan kali ini kita akan belajar mencari persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut.

Membandingkan Teks Diskusi Dengan Teks Biografi

Membandingkan Teks Diskusi Dengan Teks Biografi


Bila kita amati dengan saksama gambar di atas dapat menimbulkan dua persepsi berikut ini.

1. Apabila mereka sedang membicarakan sesuatu, ide yang mereka keluarkan merupakan opini/ argumen. Argumen/ opini merupakan dasar sebuah teks diskusi. Pada teks diskusi ada argumen yang menentang dan argumen yang mendukung. Oleh sebab itu teks diskusi biasanya berupa tulisan argumen/ opini.
2. Apabila yang mereka bicarakan adalah seorang tokoh terkenal seperti Presiden I Indonesia Bapak Soekarno, pengusaha Steve Jobs, dsbnya, mereka sedang membicarakan sebuah fakta. Fakta merupakan pengalaman hidup seseorang dan dasar sebuah teks biografi. Oleh sebab itu, biasanya teks biografi berupa tulisan narasi (menceritakan sesuatu).

Perhatikan contoh di bawah ini!

*Teks I *
Siapa tak kenal penulis cerita humoris satu ini? Ya, Raditya Dika, kepopulerannya diawali dari hobi menulis di blog tentang pengalaman hidup sehari-hari. Tulisan di blog pribadinya yang berjudul Kambing Jantan memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu di Indonesian Blog Award dan Indosat sebagai The Online Inspiring. Kedua penghargaan itu akhirnya berhasil mengubah tulisan di dunia maya menjadi sebuah novel. Tak salah bila dia menjadi salah satu juri di stand up comedy, tontonan bergengsi para humoris.
*Teks II *
Makanan fast food banyak digemari oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa. Bentuknya yang menarik dan rasanya yang nikmat membuat kita akan ketagihan menyantapnya setiap hari. Tetapi, yahukan kita bahaya yang ditimbulkan bila kita mengonsumsi secara terus-menerus. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dsbnya. Jadi bolehlah sekali dua kali kita menikmati sensasi kenikmatan fast food tapi jangan sampai ketagihan.

Mari analisis

Teks I
• Merupakan teks biografi karena terdiri atas orientasi, peristiwa/masalah, dan reorientasi.
Siapa tak kenal penulis cerita humoris satu ini? Ya, Raditya Dika, kepopulerannya diawali dari hobi menulis di blog tentang pengalaman hidup sehari-hari. = orientasi
Tulisan di blog pribadinya yang berjudul Kambing Jantan memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu di Indonesian Blog Award dan Indosat sebagai The Online Inspiring. Kedua penghargaan itu akhirnya berhasil mengubah tulisan di dunia maya menjadi sebuah novel. = peristiwa
Tak salah bila dia menjadi salah satu juri di stand up comedy, tontonan bergengsi para humoris. = orientasi (pandangan penulis)

Teks II
• Merupakan teks diskusi karena berisi isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan simpulan/ rekomendasi.
Makanan fast food banyak digemari oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa. = isu
Bentuknya yang menarik dan rasanya yang nikmat membuat kita akan ketagihan menyantapnya setiap hari. = argumen mendukung
Tetapi, tahukah kita bahaya yang ditimbulkan bila kita mengonsumsi secara terus-menerus. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dsbnya. = argumen menentang
Jadi bolehlah sekali dua kali kita menikmati sensasi kenikmatan fast food tapi jangan sampai ketagihan. = simpulan/rekomendasi
Maka, perbedaan teks I dan teks II yang tepat ialah Teks I terdapat fakta berupa pengalaman hidup seseorang sedangkan teks II terdapat arumrn / opini tentang sesuatu hal.

Point Penting

  1. Teks diskusi berisi argumen/ opini. Biasa dinamakan argumen dua sisi. • Struktur teks diskusi meliputi isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan simpulan/ rekomendasi.
  2. Teks biografi berisi fakta tentang pengalaman hidup seseorang. • Struktur teks biografi meliputi orientasi, peristiwa/masalah, dan reorientasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *