Membandingkan Teks Tantangan dengan Teks Tanggapan Kritis

Membandingkan Teks Tantangan dengan Teks Tanggapan Kritis – Pada pembahasan sebelumnya, kalian telah mempelajari struktur, ciri kebahasaan, dan fungsi sosial teks tantangan. Bahkan, kalian pun sudah diberikan penjelasan mengenai struktur, ciri kebahasaan, dan fungsi sosial teks tanggapan kritis. Sudah pahamkah kalian dengan materi tersebut? Dapatkah kalian membedakan keduanya?

Membandingkan Teks Tantangan dengan Teks Tanggapan Kritis
Membandingkan Teks Tantangan dengan Teks Tanggapan Kritis

Membandingkan Teks Tantangan dengan Teks Tanggapan Kritis

Kali ini, kita akan sedikit mengulang pembahasan-pembahasan tersebut sambil membedakan kedua teks tersebut dari segi struktur, ciri kebahasaan, dan fungsi sosialnya.Pada dasarnya, teks tantangan dan teks tanggapan kritis memiliki kesamaan berupa penyampaian argumentasi seseorang dalam sebuah teks. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan yaitu sebagai berikut.

1. Fungsi Sosial

Fungsi sosial teks tantangan adalah untuk membantah dan menolak suatu hal atau sebuah pendapat yang kontroversial di kalangan masyarakat, sedangkan fungsi sosial teks tanggapan kritis adalah untuk menanggapi secara kritis pesan dalam teks.

Kedua teks tersebut sama-sama membutuhkan data dan bukti yang faktual dalam penyampaiannya. Selain itu, kedua teks tersebut biasanya terjadi dalam sebuah perdebatan, tetapi letak perbedaannya adalah teks tantangan berisi bantahan yang tidak dapat ditoleransi, sedangkan teks tanggapan kritis berisi kritik berdasarkan dua sisi, yaitu positif dan negatif.

2. Struktur teks

Struktur Teks Tantangan

Contohnya

MEMINTA SUMBANGAN DI PINGGIR JALAN


Struktur Teks Tanggapan Kritis

Contohnya
PERLUKAH MENGANDANGKAN SATWA?

Setelah melihat contoh kedua teks di atas, kita pun dapat melihat perbedaan yang signifikan dalam hal-hal berikut.

a. Tema pada teks tantangan lebih menekankan pada larangan meminta sumbangan di jalan raya yang tidak dapat ditoleransi, sedangkan tema pada teks tanggapan kritis tampak lebih bebas menyampaikan tanggapan terhadap dampak mengandangkan hewan.

b. Muatan isi dalam teks tantangan hanya berisi sanggahan dan bantahan agar meminta sumbangan di jalan raya tidak lagi dilakukan, sedangkan muatan isi teks tanggapan kritis berisi sisi baik dan sisi buruknya hewan yang dikandangkan.

3. Ciri Kebahasaan

Ciri-ciri kebahasaan antara teks tantangan dengan teks tanggapan kritis sebenarnya memiliki kesamaan, yaitu terdiri atas empat unsur: kalimat majemuk, kata rujukan, konjungsi, dan pilihan kata. Namun, jika kita lihat dari sifat kalimat, letak perbedaan terlihat pada banyaknya kalimat sanggahan dan penolakan yang disampaikan dalam teks tantangan, sedangkan kalimat pada teks tanggapan kritis cenderung bersifat seimbang berupa kalimat dukungan dan penolakan.

Poin Penting

Perbedaan teks tantangan dengan teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *