Thu. Feb 9th, 2023
Identifikasi dan Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan

Identifikasi dan Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan – Tujuan Pembelajaran: Siswa mengidentifikasi kekurangan teks rekaman percobaan dengan melihat kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.

Identifikasi dan Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan
Identifikasi dan Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan

Identifikasi Teks Rekaman Percobaan

Topik kali ini berkenaan dengan cara mengidentifikasi teks rekaman percobaan. Kalian dapat mengidentifikasi teks tersebut dengan memahami kekurangan dalam teks rekaman percobaan. Kekurangan teks tersebut dapat berkaitan dengan isi, struktur, dan ciri-ciri kebahasaannya.

Kekurangan teks rekaman percobaan yang berkaitan dengan isi, misalnya dalam penyajian tujuan, teori, dan langkah kegiatan yang tidak jelas. Adapun kekurangan teks rekaman percobaan yang berkaitan dengan struktur, yaitu teks yang memiliki bagian struktur yang tidak sistematis. Selain itu, kekurangan teks yang berkenaan dengan bahasa dapat dilihat dari penggunaan kalimat-kalimat yang tidak efektif, penggunaan kata-kata yang tidak tepat, dan ejaan yang tidak baku.

Perhatikanlah penggalan teks berikut ini

Pendahuluan

Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

a. Bagaimana pengaruh kelembapan tanah terhadap pertumbuhan bawang daun?
b. Bagaimana cara menentukan kelembapan tanah yang baik untuk menanam bawang daun?
c. Bagaimana cara menanam bawang daun?

Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

a. mengetahui pengaruh kelembapan tanah terhadap pertumbuhan bawang daun
b. mengetahui kelembapan tanah yang baik untuk pertumbuhan bawang daun
c. memahami cara menanam bawang daun dengan benar

Rumusan masalah dan tujuan penelitian tersebut termasuk ke dalam bagian pendahuluan. Dari penggalan teks tersebut, kalian dapat melihat, apakah bagian pendahuluan dalam teks rekaman percobaan tersebut sudah disajikan dengan tepat?

Pada teks tersebut pendahuluan hanya ada rumusan masalah dan tujuan penelitan. Padahal, pendahuluan tidak hanya disusun oleh kedua bagian tersebut tetapi perlu adanya latar belakang. Latar belakang memberikan penjelasan tentang penelitian yang akan dilakukan. Selain itu, rumusan masalah dan tujuan penelitian pun dirumuskan berdasarkan latar belakang tersebut. Jadi, kekurangan pada pendahuluan teks tersebut perlu diperbaiki dengan menyajikan latar belakang.

Pengidentifikasi kekurangan teks rekaman percobaan tidak hanya pada bagian pendahuluan tetapi pada setiap struktur yang menyusun teks tersebut. Selain struktur, kalian dapat memperhatikan penggunaan kata, istilah, ejaan, termasuk kalimat dalam penyusunan teks. Misalnya, kalian menemukan kalimat seperti berikut ini.
Dalam penelitian ini, saya akan membuktikan tentang pengaruh pupuk urea terhadap tanaman cabai.

Teks rekaman percobaan menjadi bentuk teks yang memuat penelitian/percoban secara ilmiah. Karena itulah, penulisan teks rekaman percobaan menggunakan gaya formal. Artinya, penggunaan kata ganti kami, saya, dan penulis tidak digunakan dalam jenis teks ini. Hal ini agar teks rekaman percobaan khususnya penelitian ilmiah perlu disampaikan secara objektif. Jika kata ganti digunakan, maka keobjektifan itu dapat diragukan karena bersifat subjektif.

Poin Penting

  1. Mengindentifikasi teks rekaman percobaan dapat dilakukan dengan memahami kekurangan yang ada dalam teks tersebut.
  2. Kekurangan dalam teks rekaman percobaan dapat berkenaan dengan isi, struktur, dan ciri-ciri kebahasaan teks tersebut.

Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan

Siswa mampu menginterpretasikan makna dan mengganti pilihan kata yang digunakan dalam teks rekaman percobaan

Kalian tentu sudah paham tentang struktur teks rekaman percobaan beserta ciri kebahasaannya, bukan? Setelah mempelajari beberapa tahap tentang teks rekaman percobaan, kali ini kalian dituntut untuk dapat menangkap makna yang digunakan dan teks rekaman percobaan.

Tahap menangkap makna teks rekaman percobaan bertujuan untuk mengetahui makna atau tafsiran dari pilihan kata atau istilah yang terdapat dalam sebuah teks rekaman percobaan. Hal ini perlu dilakukan sebab tidak menutup kemungkinan sebuah teks rekaman percobaan menggunakan kata atau istlah yang belum dipahami. Langkah yang perlu kalian lakukan jika menemukan kata atau istilah yang belum dipahami tersebut adalah dengan mencari maknanya dalam KBBI atau sumber lain yang dapat menjelaskan kata tersebut secara valid.

Perhatikan teks!

Mendeteksi Boraks dalam Makanan

Latar Belakang

Penganan yang sering dikonsumsi masyarakat disinyalir banyak yang mengandung bahan kimia yang berbahaya. Diantara zat kimia tersebut adalah formalin, boraks, pewarna rhodamin B dan menthanyl yellow (bahan pewarna tekstil).

Tujuan Praktikum

Mengetahui cara yang tepat dan mudah dalam mengenali produk yang tercemar boraks.

Landasan Teori

Boraks termasuk senyawa kimia. Boraks mempunyai sifat dapat mengembangkan, memberi efek kenyal, dan membunuh mikroba. Keberadaan boraks dalam makanan tidak ditoleransi. Nama lain boraks adalah natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.

Dalam dunia industri, boraks digunakan sebagai bahan pembersih, pengontrol kecoa, bahan solder, dan pengawet kayu. boraks dapat menyebabkan demam, anuria, koma, depresi, apatis, kerusakan ginjal, hingga kematian.

Metodologi Praktikum

Alat dan Bahan

1. Makanan yang akan diuji
2. kunyit atau kunir
3. kertas saring
4. air untuk merebus

Langkah-Langkah Kerja

1. Buat larutan kunyit
2. Masukkan kertas saring ke dalam larutan kunyit, kemudian keringkan kertas saring tersebut.
3. Panaskan air bening
4. potong-potong makanan yang akan dites lalu masukkan ke dalam air panas tadi
5. tetesi kertas saring kunyit oleh air rebusan tersebut

Hasil dan Pembahasan

1. Jika warna berubah menjadi merah bata berarti makanan tersebut positif mengandung boraks.
2. Jika warna kertas tidak berubah berarti makanan tersebut tidak mengandung boraks.

Setelah membaca teks rekaman percobaan di atas, kalian dapat membuka kamus untuk mencari kata atau istilah yang belum kalian pahami. Jika kalian kurang memahami bahasanya, otomatis cara yang kalian ikuti pun akan salah. Oleh karena itu, buatlah daftar kata atau istilah yang belum dipahami tadi lalu lihatlah maknanya dalam kamus.

Perhatikan contoh berikut!

Setelah mengetahui makna dan istilah di atas, pasti kalian lebih memahami teks rekaman percobaan tersebut.

Poin Penting

  1. Tujuan menangkap makna teks rekaman percobaan adalah untuk mengetahui makna atau tafsiran dari pilihan kata atau istilah yang terdapat dalam sebuah teks rekaman percobaan.
  2. Langkah yang perlu dilakukan jika menemukan kata atau istilah yang belum dipahami adalah dengan mencari maknanya dalam KBBI atau sumber lain yang dapat menjelaskan kata tersebut secara valid.

By Mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *