Langkah-Langkah Menulis Teks Iklan

By | June 1, 2020

Langkah-Langkah Menulis Teks Iklan – Siswa dapat memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan dengan memahami langkah-langkah menulis teks iklan.

Langkah-Langkah Menulis Teks Iklan

Langkah-Langkah Menulis Teks Iklan

section-media

Sumber: www.flickr.com

Selain berita dan acara hiburan yang menarik, apa saja hal yang kalian lihat saat menonton televisi? Ketika membaca majalah, apakah kalian pernah melihat gambar produk tertentu dengan tulisan dan tampilan yang menarik? Bagaimana deskripsi dari produk tersebut dan isi tulisannya?

Saat kalian menonton televisi, kalian akan melihat iklan dari berbagai jenis barang dan jasa. Biasanya, iklan tersebut ditampilkan saat jeda acara sedangkan iklan dalam majalah ditampilkan dengan warna menarik dengan kesesuaian gambar dan tulisan. Penampilan iklan dalam majalah atau surat kabar disesuaikan pula dengan karakteristik yang dimiliki media massa tersebut, seperti tentang ukuran kolom iklan yang tersedia dan tarif pemasangan iklan yang ditentukan pihak media massa. Tentu, pemasangan iklan yang lebih menarik dan penuh warna memiliki tarif yang berbeda dengan iklan yang tanpa warna (abu-abu).

Jika ingin menghasilkan iklan yang menarik, kalian perlu memperhatikan langkah-langkah penting dalam pembuatannya, terutama dalam menulis teks iklan. Teks iklan tetap diperlukan walaupun ditampilkan dalam media elektrelektronik, misalnya televisi yang dapat dilihat dengan mudah karena audio-visual.

Penulisan teks iklan yang baik akan memudahkan pembuat iklan dalam menyampaikan berbagai informasi penting tentang produk yang akan diiklankan. Ada beberapa langkah dalam penulisan teks iklan yang perlu kalian perhatikan dengan baik, yaitu sebagai berikut.

1. Menentukan Tema
Tema iklan dapat ditentukan dengan jenis barang atau jasa yang akan diiklankan. Tema dapat dimulai dengan keunggulan barang yang akan diiklankan. Misalnya barang yang akan diiklankan adalah barang elektronik berupa televisi. Kalian pasti perlu menentukan hal yang membedakan televisi tersebut dari televisi lainnya. Penampilan iklan pun harus jauh lebih menarik dan harus lebih unggul dari iklan yang sudah ada. Tidak hanya sebatas informasi saja, iklan pun menjadi cara untuk mempromosikan barang tertentu kepada konsumen dan menarik hati konsumen untuk dapat membeli barang tersebut.

2. Mengumpulkan Bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat iklan tentu yang berhubungan dengan barang atau jasa yang akan diiklankan. Sebagai contoh, jika kalian akan mengiklankan sepeda motor, maka kalian memperlukan informasi tentang merek, penampilan (body), teknologi mesin, dan kapasitas mesin, serta irit dalam penggunaan bahan bakar jika dibandingkan dengan sepeda motor merek lainnya.

3. Menyusun Kerangka
Sebelum menyusun kerangka, kalian perlu menentukan media iklan yang akan digunakan. Media tersebut adalah media cetak dan media elektronik. Jika penentukan media sudah dilakukan, maka kalian perlu memperhatikan jenis iklan yang dibuat. Jenis iklan dapat berupa iklan baris atau bentuk ragaan. Setiap jenis iklan dan pemilihan media mempengaruhi penggunaan bahasa dan strukturnya.

Misalnya, kalian akan menyusun kerangka untuk jenis iklan ragaan yang merupakan iklan cetak dalam ukuran besar yang memperhatikan penggunaan ilustrasi gambar dan huruf besar. Salah satu jenis iklan ini disusun oleh teks yang meliputi judul, subjudul, dan isi. Lebih jelasnya, coba perhatikan contoh berikut ini.

section-media

4. Mengembangkan kerangka
Kerangka teks untuk penulisan iklan yang telah kalian buat dapat dikembangkan dan menjadi teks iklan yang padu. Kalian juga tetap perlu memperhatikan susunan kerangka yang sudah kalian buat sebelumnya dalam penulisan teks iklan. Hal itu perlu dilakukan agar informasi yang ditulis tidak kurang dan terlalu berlebihan yang akhirnya tidak menarik hati konsumen.

Perhatikan pengembangan kerangka teks iklan berikut ini.

section-media

Poin Penting

Ada beberapa poin penting yang kalian dapatkan dalam materi tentang langkah-langkah menulis teks iklan ini, di antaranya adalah.
1. Langkah-langkah menulis teks iklan adalah menentukan tema, mengumpulkan bahan, menyusun kerangka, dan mengembangkan kerangka.
2. Tentukanlah jenis barang atau jasa yang akan diiklankan untuk menentukan tema iklan.
3. Tentukanlah media yang akan digunakan iklan, baik media massa maupun media elektronik dan tentukan pula jenis iklan yang akan dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *