Interpretasi isi Teks Pantun

By | June 4, 2020

Interpretasi isi Teks Pantun – Pada topik ini kalian akan mempelajari tentang menginterpretasi makna teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.

Interpretasi isi Teks Pantun

Interpretasi isi Teks Pantun

Definisi Pantun

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang disampaikan secara lisan. Namun, pada perkembangannya, pantun disampaikan secara tertulis. Pantun berasal dari bahasa Minangkabau, patuntun yang artinya “petuntun”.

Interpretasi Teks Pantun

Interpretasi adalah menafsirkan, memberikan pendapat, dan memberikan pandangan terhadap sesuatu. Interpretasi teks pantun berarti menafsirkan, memberikan pendapat, memberikan gambaran, dan memberikan pandangan terhadap teks pantun yang dibaca atau dibuat. Penafsiran tersebut dapat disampaikan secara lisan, tulisan, dan rekaman.

Setiap orang memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Hal tersebut jangan menjadi sebuah bahan perdebatan melainkan sebagai bahan diskusi. Perbedaan interpretasi tersebut biasanya karena adanya perbedaan pandangan, perbedaan pengalaman bahasa, perbedaan tingkat pengetahuan, dan tentu saja perbedaan pemahaman.

Tujuan Interpretasi

Kegiatan menginterpretasi sebuah teks memiliki banyak tujuan, terutama dalam hal belajar memahami isi sebuah pantun. Meski tujuan kebahasaan adalah yang utama, tapi ada beberapa tujuan lain yang perlu kalian ketahui. Berikut ini beberapa tujuan menginterpretasi sebuah teks.

1. Interpretasi bertujuan untuk memberikan pengertian dan makna pantun. Setiap pantun yang dibuat pastilah memiliki makna yang hendak dimengerti oleh pembacanya. Oleh karena itu, diperlukan interpretasi atau penafsiran agar makna tersebut sampai kepada pembaca. Pengertian dan makna pantun didapat dalam proses membaca dan menulis (lihat langkah-langkah interpretasi teks pantun).

2. Interpretasi bertujuan untuk melatih penggunaan perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Dalam proses interpretasi, tentu kalian melibatkan bahasa sebagai objek. Jika perbendaharaan bahasa kalian baik, otomatis isi sebuah pantun dapat mudah diinterpretasi atau ditafsirkan.

3. Interpretasi bertujuan untuk mengasah imajinasi. Imajinasi atau daya khayal semakin terasah karena dalam proses interpretasi, kalian dituntut untuk berpikir dan mengira apa yang hendak disampaikan oleh pengarang.

4. Interpretasi bertujuan untuk memperkaya perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Dalam proses mencari makna, kalian tentu menemukan kata baru yang harus diinterpretasi. Kata-kata tersebut menjadi input perbendaharaan kata bahasa Indonesia.

5. Interpretasi bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang makna kata. Setiap kata memiliki makna. Dengan demikian, kata-kata yang terdapat pada pantun akan menuntun kalian dalam menambah pengetahuan tentang makna dalam proses interpretasi.

6. Interpretasi bertujuan untuk mengasah sensitivitas sebuah kata.

7. Interpretasi bertujuan untuk berlatih menangkap makna secara cepat dan tepat.

8. Interpretasi bertujuan untuk menjaga budaya masyarakat.

9. Interpretasi bertujuan untuk melestarikan karya sastra Indonesia.

Langkah-langkah Interpretasi Teks Pantun

Ketika hendak menginterpretasi sebuah teks, baik itu pantun maupun teks lainnya, kalian harus memahami langkah-langkah interpretasi. Berikut langkah-langkah interpretasi teks pantun.

1. Membaca
Membaca merupakan langkah awal yang harus kalian lakukan. Membaca berarti harus ada teks pantun sebagai objek interpretasi.
a. Bacalah teks pantun dengan saksama. Artinya, baca dengan perlahan sambil memaknai setiap diksi (pemilihan kata) yang terdapat pada pantun.
b. Baca berulang hingga berkali-kali agar pemahaman lebih mendalam.
c. Telaah setiap kata, rima, pola, bahasa, sampiran, isi, dan bait pantun.
d. Jika perlu, sediakan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sebagai rujukan makna dan arti kata.
e. Tafsiran, gambaran atau pandangan biasanya akan muncul pada bagian “isi” karena pada bagian inilah terdapat tujuan penulis membuat pantun.

2. Menulis
Menulis merupakan langkah berikutnya untuk menginterpretasikan pantun. Tuliskan makna pantun yang telah kalian dapatkan pada proses membaca tadi. Segera tuliskan tafsiran, gambaran, atau pandangan awal dari isi pantun. Gambaran atau pandangan setiap orang berbeda-beda, namun hal tersebut bukan untuk diperdebatkan, melainkan untuk didiskusikan.

Contoh Cara interpretasi

Contoh pantun.
Aku punya seorang teman
Ia telah beranak dua
Dalam Jawa lelaki diharapkan
Menjunjung tinggi derajat orang tua

Contoh Interpretasi Isi Teks Pantun.
Pantun tersebut menggambarkan adat suku Jawa yang mengandalkan anak laki-laki dalam keluarga untuk menjunjung tinggi derajat orang tua. Derajat artinya martabat, yaitu tinkat harkat kemanusiaan atau harga diri. Jadi, makna pantun tersebut adalah agar anak laki-laki Jawa ingat selalu untuk menjaga tingkah laku dan selalu meningkatkan kualitas diri agar dapat menjaga harga diri orang tua.

Poin Penting

• Cara menginterpretasi teks pantun adalah dengan membaca dengan saksama dan menuliskannya menjadi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *