Pengertian, Prinsip, Jenis-Jenis Poster dan Slogan

By | April 2, 2020

Pengertian, Prinsip, Jenis-Jenis Poster dan Slogan – Pernahkah kamu melihat sebuah slogan dan poster? Slogan adalah tulisan atau perkataan yang menarik, mencolok serta mudah diingat untuk memberitahu dan mengumumkan kepada masyarakat. Poster adalah pengumuman yang berbentuk tulisan disertai gambar dipasang di tempat umum atau tempat yang strategis. Membaca slogan dan poster sangatlah menarik karena bisa menambah wawasan.

Pengertian, Prinsip, Jenis-Jenis Poster dan Slogan

Pengertian, Prinsip, Jenis-Jenis Poster dan Slogan

Dalam topik kali ini, kita akan belajar menulis slogan dan poster. Setelah itu, kitabisa berlatih menulis slogan dan poster untuk majalah dinding atau kegiatan-kegiatan sekolah.

Dalam menulis slogan dan poster, kita harus berusaha agar slogan dan poster yang kita buat dimengerti oleh pembacanya. Di samping itu, tulisan yang kalian tuang ke dalam slogan ataupun poster harus dapat membuat masyarakat umum tertarik untuk mengikuti slogan dan poster tersebut. Hal yang paling penting adalah slogan dan poster yang ditulis harus menarik, singkat, jelas, dan padat. Di samping itu, slogan dan poster yang dibuat tidak boleh menyinggung perasaan orang lain.

Di bawah ini ada langkah-langkah dalam menulis slogan dan poster.

  1. Menentukan topik/tujuan
    Tentukan terlebih dahulu topik permasalahan yang akan dijadikan poster atau slogan.
  2. Merumuskan pesan/amanat
    Setelah menentukan topik permasalahan yang akan dijadikan slogan/poster, kita susun pesan yang akan disampaikan ke dalam slogan/poster
  3. Merumuskan kalimat yang menarik, singkat, padat, dan jelas
    Bahasa yang digunakan untuk membuat slogan/poster haruslah menarik agar orang yang membaca tertarik dan dapat mengikuti isi pesan slogan/poster itu.
  4. Menuliskannya dengan huruf besar dan dengan panduan warna yang menarik sehingga mudah dibaca dan diingat.

Jenis-Jenis Poster

Berikut adalah jenis-jenis poster.

  • Poster niaga. Tujuan ditulisnya poster niaga adalah untuk menawarkan atau memperkenalkan kepada masyarakat tentang produk-produk yang akan diperdagangkan. Isi dari poster niaga adalah berupa iklan.
section-media
  • Poster Kegiatan. Tujuan ditulisnya poster kegiatan agar orang yang membaca poster tersebut tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan
section-media
  • Poster layanan masyarakat. Tujuannya untuk menjelaskan kepada masyarakat dan membentuk kesadaran masyarakat tentang hal-hal yang mengangkat kepentingan bersama.
section-media

Ada pun jenis-jenis slogan yang dapat kalian gunakan ketika membuat slogan:

  1. Slogan lingkungan hidup Slogan atau tulisan-tulisan yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Tujuannya untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan lingkungan. Contoh kalimat slogan adalah:

BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA GUNA MENJAGA KEBERSIHAN BERSAMA!

  1. Slogan pendidikan Tulisan-tulisan yang berkaitan dengan motivasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Contoh kalimat slogannya adalah:

DISIPLIN BELAJAR ADALAH KUNCI MENUJU KESUKSESAN

  1. Slogan Kesehatan Tulisan-tulisan untuk memotivasi masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan. Contoh kalimat slogan adalah:

PERANGI NARKOBA GUNA MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

  1. Slogan Motivasi Tulisan-tulisan yang bisa memotivasi masyarakat agar jauh lebih baik. Contoh kalimat slogan adalah:

MASA DEPAN BERGANTUNG DENGAN APA YANG ANDA KAERJAKAN SAAT INI

Poin Penting

  1. Slogan adalah tulisan atau perkataan yang menarik, mencolok serta mudah diingat untuk memberitahu dan mengumumkan kepada masyarakat.
  2. poster adalah pengumuman yang berbentuk tulisan disertai gambar dipasang di tempat umum atau tempat yang strategis.
  3. Slogan dan poster harus dapat membuat pembacanya tertarik dan mengikuti isi dari slogan/poster tersebut.
  4. Langkah-langkah dalam menulis slogan dan poster : Menentukan topik/tujuan; Merumuskan pesan/amanat; Merumuskan kalimat yang menarik, singkat, padat, dan jelas; Menuliskannya dengan huruf besar dan dengan panduan warna yang menarik

Di pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian, prinsip, dan jenis slogan/poster serta mulai menulis poster dan slogan. Mari kita ulang tahapannya dari awal!

  1. Menentukan Topik dan Tujuan
    Ingat, tentukan terlebih dahulu topik permasalahan yang akan kamu jadikan poster atau slogan! Tentukan juga tujuan yang ingin dicapai dengan dibuatnya poster atau slogan tersebut.
  2. Merumuskan Pesan/Amanat
    Setelah menentukan topik dan tujuan, susunlah pesan yang akan kamu sampaikan ke dalam slogan atau poster
  3. Merumuskan Kalimat yang Menarik, Singkat, Padat, dan Jelas
    Bahasa yang digunakan untuk membuat slogan atau poster haruslah menarik agar seseorang yang membacanya tertarik dan dapat mengikuti isi pesan slogan atau poster itu.
  4. Menulis Slogan atau Poster
    Menulis slogan atau poster harus menggunakan kalimat yang mampu menarik perhatian pembaca. Selain itu, slogan/poster juga harus mampu memberikan kesan yang baik. Perpaduan antara gambar dan kalimat juga akan memberi kesan yang lebih sempurna dalam membuat slogan atau poster. Berikut ini adalah salah satu contoh poster yang baik.
section-media

Poster di atas sangat sederhana. Dalam poster di atas menampilkan sebuah foto anak-anak yang sedang berjalan ke satu arah secara bersamaan. Mereka tampak merupakan anak-anak sekolah dari sebuah pedalaman yang ditunjukkan dengan latar pepohonan yang lebat dan jalan yang masih berupa tanah. Di bawah foto tersebut tertulis “Bersama menuju masa depan yang cemerlang” yang memiliki makna sangat dalam, yaitu kebersamaan akan memudahkan kita untuk meraih masa depan yang cemerlang.

Poin Penting

Dalam menulis slogan atau poster, yang perlu kita perhatikan adalah tujuan pembuatan, penggunaan kata/kalimat yang tepat, dan penambahan gambar yang sesuai dengan slogan atau poster yang kita buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *