Membandingkan Teks Ulasan Dengan Teks Diskusi, Prosedur, Biografi, dan Fabel

By | April 14, 2020

Membandingkan Teks Ulasan Dengan Teks Diskusi, Prosedur, Biografi, dan Fabel – Kalian tentu sudah mempelajari teks ulasan dan teks diskusi, bukan? Sudahkah kalian mempraktikkan menulis kedua teks tersebut? kali ini kita akan membahas persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut.

Membandingkan Teks Ulasan Dengan Teks Diskusi, Prosedur, Biografi, dan Fabel

Membandingkan Teks Ulasan Dengan Teks Diskusi, Prosedur, Biografi, dan Fabel

Membandingkan teks ulasan dengan teks diskusi dimaksudkan agar kalian mampu membedakan teks dari berbagai unsurnya sebagaimana yang telah kalian pelajari sebelumnya. Pada dasarnya, kegiatan membandingkan dilakukan untuk mengetahui perbedaan, tetapi teks ulasan dan teks diskusi pun memiliki persamaan antara lain sebagai berikut.

Membandingkan Teks Ulasan Dengan Teks Diskusi

1. Memberikan penilaian terhadap suatu hal
2. Membutuhkan data dan informasi
3. Menggunakan bahasa formal

Sementara itu, perbedaan kedua teks tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pembahasan Masalah
Seperti yang kita ketahui bahwa teks ulasan merupakan teks yang berisi pandangan atau penilaian penulis teks terhadap kelebihan dan kekurangan sebuah karya, seperti film, buku, atau novel, sedangkan teks diskusi merupakan teks berisi sudut pandang masyarakat umum pemecahan masalah antara dua orang atau lebih dengan mendengarkan pendapat masing-masing guna mendapatkan solusi bersama. Dengan kata lain, teks ulasan membahas masalah yang terdapat dalam sebuah karya, sedangkan teks diskusi membahas masalah kontroversial yang terjadi di lingkungan sekitar manusia.

2. Struktur
Teks ulasan memiliki struktur berikut ini.

Sementara itu, teks diskusi memiliki struktur sebagai berikut.

3. Fungsi Sosial Teks
Fungsi sosial teks ulasan adalah sebagai rujukan menilai sesuatu, sedangkan teks diskusi sebagai rujukan berkompromi suatu hal yang memiliki tanggapan pro dan kontra.

Perhatikan kedua teks berikut

1. Teks Ulasan

2. Teks Diskusi

Poin Penting

  1. Persamaan teks ulasan dengan teks diskusi adalah sebagai berikut.
    a. Memberikan penilaian terhadap suatu hal
    b. Membutuhkan data dan informasi
    c. Menggunakan bahasa formal
  2. Perbedaannya terdapat dalam struktur dan fungsi sosial kedua tes tersebut.

Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Prosedur

Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu membandingkan teks ulasan dengan teks prosedur baik melalui lisan maupun tulisan

Pada topik ini, kalian akan belajar untuk membandingkan teks ulasan dengan teks lain, yaitu teks prosedur. Kedua teks ini memiliki struktur dan ciri-ciri bahasa yang berbeda. Selain itu, pembahasan dalam kedua teks tersebut juga sudah sangat berbeda. Teks ulasan memaparkan tentang ulasan sebuah karya sastra. Adapun teks prosedur memaparkan tentang cara pembuatan sesuatu. Untuk lebih jelasnya, bacalah kedua teks berikut ini dengan saksama.

Teks Ulasan

Cerita Calon Arang


Teks Prosedur

Cara Membuat Pot Bunga dari Kaleng Bekas
Tidak semua barang bekas harus dibuang ke tempat sampah. Banyak barang bekas yang dapat dimanfaatkan kembali, seperti kaleng bekas. Kaleng bekas ini dapat diubah menjadi pot bunga yang unik dan cantik. Selain itu, kegiatan mengubah kaleng bekas menjadi pot bunga memiliki tujuan untuk mengurangi sampah, meningkatkan kreativitas, menghemat bahan dan materi, serta dapat memiliki nilai jual jika hasil pembuatan pot dari kaleng ini dipasarkan kepada masyarakat.
Alat dan bahan dalam pembuatan pot bunga ini sangat sederhana, yaitu.

1. kaleng bekas cat/susu ukuran sedang

2. cat

3. kuas lukis ukuran kecil dan sedang

4. spidol/pensil

5. amplas

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan pot bunga dari kaleng bekas ini adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan kaleng bekas yang sudah dicuci dengan bersih. Jika banyak karat, coba gunakan amplas agar lebih halus.
  2. Catlah kaleng bekas tersebut dengan warna dasar. Cat seluruh permukaan kaleng.
  3. Setelah cat berwarna dasar itu kering, buatlah gambar atau motif yang menarik pada kaleng dengan menggunakan spidol/pensil.
  4. Gunakan cat dengan paduan warna yang menarik untuk mewarnai gambar atau motif pada kaleng bekas tersebut.
  5. Jemurlah yang sudah dicat dan dihias tersebut di bawah terik matahari selama 4 jam atau sampai kering. Setelah kering, jadilah pot unik dari kaleng bekas. Pot ini dapat menghiasi pekarangan dan ruangan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk tanaman. Pot dapat dihias sesuka hati dengan berbagai warna favorit yang menarik. Selain itu, penggunaan pot dari barang bekas ini sesuai untuk konsep rumah hijau yang memanfaatkan bahan daur ulang.

Setelah membaca kedua teks tersebut, apakah kalian dapat melihat perbedaan dari kedua teks itu?

Teks 1 merupakan teks ulasan dan Teks 2 merupakan teks prosedur. Saat membaca keseluruhan isi teks, kalian dapat melihat bahwa isi kedua teks tersebut sangat berbeda. Teks 1 memiliki fungsi sosial untuk memberikan respons terhadap karya sastra yang telah dibaca/ditonton/dipertunjukkan dengan memberikan deskripsi dan komentar. Adapun Teks 2 memiliki fungsi sosial untuk menjelaskan tentang pembuatan sesuatu dengan melakukan langkah-langkah yang berurutan.

Jika fungsi sosial teks tersebut berbeda, begitu pula dengan strukturnya. Teks 1 memiliki struktur seperti orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman sedangkan Teks 2 memiliki struktur tujuan dan langkah-langkah. Selain itu, ciri-ciri bahasa yang dimiliki kedua teks pun berbeda.

Poin Penting

Membandingkan teks ulasan dan teks prosedur dapat dilihat dari perbedaan struktur, ciri-ciri bahasa, dan fungsi sosial teks tersebut.

Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Biografi

Selain teks diskusi, kalian pun tentu sudah mempelajari teks biografi, bukan? Jika sebelumnya kalian diberikan penjelasaan membandingkan teks ulasan dengan teks diskusi, kali ini akan kita bahas persamaan dan perbedaan antara teks ulasan dengan teks biografi.

Membandingkan teks ulasan dengan teks biografi pun pada dasarnya dimaksudkan agar kalian mampu membedakan teks dari unsur-unsur yang telah kalian pelajari sebelumnya. Pada dasarnya, kegiatan membandingkan dilakukan untuk mengetahui perbedaan, tetapi teks ulasan dan teks diskusi pun memiliki persamaan antara lain sebagai berikut.

1. Memberikan gambaran terhadap suatu hal
2. Membutuhkan data dan informasi
3. Menggunakan bahasa formal

Sementara itu, perbedaan kedua teks tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pembahasan Masalah
Teks ulasan memberikan gambaran singkat sebuah karya, seperti buku, film, dan drama, sedangkan teks biografi memberikan gambaran riwayat hidup seseorang.

2. Struktur
Struktur Teks Ulasan

Struktur Teks Biografi

3. Fungsi Sosial Teks
Fungsi sosial teks ulasan adalah untuk memberikan pendapat penulis tentang suatu karya sekaligus menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat yang ingin mengetahui karya yang sedang diulas. Contohnya buku, film, dan sejenisnya.

Fungsi sosial teks biografi adalah untuk memperkenalkan tokoh idola, identitas, keteladanannya, dan hal-hal istimewa tokoh yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran oleh khalayak umum.

Perhatikan contoh kedua teks berikut

Teks Ulasan

Teks Biografi

Poin Penting

Fungsi sosial setiap teks berbeda. Oleh sebab itu, menguasai setiap struktur teks sangat berguna ketika kita akan menulis. Apakah tema yang kita tulis itu akan berstruktur teks ulasan, biografi, atau teks lainnya.

Membandingkan Teks Ulasan dengan Teks Fabel

Kali ini kita akan membandingkan teks ulasan dengan teks fabel. Tentu kedua jenis teks ini berbeda dari segi struktur dan ciri-ciri kebahasaannya. Namun, sebelum melangkah pada penjelasan lebih jauh, kita akan mereview dahulu pengertian dari kedua jenis teks tersebut.

Teks ulasan adalah teks yang berisi analisis atau tinjauan terhadap berbagai karya, seperti buku, novel, dan film. Tinjauan dan analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan atas karya tersebut yang ditujukankepada para pembaca atau penonton. Sedangkan teks fabel adalah teks yang mengisahkan tentang kehidupan binatang. Pemeran dalam cerita itu adalah para binatang. Para binatang ini berperan, seperti layaknya manusia.

Seperti telah disampaikan di atas, kedua jenis teks ini memiliki karakteristik struktur dan ciri-ciri kebahasaan yang berbeda. Struktur teks ulasan terdiri orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Lebih jelas, akan dijabarkan pada tabel di bawah ini.


Selain struktur, teks ulasan juga memiliki karakteristik kebahasaan. Karakteristiknya adalah sebagai berikut.
1. Menggunakan banyak kata sifat. Ciri dari kata sifat adalah bisa disisipi dengan kata sangat, cukup, dan tidak.
2. Menggunakan kata rujukan partisipan.
3. Menggunakan kalimat majemuk.
4. Menggunakan majas metafora.

Teks Fabel tentu berbeda dengan teks ulasan dalam hal struktur dan karakteristik kebahasaan. Lebih jelasnya lihatlah tabel struktur teks fabel.


Seperti halnya teks ulasan, teks fabel juga memiliki kekhasan dalam kebahasaannya. Karakteristik kebahasaan yang terdapat pada teks fabel adalah sebagai berikut.
1. Teks fabel menggunakan kata sandang, seperti si dan sang.
2. Teks fabel menggunakan kata keterangan waktu dan tempat.
3. Penggunaan kata hubung lalu, kemudian, dan akhirnya.
4. Penggunaan kata kerja, baik kata kerja aktif transitif, maupun intransitif.

Kata kerja aktif transitif adalah kata kerja yang secara gramatikal subyeknya melakukan perbuatan dan memerlukan obyek. Lain halnya dengan kata kerja aktif intransitif. Kata kerja aktif intransitif adalah kata kerja yang subyeknya melakukan perbuatan, tapi tidak membutuhkan obyek. Berdasarkan penjabaran dari kedua jenis teks tersebut, dapat disimpulkan perbedaan dari kedua jenis teks tersebut adalah sebagai berikut.

Perbedaan teks fabel dan teks ulasan

  1. Perbedaan pada struktur. Meski kedua jenis teks ini sama-sama memiliki orientasi, namun berbeda dalam penggunaannya. Orientasi pada teks fabel merupakan awal cerita, sedangkan orientasi pada teks ulasan adalah informasi awal terhadap sebuah karya yang akan dianalisis.
  2. Perbedaan terletak pada ciri kebahasaannya. Perbedaan yang paling menonjol adalah dalam teks fabel penggunaan kata sandang.
  3. Pada teks fabel umumnya pesan moral disampaikan secara tersurat (tertulis pada teks) karena pembaca fabel adalah anak-anak sehingga pesan yang disampaikan diusahakan disampaikan secara jelas pada cerita. Pada teks ulasan, pesan yang disampaikan bukanlah pesan moral. Pesan itu berupa penilaian kelebihan atau kekurangan atas suatu karya. Penulis teks ulasan hanya menggiring pembaca untuk membeli, membaca buku atau novel, atau menonton film yang dianalisis.
  4. Teks fabel merupakan cerita narasi. Teks fabel hampir mirip dengan teks cerpen atau biografi. Di dalamnya terdapat unsur intrinsik cerita. Tidak demikian dengan teks ulasan. Teks ulasan berupa analisis yang disertai oleh pendapat pribadi dan didukung oleh fakta. Teks ulasan berisi analisis dari sebuah buku, novel, atau pun film, yang pada akhirnya berujung pada penilaian layak atau tidaknya ditonton atau dijadikan referensi bacaan.

Poin Penting

Perbedaan teks ulasan dan teks fabel bisa dilihat dari struktur teks, ciri-ciri bahasa, dan fungsi sosial teks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *