Abstraksi Teks Iklan

By | June 1, 2020

Abstraksi Teks Iklan – Pada materi sebelumnya, kita telah belajar mengenal struktur dan kaidah dalam teks iklan. Kali ini kita akan memahami bagaimana cara mengabstraksi teks iklan sebagai bagian dalam salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran kurtilas.

Abstraksi Teks Iklan

Abstraksi Teks Iklan

Abstraksi berarti merangkum, mengambil intisari, dan mengolahnya agar lebih singkat, namun tidak mengurangi esensi teks aslinya. Dalam materi paragraf, ini sama saja seperti membuat sebuah simpulan dengan menggunakan gagasan utama atau topik pembicaraan.

Abstraksi sebuah teks iklan dapat ditentukan dari tiga struktur yang ada di dalamnya. Masih ingatkah kalian dengan struktur teks iklan? Ya, struktur iklan terdiri atas tiga bagian: orientasi^ tubuh iklan justifikasi. Memang tidak semua iklan memiliki bentuk lengkap seperti ini. Artinya, tidak semua bagian dapat muncul. Bagian apa pun yang muncul dalam teks iklan dapat kita jadikan sebagai bahan dalam pembuatan abstraksi, terutama nama produk/jasa, jenisnya, manfaatnya, dan keunggulannya. Selain itu, kita juga harus bisa memahami jenis iklan yang kita hadapi. Apakah itu iklan komersial, iklan pemeberitahuan, atau iklan layanan masyarakat karena setiap jenis iklan memiliki tujuan yang berbeda. Jangan lupa untuk juga memahami dan menginterpretasi setiap istilah/ungkapan asing atau kedaerahan yang muncul dalam iklan yang akan kita abstraksi, termasuk gaya bahasa yang digunakan.

Perhatikanlah teks iklan berikut!


Dapatkah kalian menentukan struktur teks iklan di atas? Iklan di atas terdiri atas dua bagian struktur: tubuh iklan yang mengandung kalimat pertanyaan masih banyak sungai jernih, mau dibuangi sampah juga? Tanya kenapa? dan bagian justifikasi yang terletak di bagian bawah berupa informasi Membuang sampah di sungai berarti membuat banjir, membunuh ikan, merusak kualitas air.
Dari kedua bagian ini dapat kita tentukan hal sebagai berikut (perhatikan tabel)!

Berdasarkan iklan di atas, kita dapat membuat sebuah abstraksi dengan memarafrasekan kedua abstraksi yang telah kita buat pada setiap bagian. Kita dapat menambahkan unsur kohesi agar abstraksi kedua bagian menjadi lebih padu, misalnya, konjungsi eksternal pertentangan padahal.

Heran dengan kenyataan banyak sungai yang tercemar oleh sampah padahal membuang sampah ke sungai artinya merusak kehidupan sendiri.

Poin Penting

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat abstraksi teks iklan:
1. Pahami dan tentukan struktur teks iklan
2. Cermati penggunaan jenis kalimat dan gaya bahasanya
3. Pahami dan tentukan jenis iklan yang akan diabstraksi
4. Tentukan nama produk/jasa, jenisnya, manfaatnya, dan keunggulannya.
5. Pahami istilah asing/ungkapan daerah yang digunakan
6. Parafrasekan setiap bentuk frasa atau kaimat yang muncul pada setiap bagian teks iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *