Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pembangunan Ekonomi

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pembangunan Ekonomi
Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pembangunan Ekonomi

Manfaat Pembangunan Ekonomi

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pembangunan Ekonomi – Setiap negara melakukan proses pembangunan untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya. Tahukah kalian apa yang dimaksud pembangunan ekonomi tersebut? Apa manfaat dan tujuan dari pembangunan ekonomi? Agar kalian lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan beriktu ini.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Menurut Hadi Prayitno, pembangunan ekonomi mengandung pengertian sebuah upaya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan mengembangkan kegiatan ekonomi. Menurutnya, secara umum pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang mendorong GNP perkapita atau pendapatan masyarakat naik dalam periode waktu yang panjang.

Dari pengertian di atas tedapat tiga hal penting, yaitu:

a. Pembangunan ekonomi mengandung suatu proses perubahan secara terus-menerus.
b. Pembangunan ekonomi berupaya meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.
c. Upaya peningkatan pendapatan perkapita tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam pembangunan ekonomi, faktor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah faktor masyarakat. Masyarakat harus dilihat sebagai unsur yang terpenting dalam pembangunan ekonomi. Hal ini karena masyarakat bertindak sebagai pelaku utama atau subjek dari aktivitas pembangunan ekonomi sekaligus sebagai tujuan akhir dari pembangunan ekonomi.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi disuatu negara tentu saja bertujuan untuk memajukan perekonomian serta taraf hidup masyarakat di negaranya. Tidak hanya itu, pembangunan ekonomi juga dapat mengukur seberapa besar keberhasilan suatu negara dalam membangun negaranya dengan kriteria yang dapat diamati, antara lain pendapatan nasional, pendapatan perkapita, distribusi pendapatan, peranan sektor industri dan jasa, kesempatan kerja, stabilitas ekonomi, serta neraca pembayaran luar negeri negara tersebut.

Manfaat Pembangunan Ekonomi

Beberapa manfaat pembangunan ekonomi bagi suatu negara, ialah:

1. Mengurangi pengangguran di suatu negara, dengan adanya pembangunan ekonomi akan mendorong terciptanya lapangan kerja, sehingga dapat menarik tenaga kerja yang ada.

2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan luasnya lapangan kerja yang tersedia, peluang masyarakat memperoleh pekerjaan akan semakin besar dan akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan.

3. Perbaikan di bidang pendidikan, dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat tentu akan banyak orang tua yang mampu membiayai pendidikan anaknya hingga ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

4. Kemajuan di bidang teknologi, seiring berjalan waktu pembangunan ekonomi akan membutuhkan teknologi yang lebih maju untuk mengimbangi pembangunan ekonomi.

5. Meningkatkan keahlian dalam bidang tertentu, dengan ditariknya tenaga-tenaga ahli dari luar yang menguasai suatu keahlian tertentu, masyarakat yang belum menguasainya dapat belajar langsung dari ahlinya.

Rangkuman

  1. Pembangunan ekonomi mengandung pengertian sebuah upaya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan mengembangkan kegiatan ekonomi.
  2. Salah satu manfaat pembangunan ekonomi bagi suatu negara ialah mengurangi pengangguran di suatu negara, dengan adanya pembangunan ekonomi akan mendorong terciptanya lapangan kerja, sehingga dapat menarik tenaga kerja yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *