Kegiatan Ekonomi – Produksi, Distribusi dan Konsumsi

By | November 25, 2020
Kegiatan Ekonomi - Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi – Produksi, Distribusi dan Konsumsi – Manusia adalah makhluk sosial dan tentu tidak akan pernah lepas dari kegiatan ekonomi karena kegiatan ini memang harus dilakukan manusia dalam hidupnya. Apakah kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Agar kalian lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang/masyarakat dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup. Pada dasarnya kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran. Kegiatan ekonomi terbagi menjadi tiga, yaitu:
A. Kegiatan Produksi
B. Kegiatan Distribusi
C. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan Produksi

Produksi adalah kegiatan menambah kegunaan suatu benda atau membuat benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan produksi adalah usaha untuk menghasilkan atau menambah daya guna barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh produksi ialah perusahaan yang memproduksi bahan-bahan makanan seperti minyak goreng, tepung, dan lain-lain.

Produksi dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Produksi Barang
Produksi barang adalah kegiatan menambah kegunaan suatu benda/barang dengan mengubah sifat dan bentuknya. Hal ini terdiri dari barang konsumsi dan barang modal. Barang konsumsi ialah barang yang siap untuk dikonsumsi secara langsung, sedangkan barang modal digunakan untuk menghasilkan barang berikutnya. Contoh produksi barang ialah membuat kerajinan batok kelapa, membuat makanan, dan kebutuhan lain.

2. Produksi Jasa
Produksi jasa adalah kegiatan menambah kegunaan suatu benda/barang tanpa mengubah bentuknya. Contoh produksi jasa ialah sebuah pagelaran seni, angkutan barang, dan perbankan.

Kegiatan Distribusi

Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi dapat menambah kegunaan waktu, tempat, dan pengalihan hak milik. Contoh kegiatan distribusi ialah kegiatan perdagangan di pasar, toko, minimarket, dan pelabuhan.

Kegiatan distribusi merupakan usaha menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini peranan para pedagang sangat penting karena menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen atau antara produsen dengan produsen lainnya. Kegiatan distribusi banyak dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran barang/jasa. Di Indonesia, kegiatan distribusi ditentukan oleh pemerintah dan masyarakat.

Ada dua sistem distribusi di Indonesia, yaitu:
● Distribusi langsung, produsen melakukan penyaluran tanpa perantara.
● Distribusi tidak langsung, penyaluran dilakukan pedagang.

Tujuan kegiatan distribusi, yaitu:
1. Pemerataan pemenuhan masyarakat di berbagai daerah.
2. Menstabillkan harga barang/jasa.
3. Menjaga kelangsungan hidup perusahasaan.
4. Menjaga kesinambungan kegiatan produksi.
5. Mempercepat sampainya produksi ke tangan konsumen.

Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang untuk kebutuhan serta memelihara kelangsungan hidup. Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, sedangkan fungsi dari kegiatan konsumsi yaitu agar kelangsungan hidup masyarakat tetap terjaga.

Konsumsi merupakan kegiatan pengguanaan barang untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan baik yang berupa barang maupun jasa. Konsumen adalah orang yang telah menggunakan hasil produksi dimana mereka yang sudah memakai dan menghabiskan olahan dari berbagai hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Contoh kegiatan konsumsi yaitu seperti kegiatan yang telah menggunakan bahan makanan untuk keperluan sehari-hari, kegiatan penggunaan kendaraan, dan pakaian yang dipakai oleh konsumen serta bahan pokok untuk kebutuhan dan rumah (bahan papan) yang ditempati sebagai perlindungan.

Rangkuman

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang/masyarakat dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan ekonomi terbagi menjadi tiga yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *