Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi – Siswa memahami bentuk-bentuk kalimat definisi dan kalimat deskripsi dalam teks laporan observasi.

Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi
Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Pada topik sebelumnya, kalian sudah mengetahui struktur dan kaidah teks observasi. Sekarang, mari ingat-ingat kembali. Struktur teks observasi terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Definisi umum memuat penjelasan mengenai pengertian, jenis, contoh, dan tujuan yang ingin disampaikan. Deskripsi bagian berisi paparan, penjelasan, uraian, dan definisi. Terakhir, deskripsi manfaat memaparkan manfaat dari hal yang disampaikan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Teks laporan observasi berisi beberapa jenis kalimat, salah satunya kalimat deskripsi dan kalimat definisi. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan fokus membahas dua jenis kalimat tersebut. Tahukah kamu apa arti dan perbedaan dari kedua jenis kalimat tersebut? Perhatikan contoh di bawah ini!

Orang utan adalah hewan yang tergolong mamalia. Hewan khas kalimantan ini sangat terkenal dan digemari banyak orang karena keramahannya. Hewan menyusui ini termasuk hewan liar pemakan tumbuhan. Tinggi rata-rata hewan ini dapat mencapai 1,5 hingga 2 meter dengan berat rata-rata 50 hingga 100 kg. Ciri khas hewan ini adalah berbulu hitam lebat, berlengan panjang, tubuh membungkuk, berjalan dengan kedua kaki, dan berekor panjang. Ukuran orang utan dapat melebihi hewan yang sekerabat dengannya, seperti kera, monyel, dan siamang. Orang utan termasuk hewan jinak yang terkadang dipelihara orang karena dapat bersahabat.

Ciri yang paling menonjol darinya adalah kekerabatannya dengan manusia. Dikatakan bahwa orang utan memiliki jumlah gen yang sama dengan manusia. Orang utan adalah hewan yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru bahkan dengan lingkungan hidup manusia. Habitat orang utan ialah di hutan lebat atau hutan bakau. Bagian wilayah Indonesia yang banyak dijumpai habitat oran utan adalah Kalimantan dan beberapa wilayah Sumatra.

Perhatikan kolom di bawah ini!

Berdasarkan pembagian kolom di atas dapat kita simpulkan bahwa kalimat definisi adalah kalimat yang menjelaskan/mengungkapkan ciri utama, makna, atau keterangan dari objek.

Ciri-ciri Kalimat Definisi

1. mengungkapkan makna dari sebuah objek,
2. diawali dengan kata benda,
3. ditandai dengan verba penghubung adalah, ialah, yaitu, termasuk, tergolong.

Kalimat definisi memiliki rumus X = Y. X adalah objek yang didefinisikan, = adalah verba penghubung, dan Y adalah pendefinisi.

Kalimat deskripsi adalah kalimat yang melukiskan/menggambarkan sifat, ciri, warna, karakter, ukuran, dan sifat-sifat lain dari hal yang dideskripsikan. Dengan demikian, kalimat deskripsi menggambarkan sesuai dengan objek yang sebenar-benarnya. Tujuan kalimat deskripsi adalah membawa pembaca pada suasana yang sama yang dirasakan oleh penulis. Pembaca seolah dapat ikut merasakan, melihat, mendengar, bahkan menyentuk objek.

Ciri-ciri Kalimat Deskripsi

1. menggambarkan ciri, warna, sifat, karakter, ukuran dari sebuah objek,
2. menggambarkan sesuai kebenaran yang ad apada objek,
3. membuat pembaca ikut merasakan objek yang digambarkan.

Setelah melihat contoh dan ulasan, mari berlatih soal agar kalian lebih paham.

Poin Penting

  • Kalimat definisi adalah kalimat yang menjelaskan/mengungkapkan ciri utama, makna, keterangan, dari objek.
  • Kalimat deskripsi adalah kalimat yang melukiskan/menggambarkan sifat, ciri, warna, karakter, ukuran, dan sifat-sifat lain dari hal yang dideskripsikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *