Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

By | November 26, 2020
Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi – Masalah ekonomi tumbuh dan berkembang seiring dengan semakin majunya kehidupan masyarakat. Semakin maju kehidupan masyarakat, semakin beranekaragam kebutuhan hidup yang muncul. Selain itu, manusia tidak pernah merasa puas sehingga kebutuhannya akan terus bertambah tanpa ada batasnya. Agar kalian lebih mengerti apa yang menyebabkan kelangkaan sumber daya ekonomi, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Kelangkaan Sumber daya ekonomi adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara jumlah barang atau jasa dengan jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan. Dengan kata lain, jumlah kebutuhan lebih banyak dibandingkan ketersediaan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan.

Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan

Ketidakseimbangan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Keterbatasan Sumber Daya Alam
Alam memang memberikan berbagai sumber daya yang melimpah. Namun lambat laun alam tidak mampu lagi menghasilkan sumber daya sejumlah yang dibutuhkan manusia. Terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti berbagai macam tambang.

2. Perbedaan Geografis
Tuhan menciptakan alam dengan kondisi yang tidak sama. Begitu pula sumber daya alamnya, daerah yang satu dengan daerah yang lain potensi alamnya tidak sama. Di daerah pegunungan sumber daya yang dihasilkan berbeda dengan daerah pantai. Dengan demikian di pegunungan terjadi kelangkaan akan ikan sementara di daerah pantai terjadi kelangkaan sayuran.

3. Jumlah Penduduk
Jumlah manusia yang semakin bertambah merupakan penyebab utama kelangkaan, karena semakin banyak jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Laju pertumbuhan jumlah manusia lebih cepat sementara kemampuan alam semakin menurun.

4. Kemampuan Produksi
Produksi adalah kegiatan manusia dalam mengolah atau menghasilkan barang atau jasa, atau usaha meningkatkan nilai guna barang atau jasa. Walaupun perkembangan teknologi semakin maju namun masih belum mampu mengimbangi kebutuhan manusia yang dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan perubahan yang pesat seiring dengan kemajuan peradaban manusia.

5. Bencana Alam
Bencana alam belum bisa diprediksi secara akurat oleh manusia, seperti gempa bumi, gunung meletus atau tsunami. Dengan adanya bencana alam tersebut menyebabkan sarana dan prasarana perekonomian terputus, sehingga distribusi barang atau jasa ke daerah bencana terganggu.

6. Peperangan
Dengan adanya peperangan, pasokan barang kebutuhan manusia terganggu dan terjadi kelangkaan.

Pengalokasian Sumber Daya

Akibat adanya kelangkaan mendorong manusia untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara bijak dan rasional. Namun demikian kenyataan di sekitar kita masih banyak manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam tanpa perhitungan demi mencapai kepuasan, padahal kepuasan yang sebenarnya tidak akan pernah kita raih. Kepuasan yang kita alami adalah kepuasan semu yang sesaat, itulah kodrat manusia.

1. Sumber Daya Alam
Alam merupakan sumber daya karunia Tuhan Yang Maha Esa. Sumber daya alam ada yang bisa diperbaharui dan ada yang tidak dapat diperbaharui. Mengingat keadaan tersebut, maka manusia dituntut untuk memanfaatkan semaksimal mungkin kemampuan alam secara bijak dan rasional, karena generasi penerus kita masih memerlukan sumber daya yang disediakan oleh alam.

2. Sumber Daya Manusia
Kemampuan manusia sebagai kunci keberhasilan pengelolaan sumber daya ekonomi lainnya. Sumber daya alam tidak akan maksimal jika sumber daya manusia tidak mempunyai kemampuan mengolah yang memadai. Untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia ditempuh melalui berbagai macam pendidikan dan pelatihan.

3. Sumber Daya Modal
Modal tidak hanya berupa uang tetapi segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa. Penggunaan sumber daya modal harus dilakukan secara efektif dan efisien agar dicapai keuntungan yang maksimal.

Rangkuman

Terjadi ketidakseimbangan antara jumlah keinginan manusia dengan jumlah sumber daya yang tersedia, sehingga manusia tidak dapat memperoleh dan menikmati semua barang dan jasa yang mereka inginkan. Akibat adanya kelangkaan mendorong manusia untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara bijak dan rasional. Namun demikian kenyataan di sekitar kita masih banyak manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam tanpa perhitungan demi mencapai kepuasan, padahal kepuasan yang sebenarnya tidak akan pernah kita raih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *