Pengertian dan Jenis-jenis Pajak

By | November 24, 2020
Pengertian dan Jenis-jenis Pajak

Pengertian dan Jenis-jenis Pajak

Jenis-Jenis Pajak

Pengertian dan Jenis-jenis Pajak – Pajak merupakan bagian dari kebijakan fiskal (kebijakan anggaran), karena tindakan menaikkan atau menurunkan pajak dilakukan dalam rangka mengelola anggaran negara. Misalnya, jika pemerintah ingin menaikkan pendapatan negara maka cara yang ditempuh diantaranya menaikkan tarif pajak, menambah jenis pajak baru, mengoptimalkan cara pemungutan pajak, dan membasmi korupsi dalam perpajakan. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis pajak. Untuk lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Pajak

Pajak adalah iuran atau pungutan wajib yang dibayarkan rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Pajak merupakan salah satu sumber dana pemerintah dalam melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Jenis-Jenis Pajak

Berbagai macam pajak yang dipungut pemerintah dari masyarakat dapat dikelompokkan berdasarkan sifat, subjek pajak, dan objek pajak.
Ditinjau dari sifatnya, pajak digolongkan menjadi dua jenis yaitu pajak langsung dan pajak tidak langsung.

1. Pajak Langsung (Direct Tax)
Pajak langsung adalah pajak yang dikenakan secara berkala pada wajib pajak berdasarkan surat ketetapan pajak yang dibuat oleh kantor pajak. Pada intinya, surat ketetapan pajak memuat berapa besar pajak yang harus dibayar wajib pajak. Pajak langsung harus dipikul sendiri oleh si wajib pajak, sebab pajak ini tidak bisa dialihkan kepada pihak lain, berbeda dengan pajak tidak langsung yang bebannya bisa dialihkan kepada pihak lain. Contoh pajak langsung yaitu pajak penghasilan dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

2. Pajak Tidak Langsung (Indirect Tax)
Pajak tidak langsung adalah pajak yang dikenakan pada wajib pajak hanya jika wajib pajak melakukan perbuatan atau peristiwa tertentu. Oleh karena itu, pajak tidak langsung tidak bisa dipungut secara berkala, pajak hanya bisa dipungut jika terjadi perbuatan atau peristiwa tertentu yang menimbulkan kewajiban membayar pajak. Contoh pajak tidak langsung, yaitu pajak penjualan atas barang mewah. Pajak ini hanya bisa dikenakan, jika ada wajib pajak yang melakukan penjualan barang mewah.

Ditinjau dari siapa yang memungut, pajak digolongkan menjadi dua yaitu pajak negara (pusat) dan pajak daerah (lokal).

1. Pajak Negara (Pusat)
Pajak negara adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat melalui aparatnya, yaitu Dirjen Pajak, Kantor Inspeksi Pajak yang tersebar di seluruh Indonesia, maupun Dirjen Bea dan Cukai. Contohnya seperti Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, Pajak Bumi dan Bangunan, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, dan Bea Materai.

2. Pajak Daerah (Lokal)
Pajak daerah (lokal) adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah dan terbatas pada rakyat daerah itu sendiri, baik yang dilakukan oleh Pemda Tingkat I maupun Pemda Tingkat II. Contohnya seperti Pajak Radio, Pajak Televisi, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan dan Pajak Sarang Burung Walet.

Ditinjau dari objek yang dikenakan, pajak digolongkan menjadi dua yaitu pajak subjektif dan pajak objektif.

1. Pajak Subjektif
Pajak subjektif adalah pajak yang pemungutannya berdasarkan atas subjeknya (orangnya), dimana keadaan diri pajak dapat mempengaruhi jumlah yang harus dibayar. Contohnya seperti Pajak Penghasilan dan Pajak Kekayaan.

2. Pajak Objektif
Pajak objektif adalah pajak yang pemungutannya berdasarkan atas objeknya. Contohnya seperti Pajak Kekayaan, Bea Masuk, Bea Materai, Pajak Impor, Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Bumi dan Bangunan, dan sebagainya.

Rangkuman

  1. Pajak adalah iuran atau pungutan wajib yang dibayarkan rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum.
  2. Berbagai macam pajak yang dipungut pemerintah dari masyarakat dapat dikelompokkan berdasarkan sifat, subjek pajak, dan objek pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *