Interpretasi isi Teks Prosedur Kompleks

By | June 13, 2020

Interpretasi isi Teks Prosedur Kompleks – Teks prosedur kompleks terdiri atas pendahuluan ,isi, dan penutup. Penutup umumnya berisi kesimpulan maupun saran- saran. Jika teks itu dalam bentuk artikel, ketiga hal tersebut dalam bentuk paragraf. Teks prosedur kompleks dalam bentuk paragraf tentu lebih panjang lebar uraiannya dibandingkan dalam bentuk tahap- tahap yang lebih sederhana. Kedua bentuk itu tetap mempunyai persamaan yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup selalu ada pada bagian awal tulisan , tengah, dan akhir.Langkah atau bagian yang paling banyak tentu pada bagian isi atau pembahasan.

Interpretasi isi Teks Prosedur Kompleks

Interpretasi isi Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks yang ditulis secara runtut, sistematis, lebih mudah memandu seseorang untuk membuat, melakukan suatu pekerjaan lebih baik. Dengan kata lain seseorang yang mau membaca cermat lalu melaksanakan dengan benar setiap prosedur kompleks dalam bidang apa pun akan lebih berhasil pekerjaannya.

Perhatikan!

Menjalin persahabatan di dunia maya
Memiliki teman yang banyak di dunia maya tentu menyenangkan. Kita dapat bertukar informasi dengan mereka. Apalagi jika teman kita berasal dari daerah lain atau negara lain 1). Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalin pertemanan di dunia maya. Pertama, kita harus mendapat informasi yang cukup tentang teman baru ini. Beberapa informasi yang penting adalah usia, alamat dan identitas diri lainnya. Kedua, kita harus memiliki komitmen dalam hal apa saja yang akan kita bagikan dengan teman baru kita. Sebaiknya, cukup informasi umum saja yang kita bagi. Kita tidak perlu membagi rahasia hati atau informasi penting yang bersifat pribadi. Ketiga kita harus selalu waspada dan segera menghentikan pertemanan jika teman baru meminta hal yang tidak wajar seperti minta dikirimi foto kita, minta dikirim uang, minta informasi tentang pekerjaan dan penghasilan orang tua kita 2). Semua hal itu penting karena di dunia maya kita tidak bertemu langsung dengan orang tersebut sehingga apapun bisa dimanipulasi 3)

Mari kita ulas!

Bagian 1) adalah bagian pembuka yang berisi alasan dan dasar pemikiran kenapa sebuah prosedur pertemanan dibuat.
Bagian 2) adalah uraian prosedur inti bagaimana menjalin pertemanan di dunia maya.
Bagian 3) adalah penutup yang berisi penegasan kenapa prosedur menjalin teman di dunia maya itu dibuat.

Mari kita interpretasi!

Dunia maya itu menyenangkan sekaligus membahayakan. Dalam hal pertemanan contohnya. Banyak keuntungan dari pertemanan di dunia maya sekaligus banyak juga bahaya yang bisa terima karena pertemanan di dunia maya bisa dimanipulasi. Oleh sebab itu, kita harus mendapatkan informasi yang mencukupi dari teman baru dan tidak berbagi hal-hal yang bersifat pribadi dan penting apalagi jika teman baru itu sudah meminta hal-hal yang tidak wajar seperti foto atau uang. Lebih baik pertemanan dihentikan.

Poin Penting

interpretasi bersifat lebih subjektif karena interpretasi lahir sebagai kesan, pendapat, atau tafsiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *