Pengertian, Pembagian, Metode dan Manfaat Ilmu Ekonomi

Pengertian, Pembagian, Metode dan Manfaat Ilmu Ekonomi
Pengertian, Pembagian, Metode dan Manfaat Ilmu Ekonomi

Manfaat Ilmu Ekonomi

Pengertian, Pembagian, Metode dan Manfaat Ilmu Ekonomi – Ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang disebut sebagai “the oldest art and the newest science” yaitu seni yang tertua dan ilmu pengetahuan yang termuda. Ilmu ekonomi sangat berpengaruh pada kegiatan sehari–hari masyarakat (konsumen dan produsen) yang berperan penting dalam kebijakan ekonomi. Nah, oleh karena itu kita harus mengetahui apa itu ilmu ekonomi. Untuk lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Istilah ekonomi (economic) berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘oekonomeia‘, yang terdiri dari 2 kata yaitu oikos yang berarti rumah tangga, dan nomos berarti aturan. Dalam ilmu ekonomi tokoh yang terkenal sekaligus sebagai Bapak Ekonomi ialah Adam Smith (1723 – 1790) dengan bukunya “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nation“, yang diterbitkan pada tahun 1776.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Paul A. Samuelson dari AS dalam buku yang berjudul “ECONOMICS” mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai studi tentang perilaku seseorang dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memilih beberapa alternatif penggunaan dalam memproduksi berbagai komoditas untuk kemudian disalurkan baik saat ini maupun dimasa depan kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.

Pembagian Ilmu Ekonomi

 Berdasarkan kajiannya, ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu:
1. Ilmu Ekonomi Teori, yaitu ilmu ekonomi yang mengkaji tentang penyelidikan masalah-masalah ekonomi, menganalisa dan membuat suatu kesimpulan ekonomi.
2. Ilmu Ekonomi Terapan, yaitu ilmu ekonomi yang mengkaji tentang penerapan/mempraktekkan segala sesuatu yang telah disimpulkan oleh ilmu ekonomi teori.
3. Ilmu Ekonomi Gambaran, yaitu ilmu ekonomi yang mengkaji tentang pemberian/penyampaian data-data ekonomi yang akurat.

Metode Ilmu Ekonomi

Metode artinya cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai tujuan yang dikehendaki. Menurut Chaurmain dan Prihatin, ada beberapa metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi, yaitu:

1. Metode Induktif
Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan semua data informasi yang dialami individu, keluarga, maupun masyarakat lokal yang mencari jalan pemecahan sehingga upaya pemenuhan kebutuhan dapat dikaji secermat mungkin.

2.Metode Deduktif
Dalam melaksanakan metode deduktif, ilmu ekonomi menetapkan cara pemecahan masalah sesuai dengan acuan, prinsip, hukum, dan ketentuan yang ada dalam ilmu ekonomi.

3.Metode Matematika
Metode matematika digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi dengan cara pemecahan soal-soal secara matematis.

4.Metode Statistika
Cara pemecahan masalah ekonomi dengan metode statistik yaitu dengan cara pengumpulan data pengolahan, analisis, penafsiran, dan penyajian data dalam bentuk angka-angka secara statistik. Melalui data tersebut, maka akan diketahui permasalahan lalu dicari cara pemecahan yang tepat.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi sebagaimana yang dikemukakan oleh Mankiw adalah:
1. Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik. Dalam hal ini berlaku prinsip “Mengetahui lebih baik dari pada tidak mengetahui”.
2. Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan lebih mahir atau lihai dalam perekonomian. Dalam hal ini berlaku prinsip “Bersedia dan waspada serta berjaga lebih baik dan aman dari pada tidak sama sekali”.
3. Dengan menguasai ilmu ekonomi maka akan memberikan pemahaman atau potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.
4. Ilmu ekonomi dapat membantu mempelajari dan memahami perilaku manusia (lembaga swasta/pemerintah) dalam memanfaatkan sumber daya dan cara dalam mengambil keputusan.
5. Ilmu ekonomi dapat membantu dalam berperan secara efektif dan efesien di berbagai kegiatan ekonomi.
6. Ilmu ekonomi akan mendorong menjadi masyarakat yang cerdas di berbagai bidang pekerjaan.

Rangkuman

  1. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.
  2. Menurut Paul A. Samuelson ilmu ekonomi sebagai studi tentang perilaku seseorang dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memilih beberapa alternatif penggunaan dalam memproduksi berbagai komoditas untuk kemudian disalurkan baik saat ini maupun dimasa depan kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.
  3. Metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi adalah metode deduktif, metode induktif, metode matematika, dan metode statistika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *