Pengertian dan Dampak Pembangunan Nasional

By | November 23, 2020
Pengertian dan Dampak Pembangunan Nasional

Pengertian dan Dampak Pembangunan Nasional

Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional

Pengertian dan Dampak Pembangunan Nasional – Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan, yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, dan mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, budaya serta pertahanan dan keamanan.

Masalah Pembangunan di Indonesia

Dalam melakukan pembangunan ekonomi, secara umum Indonesia mengalami beberapa masalah yang selalu mendapat perhatian serius. Masalah tersebut adalah:

1. Masalah kependudukan

Masalah kependudukan yang dialami Indonesia dalam pembangunan adalah jumlah penduduk yang sangat besar, laju pertumbuhan penduduk yang sangat besar, komposisi penduduk menurut umur yang tidak menguntungkan, penyebaran penduduk yang tidak merata, arus urbanisasi yang cukup tinggi.

2. Kemiskinan

Terdapat tiga program utama yang dilakukan untuk menanggulangi kemiskinan, yaitu:
a. Menyediakan kebutuhan pokok untuk keluarga miskin.
b. Mengembangkan sistem jaminan sosial.
c. Menghilangkan budaya masyarakat miskin.

3. Keterbelakangan

Keterbelakangan yang diderita Indonesia meliputi rendahnya tingkat pendidikan, tingkat keterampilan, pemilikan modal, efisiensi dan efektivitas kerja, tingkat manajemen, dan kurang tersedianya infrastruktur. Semua faktor tersebut memiliki hubungan sebab akibat satu sama lain yang membentuk lingkaran setan kemiskinan (vicious circle).

4. Pengangguran

Jumlah pengangguran yang masih tinggi menjadi perhatian serius dalam pembangunan nasional, karena pengangguran memiliki beberapa dampak negatif:
1) Dampak Ekonomi
a. Menurunkan aktivitas sosial
b. Menurunkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita
c. Menurunkan penerimaan negara
2) Dampak sosial
a. Meningkatkan biaya sosial
b. Menurunkan tingkat keterampilan
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran adalah dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja. Peningkatan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan dengan dua cara,yaitu:
1) Jalur formal, yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan seperti sekolah umum, sekolah kejuruan, dan kursus-kursus.
2) Jalur informal, yang terdiri atas:
a. Latihan kerja
yaitu kegiatan untuk melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu sesuai tuntutan pekerjaan.
b. Magang
yaitu latihan kerja yang dilakukan langsung di tempat kerja. Kegiatan magang merupakan bagian dari proses Link and Match (Keterkaitan dan Kecocokan).
c. Meningkatkan kualitas mental dan spiritual tenaga kerja
Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, juga diperlukan kualitas mental dan spiritual seperti keimanan, kejujuran, semangat kerja, kedisiplinan, terampil, inovatif, cerdas, bisa saling menghargai dan bertanggung jawab.
d. Meningkatkan kualitas kesehatan
Peningkatan kualitas kesehatan tenaga kerja perlu ditingkatkan, karena tanpa kualitas kesehatan yang baik, tenaga kerja tidak dapat memaksimalkan produktivitasnya.
e. Meningkatkan kegiatan seminar, workshop yang berkaitan dengan pekerjaan tertentu.
Peningkatan wawasan melalui seminar, workshop, atau pelatihan lain sangat berguna bagi tenaga kerja pada level menengah ke atas, karena bisa digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan atau dalam pembuatan rencana dan strategi.

5. Pemerataan pembangunan

Pembangunan yang ada di Indonesia masih sangat timpang. Selama ini pembangunan nasional hanya terpusat di wilayah Indonesia barat. Di bagian Indonesia Timur, arus pembangunannya tidak lah setinggi di Indonesia Barat. Oleh karenanya perlu adanya pemerataan pembangunan.

Dampak Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya:
 Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat
 Meningkatkan pendapatan masyarakat
 Fasilitas umum dapat terpenuhi
 Terjadinya perubahan struktur ekonomi dari agraris ke industri
Dampak negatifnya:
 Meningkatkan urbanisasi
 Terjadinya pencemaran lingkungan akibat limbah pembangunan
 Perubahan gaya hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *