Analisis Bahasa Teks Prosedur kompleks

By | June 13, 2020

Analisis Bahasa Teks Prosedur kompleks – Siswa dapat menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.

Analisis Bahasa Teks Prosedur kompleks

Analisis Bahasa Teks Prosedur kompleks

Pada pelajaran sebelumnya, telah diketahui cara menganalisis isi teks prosedur lisan. Salah satunya dengan mengetahui apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah isi teks prosedur lisan.

Definisi Singkat Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks yang berisi tahapan-tahapan dalam sebuah kegiatan tertentu atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah kegiatan atau pekerjaan dan untuk mencapai tujuan secara urut atau runtut.

Analisis Bahasa Teks Prosedur Kompleks

Analisis merupakan sebuah langkah untuk mengetahui lebih dalam bahasa yang digunakan dalam teks prosedur kompleks. Analisis bahasa teks prosedur kompleks dilakukan untuk mendapatkan pengertian dan juga pemahaman bahasa teks secara mendalam.

Teks prosedur kompleks memiliki ciri kebahasaan tersendiri yang menopang keseluruhan isi teks. Ciri-ciri kebahasaan teks prosedur kompleks tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Menggunakan jenis kalimat imperatif, deklaratif, dan interogatif.

a. Kalimat imperatif atau kalimat perintah adalah jenis kalimat yang berisi perintah untuk melakukan sesuatu. Ciri-ciri kalimat perintah tersebut di antaranya (a) berisi perintah untuk melakukan sesuatu, (b) mengandung intonasi perintah dengan nada yang agak naik, dan (c) Mendapatkan tanggapan berupa perbuatan. Kalimat imperatif sendiri terdiri dari kalimat perintah biasa, kalimat perintah permintaan, kalimat perintah ajakan, dan kalimat perintah larangan.

b. Kalimat deklaratif adalah jenis kalimat yang memberikan informasi kepada para pembacanya. Kalimat deklaratif sendiri memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Kalimat deklaratif memiliki ciri sebagai berikut (a) berisi kalimat yang memberikan sesuatu, (b) tidak ada tanggapan dari pembaca, dan (d) kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.).

c. Kalimat interogatif adalah jenis kalimat yang isinya berupa pertanyaan.
d. Memiliki partisipan di dalamnya. Contohnya seperti pembuat, pengrajin, pemohon, dan lain-lain.
e. Menggunakan dua jenis verba yaitu verba material dan verba tingkah laku.
(1) Verba material merupakan jenis verba yang mengarah pada tindakan atau aktivitas yang bersifat fisik terhadap sebuah kejadian atau peristiwa. Contohnya adalah membaca, mengecek, melaporkan, dan lain-lain.
(2) Verba tingkah laku merupakan jenis verba yang mengarah pada sikap yang dinyatakan melalui ungkapan. Contohnya adalah meninggalkan, menolak, menerima, dan lain-lain.
f. Menggunakan konjungsi temporal. Konjungsi temporal merupakan jenis konjungsi yang mengarah pada urutan waktu. Contohnya seperti berikut.
Kegiatan pertama yaitu mengumpulkan semua kayu bakar di tengah arena. Kedua susun kayu-kayu tersebut dengan ujung-ujungnya saling menyilang. Ketiga siramlah tumpukan kayu dengan minyak tanah. Terakhir bakar kayu dengan api.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Mudahnya Membuat Paspor

Paspor atau passport dalam bahasa Inggris merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh seseorang ketika akan berkunjung ke luar negeri. Seperti apa itu paspor? Paspor berisi sejumlah data diri dan sudah disahkan oleh pihak imigrasi tersebut merupakan dokumen identitas diri selama di luar negeri.
Untuk membuat paspor dengan mudah, pemohon perlu mengetahui beberapa langkah penting agar proses pembuatannya berjalan lancar. Berikut langkah-langkah tersebut (bila diambil langkah manual tidak melalui sistem online).
1. Pemohon mendatangi kantor imigrasi setempat atau yang terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
2. Belilah formulir permohonan yang tersedia di loket dan kemudian isi dengan lengkap sambil membawa persyaratan atau dokumen asli.
3. Setelah selesai, pemohon menyerahkan formulir dan semua persyaratan ke loket pembayaran.
4. Setelah itu ada proses pembayaran pembuatan paspor (ada juga yang pembayarannya dilakukan setelah semua proses selesai).
5. Ambilah tanda terima untuk melakukan sesi foto dan sidik jari dan lakukan proses tersebut.
6. Setelah foto dan sidik jari selesai, maka akan masuk ke tahap wawancara sambil membawa dokumen asli.
7. Pemohon segera mendapatkan kapan jadwal pengambilan paspor bisa dilakukan.
8. Ambilah paspor di kantor imigrasi ketika sudah tiba waktunya pengambilan paspor.

Mari kita analisis!

Apakah teks di atas termasuk ke dalam teks prosedur kompleks? Coba kita lihat dari ciri kebahasaannya. Pertama teks prosedur singkat terdiri berisi kalimat imperatif, deklaratif, interogatif, ada partisipan, verba material, verba tingkah laku, dan konjungsi temporal. Kalimat-kalimat tersebut di antaranya sebagai berikut.
a. Kalimat imperatif: Belilah formulir permohonan yang tersedia di loket dan kemudian isi dengan lengkap sambil membawa persyaratan atau dokumen asli.
b. Kalimat deklaratif: Paspor atau passport dalam bahasa Inggris merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh seseorang ketika akan berkunjung ke luar negeri.
c. Kalimat interogatif: Seperti apa itu paspor?
d. Partisipan: Untuk membuat paspor dengan mudah, pemohon perlu mengetahui beberapa langkah penting agar proses pembuatannya berjalan lancar.
e. Verba material: Pemohon mendatangi kantor imigrasi setempat atau yang terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
f. Verba tingkah laku: Setelah selesai, pemohon menyerahkan formulir dan semua persyaratan ke loket pembayaran.
9. Konjungsi temporal: 1. Pemohon mendatangi kantor imigrasi setempat atau yang terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan. 2. Belilah formulir permohonan yang tersedia di loket dan kemudian isi dengan lengkap sambil membawa persyaratan atau dokumen asli.

Poin Penting

• Teks prosedur kompleks memiliki ciri kebahasaan tertentu.
• Ciri kebahasaan dari teks prosedur kompleks tersebut seperti kalimat imperatif, kalimat deklaratif, kalimat interogatif, partisipan, verba material, verba tingkah laku, dan konjungsi temporal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *