Analisis Teks Iklan

By | June 1, 2020

Analisis Teks Iklan – Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menganalisis teks iklan baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.

Analisis Teks Iklan

Analisis Teks Iklan


Setelah belajar menulis teks iklan, materi yang akan dipelajari dalam topik ini adalah analisis teks iklan. Analisis dilakukan terhadap teks iklan dengan melakukan penelaahan dan menguraikan bagian-bagian dalam struktur dan kaidah teks tersebut. Materi tentang struktur dan kaidah teks iklan sepertinya perlu kalian baca atau ingat kembali agar lebih paham saat melakukan analisis teks tersebut.

Penganalisisan teks iklan dapat dimulai dengan menentukan struktur dan kaidah teks tersebut. Apakah teks itu memenuhi struktur dan kaidah yang benar atau tidak? Selain itu, bagaimana dengan bahasa yang digunakan dalam teks iklan tersebut?

Coba analisislah teks iklan berikut ini dengan baik.

                  Hanco: Pelapis Antibocor
Rumah Aman dari Bocor
Pelapis antibocor Hanco menjadi solusi untuk mengatasi kebocoran yang terjadi di rumah Anda. Hanco 11 dan Hanco 12 merupakan pelapis antibocor dua komponen, bubuk dan cair yang berbahan dasar semen dan diperkuat dengan polymeric binder sehingga memberikan daya rekat yang kuat. Selain itu, Hanco ini pun bersifat fleksibel mengikuti muai susut sehingga lapisan tidak rusak. Hanco memang sangat baik untuk melapis permukaan beton.

Adapun Hanco 15 pelapis antibocor satu komponen yang berbahan dasar polymer styrene acrylic yang kuat merekat dapat tahan terhadap degradasi gerusan air dan perubahan cuaca yang terjadi kapan saja. Pelapis ini juga antimicroba sehingga mencegah adanya jamur dan lumut. Selain itu, hadir dalam 12 warna dan mudah diaplikasikan dengan kuas atau roller.
Berbagai varian Hanco dapat dibeli di Hanco Service Center dan toko bangunan terdekat. Silakan hubungi 099-789-987 untuk informasi lebih lanjut. Ayo, jadikan rumah lebih indah dan sehat dengan Hanco!

Hasil analisis struktur dan kaidah teks iklan tersebut adalah sebagai berikut.

Struktur
1. Judul : Hanco: Pelapis Antibocor
Judul tersebut berasal dari nama atau merek produk yang diiklankan.
2. Orientasi : Pelapis antibocor Hanco menjadi solusi untuk mengatasi kebocoran yang terjadi di rumah Anda.

3. Isi/tubuh iklan : Berisi perincian tentang keunggulan cat antibocor Hanco yaitu.
– Bahan dasar Hanco adalah semen Polymeric Binder dan polymer styrene acrylic.
– Hanco menjadi pelapis yang fleksibel sehingga lapisan tidak rusak.
– Hanco Tahan terhadap degradasi gerusan air dan perubahan cuaca.
– Hanco mengandung antimicroba sehingga mencegah adanya jamur dan lumut.
4. justifikasi: Ayo, jadikan rumah lebih indah dan sehat dengan Hanco!

Kaidah
1. Jujur dan Positif : Dapat disimpulkan bahwa iklan tersebut berisi tentang pernyataan bahwa Hanco adalah pilihan yang tepat bagi Anda dalam mengatasi kebocoran. Hanco juga memiliki bahan dasar yang kuat dalam memberikan daya rekat untuk mengatasi masalah tersebut.
Pernyataan tersebut menunjukkan keunggulan produk cat Hanco dengan nada positif yang diungkapkan tanpa membandingkan atau menyebutkan dan menjelekkan merek lain.
2. Singkat dan komunikatif : Teks iklan diuraikan dengan bahasa yang singkat, memperhatikan etika, jelas komunikatif, dan tak berlebihan atau banyak basa-basi. Khalayak pun dapat memahami isi teks iklan dengan mudah.
3. Komersial : Sifat niaga atau sisi komersial dalam teks iklan tersebut ditunjukkan dengan pernyataan.
”Berbagai varian Hanco dapat dibeli di Hanco Service Center dan toko bangunan terdekat. Silakan hubungi 099-789-987 untuk informasi lebih lanjut.”

Hasil analisis yang dilakukan terhadap teks iklan harus objektif yang disertai alasan atau data yang logis. Struktur teks iklan dapat kalian tentukan dapat diungkapkan dengan alasan yang jelas. Sama halnya dengan penentuan kaidah teks iklan.

Kalian dapat menganalisis teks iklan dengan menghubungkan masalah yang dihadapi masyarakat seperti masalah kesehatan yang diakibatkan oleh rokok. Saat menganalisis iklan rokok kalian dapat membahas tentang masalah kesehatan.

Peningkatan penyakit paru dan kanker membuat himbauan khusus agar para produsen rokok mencantumkan atau menempelkan gambar tentang akibat rokok dalam iklan atau bungkusnya berupa gambar kanker atau tumor yang dialami seseorang karena rokok. Namun, rokok tetap diminati dan banyak orang yang masih sulit berhenti merokok. Hal seperti ini menjadi hal yang menarik untuk dianalisis melalui teks iklan.

Poin Penting

Ada beberapa poin penting yang kalian dapatkan dalam materi analisis iklan ini, yaitu.
1. Analisis terhadap teks iklan dapat dimulai dengan menganalisis struktur dan kaidah teks tersebut.
2. Hasil analisis disertai dengan alasan yang objektif dan logis.
3. Analisis teks iklan dapat dihubungkan dengan masalah sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *