Evaluasi Struktur isi dan Bahasa Teks Prosedur Kompleks

By | June 14, 2020

Evaluasi Struktur isi dan Bahasa Teks Prosedur Kompleks – Siswa dapat mengevaluasi teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.

Evaluasi Struktur isi dan Bahasa Teks Prosedur Kompleks

Evaluasi Struktur isi dan Bahasa Teks Prosedur Kompleks

Pada pelajaran sebelumnya, telah diketahui langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks. Untuk mengabstraksi teks prosedur kompleks, kalian harus mengetahui bagian-bagian struktur isi teks prosedur serta kaidah kebahasaannya.

Kali ini, kalian akan belajar mengevaluasi teks prosedur kompleks. Sama halnya dengan mengabstraksi, dalam mengevaluasi juga kalian harus mengetahui struktur isi dan kaidah kebahasaan dari teks prosedur kompleks.
Mengevaluasi teks prosedur kompleks bisa diartikan juga menilai apakah teks prosedur kompleks tersebut sudah sesuai dengan strukturnya atau belum. Hal ini juga berlaku untuk kaidah kebahasaan. Apakah bahasa yang digunakan dalam teks tersebut sudah sesuai dengan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks atau belum.

Dalam mengevaluasi teks, juga harus dilihat apakah teks tersebut sudah memaparkan langkah-langkah yang runut atau belum. Teks prosedur yang baik akan dibangun oleh langkah-langkah yang runut sehingga pembaca akan dengan mudah memahami langkah-langkahnya.

Perhatikan!

Cara Menghidupkan Groovia
Langkah untuk menghidupkan Groovia adalah sebagai berikut.
1. Pastikan semua kabel sudah terpasang dengan benar.
2. Pastikan perangkat telah mendapatkan suplai listrik.
3. Hidupkan Home Gateway (HGW).
4. Tunggulah sampai HGW stabil (lampu internet menyala secara stabil).
5. Hidupkan televisi, pilih input AV atau HDMI.
6. Hidupkan Set Top Box (STB) melalui saklar di panel belakang STB.
7. Selanjutnya, tunggulah sampai proses start-up selesai, koneksi ke server Groovia terbentuk, dan saluran televisi tampil di layar.

Mari Kita evaluasi!

Dalam teks prosedur kompleks di atas, terdapat bagian-bagian struktur teks prosedur kompleks yaitu judul dan langkah pengerjaan. Sedangkan bahan-bahan atau alat tidak disertakan karena dalam pengerjaannya tidak diperlukan alat atau bahan apapun. Inilah yang dimaksud bahwa bagian alat dan bahan bersifat opsional, bolah ada, boleh juga tidak ada.

Dilihat dari segi kebahasaan, kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks prosedur ini cukup efektif dan mudah dipahami. Dalam teks ini juga terdapat beberapa kalimat perintah, kata keterangan cara, dan kata penghubung untuk menyatakan waktu. Kata-kata yang digunakan dalam teks tersebut juga menyatakan kata-kata yang bermakna sebenarnya (denotasi). Dengan demikian, teks prosedur kompleks di atas bisa dikatakan telah sesuai dengan struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.

Poin penting

• Untuk mengevaluasi sebuah teks prosedur kompleks, seseorang harus memahami struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.
• Mengevaluasi teks prosedur kompleks bisa dikatakan juga sebagai proses menilai teks prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *