Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi Secara Mandiri

Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi Secara Mandiri – Kalian masih semangat belajar teks biografi, bukan? Mempelajari teks biografi sangat bermanfaat karena kita menjadi tahu tentang tokoh tertentu, bisa mengambil pelajaran dan keteladan dari tokoh tersebut. Nah, kali ini, kalian akan belajar bagaimana menulis teks biografi secara mandiri. Dengan demikian, kalian bisa menuliskan biografi seseorang yang kalian kagumi.

Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi Secara Mandiri
Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi Secara Mandiri

Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi

Perhatikan gambar berikut ini!

Apakah kalian tahu siapakah tokoh yang ada dalam gambar tersebut? Tokoh tersebut mungkin sudah sering kalian lihat. Ia memiliki jasa yang besar bagi Indonesia, terutama untuk kaum perempuan. Hari kelahirannya menjadi hari besar yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia. Tokoh ini adalah Raden Ayu Kartini.

Raden Ayu Kartini atau R.A Kartini dapat menjadi salah satu tokoh insipratif yang kalian tulis perjalanan hidupnya. Apalagi dalam topik ini, kalian akan belajar untuk menulis teks biografi. Kalian dapat menulis teks biografi dengan memperhatikan langkah-langkah menulis teks tersebut. Namun, sebelum membahas hal itu, kalian perlu menentukan menentukan tokoh atau sosok yang akan ditulis kisah hidupnya. Misalnya, kalian akan menulis biografi tentang R.A Kartini. Dengan demikian, kalian perlu mengetahui perjalanan hidupnya.

Coba perhatikan paragraf berikut ini.

Paragraf I
Raden Ayu Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ia adalah tokoh perempuan Jawa sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan para perempuan pribumi.
Paragraf II
Walaupun Kartini tidak sekolah lagi, ia tetap belajar dan menulis surat berbahasa Inggris kepada teman-teman korespodensinya yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon. Kartini tertarik dengan kemajuan berpikir para perempuan Eropa. Ia mengetahui mengenai hal itu dari buku-buku, majalah, dan koran yang telah dibacanya.

Dari kedua paragraf tersebut, manakah yang tepat untuk menjadi bagian awal dari teks biografi? Tentu saja, paragraf pertama yang tepat untuk menjadi bagian awal teks biografi. Teks tersebut menunjukkan orientasi dalam teks biografi. Orientasi adalah bagian yang mengenalkan tokoh yang berisi gambaran awal tokoh yang akan diceritakan dalam biografi tersebut.

Adapun paragraf kedua merupakan bagian dari peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh R.A Kartini semasa hidupnya. Paragraf kedua ini termasuk ke dalam bagian struktur peristiwa/masalah dalam teks biografi.

Nah, melalui penjelasan tersebut, kalian dapat mengetahui bahwa tidak hanya penentuan tokoh yang perlu diperhatikan dengan baik tetapi juga kalian perlu memahami struktur teks biografi. Kalian perlu menuliskan bagian-bagian struktur dalam teks biografi secara tepat, seperti penentuan susunan kalimat untuk bagian orientasi atau susunan kalimat untuk bagian peristiwa dan masalah dalam teks biografi. Pada akhir teks juga, ada reorientasi yang bersifat opsional (boleh ada atau tidak).

Setelah pemahaman tentang struktur, kalian juga perlu memahami cara membuat kerangka teks. Kerangka ini berfungsi untuk memuat garis-garis besar suatu karangan. Dengan adanya kerangka, kalian akan mudah dalam menyusun tulisan secara teratur, terutama teks biografi. Kalian juga akan mudah dalam menempatkan bagian penting dan bagian yang kurang penting pada teks. Kerangka teks membantu untuk mengatasi pengulangan dalam pembahasan dan membantu dalam pengumpulan sumber-sumber yang diperlukan saat penulisan.

Perhatikan kerangka teks berikut ini.

I. Orientasi
1. Pengenalan sosok R.A Kartini sebagai seorang perempuan Jawa
2. Pendidikan yang didapatkan R.A Kartini
II. Peristiwa dan Masalah
1. R.A Kartini mendirikan sekolah perempuan
2. Penetapan Kartini sebagai Pahlawan Nasional Indonesia
3. Akhir hidup R.A Kartini dan penetapan Hari Kartini

Kerangka teks biografi tersebut merupakan contoh umum untuk penulisan teks biografi. Dengan kerangka teks tersebut, kalian sudah memperoleh gambaran tentang hal-hal yang perlu kalian kembangkan dalam teks biografi.

Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi

  1. Menentukan tokoh/seseorang yang akan ditulis kisah hidupnya (dibiografikan).
  2. Membuat kerangka teks untuk membuat teks biografi.
  3. Kumpulkan semua informasi tentang tokoh yang akan ditulis. Kalian dapat mendapatkan informasi secara langsung, yakni melalui wawancara. Jika tokoh tersebut sudah meninggal, maka hubungilah sanak saudaranya untuk dimintai informasi. Wawancarailah orang yang benar-benar dekat dengan tokoh saat masih hidup.
  4. Kumpulkan data pendukung yang akurat. Data tersebut dapat diperoleh dari buku, artikel, media massa, media elektronik, yang mengulas tentang tokoh. Dengan demikian, kalian akan mengetahui pendapat orang lain tentang tokoh dengan sudut pandang yang berbeda.
  5. Perhatikan dengan baik data dan informasi yang pantas dan tidak pantas untuk dituliskan dalam biografi. Hal ini perlu diperhatikan oleh kalian karena jika tidak berhati-hati, kalian dapat mencemarkan nama baik seseorang. Pencemaran nama baik tersebut dapat terjadi jika informasi atau data yang ditulis dalam biografi tidak sesuai dengan diri tokoh.
  6. Tulislah biografi dengan memahami informasi dan data yang sudah tersedia.

Apabila masih kurang jelas, hubungi kembali narasumber agar menjelaskan kembali dengan lebih detail sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penulisan.

Poin Penting

Langkah-langkah menulis teks biografi secara mandiri adalah sebagai berikut.
1. Menentukan tokoh/seseorang yang akan ditulis kisah hidupnya (dibiografikan).
2. Membuat kerangka teks untuk membuat teks biografi.
3. Kumpulkan semua informasi tentang tokoh yang akan ditulis.
4. Kumpulkan data pendukung yang akurat.
5. Perhatikan dengan baik data dan informasi yang pantas dan tidak pantas untuk dituliskan dalam biografi.
6. Tulislah biografi dengan memahami informasi dan data yang sudah tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *